Hiroshima di Musim Panas: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Mungkin aku salah, tapi rasanya anak-anak Indonesia lebih dulu mengenal Hiroshima ketimbang Tokyo, ibukota Jepang. Terang saja, Hiroshima dan Nagasaki sering disebut dalam pelajaran sejarah mengenai Perang Dunia II. Pada bulan Agustus 1945, sebuah bom atom berkekuatan 16 kiloton dijatuhkan di Hiroshima dan membunuh 140.000 jiwa.

Kini Hiroshima telah lahir kembali, namun tentu saja masih meninggalkan sisa-sisa pada masa itu. Makanya, kalau teman-teman suka sejarah, wah musti liburan ke Hiroshima. Tapi nggak cuma itu, Hiroshima menawarkan beraneka kuliner, wisata budaya, dan atraksi wisata lain yang bisa kamu jelajahi.

Eh, tapi di mana ya Hiroshima itu?

Peta Jepang. Sumber: kids.britannica.com

Prefektur Hiroshima terletak di wilayah Chugoku, Pulau Honshu, Jepang. Ibukotanya, Hiroshima merupakan kota terbesar di wilayah tersebut dan memiliki luas sekitar 1,5 kali DKI Jakarta. Hiroshima merupakan rumah dari dua Situs Warisan Budaya UNESCO: Itsukushima Shrine dan Genbaku Dome di Hiroshima Peace Memorial.

Kota Hiroshima di malam hari. Foto: radjournal.com
Hiroshima di musim panas adalah waktu yang pas untuk berwisata. Agustus merupakan bulan di musim panas, namun suhu tertingginya hanya 30 °C yang untuk orang Indonesia mah tidak terlalu panas ya kan? Selain itu, ada beberapa festival yang berlangsung di Hiroshima. Yang jelas, baju yang dibawa lebih ringan (tidak butuh jaket penghalau dingin) yang berarti bisa belanja lebih banyak! *shopaholic*

Berikut ini tujuh hal yang bisa kamu lakukan di Hiroshima saat liburan musim panas.

SATU

Yang wajib dikunjungi di Hiroshima adalah berkunjung ke Itsukushima Shrine 厳島神社 yang terletak di Pulau Itsukushima. Pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Kota Hatsukaichi ini juga dikenal sebagai Miyajima yang berarti ‘pulau kuil’.

Keunikan dari kuil ini adalah gerbang torii-nya yang seolah-olah mengapung saat gelombang pasang. Salah satu Situs Warisan Budaya UNESCO ini memiliki sejarah panjang bahkan sejak abad ke-6. Diperkirakan bangunan kuil yang berdiri sekarang dibangun abad 12.

Gerbang besar Itsukushima Shrine. Foto: www.japan-guide.com
Water Fireworks Festival di Miyajima. Foto: flickr.com
Setiap musim panas, di Miyajima terdapat Water Fireworks Festival. Festival kembang api ini merupakan salah satu yang terbesar di Jepang dengan 40.000 pengunjung tiap tahunnya. Disebut-sebut penontonnya sekitar 200.000 orang termasuk yang berada di sekitar Pulau Miyajima. Sekitar 5000 kembang api diluncurkan ke udara dan 200-nya diluncurkan dari dalam air.

Tahun ini, festival akan dilangsungkan pada hari Kamis, 11 Agustus 2016 pukul 19.40 hingga 20.40. Ada yang berminat menonton?

DUA

Mengunjungi Hiroshima Peace Memorial juga merupakan agenda yang harus kamu masukkan ke itinerary perjalananmu. Situs yang biasa disebut dengan Genbaku Dome, merupakan satu-satunya struktur bangunan yang berdiri setelah bom atom meledak 6 Agustus 1945. Bangunan ini kini merupakan simbol kuat untuk perdamaian dunia.

Genbaku Dome merupakan bagian dari Hiroshima Peace Memorial Park yang di dalamnya terdapat berbagai museum, monumen, dan memorial seperti Hiroshima Peace Memorial Museum, Gates of Peace, Peace Bells, dan lain-lain.

Hiroshima Peace Memorial, salah satu yang tersisa dari serangan bom atom Perang Dunia II. Foto: Wikipedia
Mulai tahun 1947, setiap 6 Agustus, Hiroshima mengadakan Peace Memorial Ceremony untuk mengenang korban jiwa bom atom Perang Dunia II dan berdoa untuk perdamaian dunia. Tepat pukul 08.15, Lonceng Perdamaian (Peace Bells) akan dibunyikan dan untuk satu menit semua orang akan hening untuk berdoa. Pada malam harinya, dilaksanakan Peace Message Lantern Floating Ceremony, yang mana setiap orang bebas untuk menuliskan pesan perdamaian di lampion yang dilarung di Sungai Motoyasu.

TIGA

Salah satu atraksi wisata di Hiroshima yang menarik lainnya adalah Garasu-no-sato ガラスの里 atau Glass Village. Yap, sesuai namanya, segala yang ada di sini berkenaan dengan glass (kaca). Tempat ini merupakan museum yang memajang hasil karya seni kaca mulai dari buatan abad ke-15 sebelum masehi sampai zaman Edo hingga Showa.

Glass Village terdiri dari beberapa bagian, Modern World Glass Art Museum, World Beads Museum, dan Glass Castle. Di sana, kita juga bisa praktik membuat perhiasan atau karya seni dari kaca, lho. Aku sendiri merasa diriku tidak kreatif, tapi bagi yang merasa sama denganku, tidak perlu khawatir karena ada berbagai desain yang disediakan, jadi kalau nggak ada ide, bisa 'nyontek'!

Garasu-no-sato (Glass Village), museum yang memamerkan hasil karya dari kaca dan manik-manik. Foto: visithiroshima.net
Selain itu, yang bikin aku ingin ke sana adalah karena bangunannya cute dan instagramable abis. Macam istana princess-princess, gitu!

EMPAT

Di tengah kota Hiroshima, berdiri bekas gedung Bank of Japan Cabang Hiroshima. Bangunan ini didirikan pada awal era Showa tepatnya tahun 1936. Letaknya sekitar dua kilometer dari lokasi dijatuhkannya bom atom dan berkat strukturnya yang kuat, masih kokoh hingga saat ini.

Bekas gedung Bank of Japan Cabang Hiroshima. Foto: Reuters.
Sejak tahun 2000, bangunan ini tercatat menjadi aset budaya penting di Kota Hiroshima dan kini digunakan untuk kegiatan publik yang berkaitan dengan seni dan budaya. Wisatawan bisa masuk ke dalam gedung ini namun tergantung ada atau tidaknya kegiatan yang berlangsung di gedung ini.

LIMA

Selain memiliki Situs Warisan Budaya UNESCO, Hiroshima merupakan tempat lahir Mazda, perusahaan yang memproduksi mobil. Mazda memiliki museum yang amat diminati turis asing karena menyediakan tur berbahasa Inggris.

Mazda Museum terdiri dari enam bagian utama yang menyajikan sejarah Mazda dari berdiri tahun 1920, perkembangannya saat ini, hingga konsep produksi di masa depan. Tur museum berlangsung sekitar 90 menit dan pengunjung juga dibawa melihat proses pembuatan mobil dari awal hingga jadi.

Salah satu ruang pameran Mazda Museum. Foto: japan-guide.com
Buat anak-anak yang suka mobil, pasti seneng banget nih diajak ke sini. Tapi aku pun kalau diajak ke sini, juga mau kok! 

ENAM

Salah satu kuliner khas Jepang adalah okonomiyaki, yaitu pancake gurih yang berisikan berbagai bahan seperti telur, daun bawang, kubis, dan lain-lain. Okonomi お好み berarti 'suka suka' dan yaki 焼き yang berarti 'panggang' atau 'bakar'. Sering pula Okonomiyaki disebut sebagai omelet Jepang, pancake Jepang, bahkan pizza Jepang! Makanan ini ada di seluruh Jepang tapi yang tersohor adalah okonomiyaki khas Kansai atau Hiroshima.

Okonomiyaki ala Hiroshima. Foto: justonecookbook.com
Maka, kalau ke Hiroshima harus menyicipi okonomiyaki-nya dong, ya. Dalam Okonomiyaki khas Hiroshima, bahan-bahan yang digunakan dibuat berlapis. Biasanya terdiri dari adonan Okonomiyaki (dibuat dari gandum, tepung ubi, dan bumbu), kubis, daging, mi soba atau udon, telur, dan di atasnya diberi bubuhan saus okonomiyaki, bubuk rumput laut, katsuobushi, mayones, dan jahe.

Lagi puasa gini, membayangkannya... duh, pengen!

TUJUH

Sudah jalan-jalan jauh, masa' nggak beli oleh-oleh? Nah, kalau Tokyo punya Tokyo Banana sebagai oleh-oleh favorit para wisatawan, maka Hiroshima punya MOMIJI MANJU!

Dirunut dari istilahnya, Manju merupakan kue khas Jepang (wagashi) yang dibuat dari adonan tepung, air, dan gula, yang dikukus dan diberi isian selai kacang merah (azuki). Yang paling terkenal seantero Jepang, ya Momiji Manju khas Hiroshima ini, karena dibuat berbentuk momiji atau daun mapel Jepang.

Momiji Manju, kue khas Hiroshima yang biasa dijadikan oleh-oleh. Foto: hiroshima-brand.jp

Menurut sejarah, Momiji Manju dibuat sejak era Meiji (1868-1912). Seorang pengusaha wagashi, Takatsu Tsunesuke, biasa menyuplai kue ke sebuah penginapan di daerah Momiji-Dani di Miyajima. Suatu ketika pemilik penginapan meminta Takatsu untuk membuat suvenir yang cocok untuk Momiji-Dani. Akhirnya dibuatlah Momiji Manju pada tahun 1906 dan masih populer sampai sekarang.

Saat ini, Momiji Manju tidak hanya memiliki azuki sebagai filling saja, tapi juga ada rasa matcha, cream cheese, cokelat, dan lain-lain. Jadi penasaran, ingin coba!

゚・✿ヾ╲(。◕‿◕。)╱✿・゚

How to get to Hiroshima?

Hiroshima terletak di Jepang bagian barat dan berjarak sekitar 700 km dari Tokyo. Hiroshima bisa dicapai dengan bus, shinkansen dari Tokyo atau Osaka, dan pesawat dari Tokyo. Apabila ingin menggunakan kereta super cepat shinkansen, maka akan lebih murah menggunakan JR Pass, yang bisa dibeli di H.I.S, sebuah agensi travel asal Jepang yang memiliki banyak cabang di Indonesia.



H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan jalan-jalan teman-teman. Aku pernah mampir ke H.I.S di f(x) Sudirman dan di sana terpampang banyak penawaran produk wisata ke Jepang dan negara lainnya. Wah, menarik sekali! Paket-paket tersebut pun dapat dicek melalui akses ke situs web H.I.S.

Bingung bagaimana caranya mengatur perjalanan ke Jepang? Tenang, ada H.I.S!
H.I.S juga mempunyai produk bernama HAnavi, yang merupakan kerjasama dengan All Nippon Airways (ANA). HanaVi menyediakan paket tiket pesawat (dalam negeri Jepang) sekaligus hotel dengan hotel dengan harga yang MURAH MERIAH. Contohnya, perjalanan 4D3N ke Hokkaido mulai dari harga 4,4 juta. Padahal kalau naik Shinkansen + kereta biasa, satu arah lebih dari dua juta. Belum hotelnya, lho!

Mengapa menggunakan HAnavi?

☀ Hemat Waktu

Dengan HAnavi, kita dapat menghemat waktu karena menggunakan pesawat. Misalnya perjalanan dari Tokyo ke Hiroshima memakan waktu 4 jam menggunakan shinkansen dan 15 jam menggunakan kereta biasa. Apabila menggunakan pesawat dari HAnavi, hanya 1 jam 50 menit saja. Selain itu, jadwal penerbangan bisa dipilih sesuka hati.


☀ Paket tiket + hotel super murah

Dengan HAnavi, kamu mendapatkan best deal! Karena paket penerbangan + hotel dijual dengan diskon besar-besaran.

☀ Beragam pilihan tiket dan hotel







HAnavi menyediakan berbagai kombinasi penerbangan domestik dan hotel sesuai dengan rencanamu. Ada 800 penerbangan tiap hari dan lebih dari 3500 penginapan yang bisa dipilih!

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa hubungi agen H.I.S melalui website-nya di his-travel.go.id atau di halaman Facebook https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia. Nggak perlu cemas lagi deh kalau bingung mengatur perjalanan ke Jepang!


Wuaaah, pengen ke Hiroshima! Ada yang pengen ke Jepang juga? Semoga cepat kita bisa ke sanaaa 

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition


References:

https://en.wikipedia.org/wiki/Hiroshima
http://visithiroshima.net
http://whc.unesco.org/en/list/776
http://www.jnto.go.jp
http://www.kanpai-japan.com/travel-guide/momiji-manju-miyajima
https://www.theguardian.com/cities/2016/apr/18/story-of-cities-hiroshima-japan-nuclear-destruction

15 comments:

  1. Sorry ye om tante kakak mba mas paman kakek semuanya
    Saya Pertamaxxxx

    Iyessssssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah jadi kepenhen ke Hiroshima ya Saya ada teman di Jepang, namanya Tetsuya Nomura, cuma beliau tinggalnya di Tokyp. Jauh nda ya sama Hiroshima? Huaaa kok malah tanya jarak sih hiheiheie. Mantap ulasanne mba Una. Lebaran mau dimana mba Una? Mudik taa mbak? HIheiheieiheiheiiee

      Delete
  2. semoga menang yaaa...tulisannya lengkap banget nih :)

    ReplyDelete
  3. Unaa.. jadi pengen ke Hiroshima nih...
    Kuil Itsukusima itu kok keren banget ya

    ReplyDelete
  4. Semoga menang.. kalau menang jgn lupa oleh2nya. Hehehe.. pergi belum udah nagih oleh2.

    ReplyDelete
  5. Next time ke Jepang sudah aku tekad-in mesti ke Hiroshima Na!! Pas ke Jepang kemarin ngga sempet kesana, hahaha...

    ReplyDelete
  6. pingiiiiin ikut tante una ke jepang

    ReplyDelete
  7. aku pun ingiiin ke sini :). Penasaran banget ama Jepang Una, salah satu negara yang ada di bucket list akuuu :)

    ReplyDelete
  8. Miyajima Na..... banyak rusa nakal hahhhahahhahah

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat pernah baca komik Hi Miiko pas edisi dia piknik ke hiroshima dan ceritanya tentang Hiroshima peace memorial gitu, aduh bikin merinding. Btw tu okonomiyakinya enak banget kayakny, ngilerrr

    ReplyDelete
  10. Astaga panjangnyaaaa tapi keren ih kompliiiiittt. Gut lak ya Na.

    ReplyDelete
  11. makasih mba una udah bikin saya ngiler sama pancake okonomiyaki nya.. semoga bisa bungkusin okonomiyakinya buat saya. hehe

    ReplyDelete
  12. Unaaaa. Semoga menaaangggg.

    Aku sedih kalau ada lomba blog kayak gini. Kalau pengen ikut pasti mikirkan jatah cuti. Dan setiap tahunnya jatah cuti aku juga udah aku ambil untuk jalan jalan yg tiket pesawatnya udah dibeli kapan taon. Jadi selalu males ikut beginian. Hiks hiks

    ReplyDelete
  13. wah asyik-asyik nih kegiatan di Hiroshima pas musim panas gini, wajib dicatat nih buat yang mau berlibur ke Jepang :D

    ReplyDelete
  14. makanan musim panas di jepang pun enak-enak, trus setiap musim panas selalu ada festival kembang api yang sangat meriah, ahh pengen banget pergi kesana.. hehe

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!