Lokasi Syuting Hero (2015) di Prefektur Hyogo

Beberapa hari lalu aku post tentang jalan-jalanku ke dua gedung yang dijadikan lokasi syuting filmnya Kimura Takuya, Hero (2015). Kali ini aku mau menulis lebih lengkap mengenai dua lokasi tersebut, karena salah satunya adalah objek wisata yang dibuka untuk umum. Termasuk informasi aksesnya menggunakan transportasi kereta.

1. Hyogo Prefectural Guest House (兵庫県公館)

Dalam Hero (2015) sebagai: Tampak depan Kedutaan Besar Neusteria


Bangunan kokoh bergaya Prancis-Renaisans ini rupanya didesain oleh seorang arsitek Jepang bernama Hanroku Yamaguchi. Selesai tahun 1902, gedung ini mulanya adalah gedung keempat Pemerintah Prefektur Hyogo. Pada bulan Maret 1945, bangunan ini terbakar akibat perang yang menyebabkan dinding bagian luarnya hancur.

Pada tahun 1948 sampai 1952, gedung ini direnovasi. Baru pada tahun 1985, gedung ini resmi berganti nama menjadi Hyogo Prefectural Guest House. Sesuai namanya, gedung tersebut digunakan untuk menjamu para tamu penting Prefektur Hyogo, seperti para pejabat, bahkan kaisar. Tanggal 31 Januari 2003, gedung ini resmi menjadi salah satu heritage cultural site Jepang.

Masuk ke gedung ini tanpa biaya, namun juga tanpa bahasa lain selain Jepang. Ibu-ibu resepsionis dengan ramah memberikan brosur dan peta… dan semuanya in Japanese. So, lebih baik membawa teman yang bisa Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris atau Indonesia, biar jadi translator. Aku pun juga akhirnya kagak paham apa-apa di situ, tapi tidak apa-apa sih. Gedungnya bagus… yaaa menikmati suasananya saja lah.

Hyogo Prefectural Guest House terdiri dari tiga lantai. Ibu resepsionis menyarankan kami untuk melihat dari lantai tiga.

Salah satu ruang rapat di Hyogo Prefectural Guest House.
Tiba di lantai tiga, di lobi yang luas, dan tergantung di sana lukisan yang berjudul American Harbour. Cerita tentang lukisannya, sudah dipastikan aku nggak ngerti. Lantai tiga berisi ruangan-ruangan. Ada yang kecil seperti ruang tamu biasa, ada yang luas macam ruang konferensi. Dalam ruangan juga banyak benda-benda seni semacam lukisan dan patung. Di salah satu ruangan ada ibu-ibu staf yang menjelaskan kepadaku tentang apa ruangan itu. Cuma kubilang aja, aku belum bisa banget Bahasa Jepang. Tapi yang aku tangkep ibunya bilang, gedung ini sering banget dipakai untuk televisi dan film.


Di tengah lantai tiga, ada… apa ya istilahnya? Ruang terbuka di tengah, yang sangat cantik. Selain ada kolam air mancur, di tepinya terdapat berjajar pot-pot yang ditumbuhi bunga warna-warni. Senang lihatnya.

Kok ya yang kuresize yang fotonya miring, dan nggak kurotate. Emang udah agak miring nih kepala...
Turun ke lantai dua, terdapat ekshibisi mengenai sejarah Prefektur Hyogo. Baik dari sejarah jaman dulu kala, dari mengenai perdagangan dengan luar negeri, sampai mengenai atlet terkenal Hyogo pun ada. Komplit. Sayangnya aku cuma bisa lihat saja. Bacanya kagak bisa =))

Salah satu ruang tamu. Dan ruang tamunya banyak banget di gedung ini.
Maskot apaaa gitu.
Di lantai satu, juga terdapat beberapa ruang tamu dan beberapa patung kepala, sepertinya mereka orang penting Hyogo. Di tengah juga terdapat aula besar yang sepertinya (masih) sering digunakan untuk acara masyarakat Hyogo.

Taman di luar gedung ini juga cantik. Penuh pepohonan dan bunga aneka warna. Sayangnya luar bagian samping sedang ada renovasi, kan penasaran di situ ada apa.

Alamat: 4-4-1 Shimoyamatedori, Chuo Ward, Kobe, Hyogo Prefecture 650-0011

Opening Hours:
Senin – Jumat 09:00-17:00
Sabtu: 10.00-16.00

Akses naik kereta:
Stasiun JR Motomachi, keluar West Gate, belok kanan pertama, jalan kaki ke utara 300 meter.
Stasiun Subway Kenchomae, ada exit persis di sebelah Hyogo Prefectural Guest House.

2. Kaigan Building (海岸ビルヂング)

Dalam Hero (2015) sebagai: Kantor Jaksa Prefektur Osaka

Tampak depan Kaigan Building.


Kalau Hyogo Prefectural Guest House adalah objek wisata yang terbuka untuk umum, Kaigan Building juga terbuka untuk umum sih, tapi isinya kantor dan toko. Salah satu tokonya adalah toko topi yang bernama mature. Lainnya aku kurang perhatikan dan nggak ngerti bacaannya itu toko apaan, hahaha. 

Tangga menuju lantai tiga.
Salah satu pintu ruang. Agak kumuh kan ya?
Sayangnya aku tidak bisa menemukan cerita tentang gedung ini di internet. Namun tampaknya, gedung ini sudah lumayan tua. Dalamnya pun agak kumuh dan kusam. Tapi tentunya, WC-nya bagus. #penting. Aku iseng masuk WC, trus pas aku masuk, orang yang ada di dalam WC langsung nyalain bunyi flush, lagi eek nih pasti malu bunyi plung =))

Mungkin kalau teman-teman ada yang mampir ke Kobe Port Tower, mungkin lihat gedung ini, karena dekat.

Alamat: 3-1-5 Kaigandori, Chuo Ward, Kobe, Hyogo Prefecture
Utara seberang Hotel Okura

Akses naik kereta:
Stasiun JR Motomachi
Stasiun Minatomotomachi, jalan ke arah selatan.

Aku nggak tahu informasi ini bakal berguna atau nggak, karena Hyogo Prefectural Guest House belum foreigner friendly (semoga soon ada Bahasa Inggrisnya), dan Kaigan Building Cuma gitu aja. =)) Yah siapa tahu penggemar Hero dan Kimutaku ada yang baca =))

4 comments:

  1. Yeah tempat syutingnya udah bikin mupeng pengen kesana :D
    Enaknya bisa jalan2 ke Hyogo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini kutunggu di Hyogo ^^

      Delete
  2. kimura takuya, jadi inget film tsuki no koibito

    ReplyDelete
  3. impiank tuh punya rumah yang ada ruang terbuka jadi taman, apa daya rumahnya RSSSSS :)

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!