360° Kobe From Kobe Port Tower

Seusai kelas, temanku Kei dari Taiwan mengajak jalan kaki bersama ke Stasiun Sannomiya, cuma aku bilang aku mau ke masjid. Kemarin memang aku berencana ke masjid buat nyari bukaan gratis #terpelit, apalagi menu makan malam malam ini di asramaku, nggak bisa aku makan.

Kelasku selesai pukul 17.30, sementara maghrib hari ini di Kobe, Jepang adalah jam 19.17, jadi aku tak perlu buru-buru sampai masjid. Eh ya kenyataannya malah mlipir jalan kaki ke arah Kobe Port Tower alias ke barat, padahal Kobe Muslim Mosque jalannya ke arah utara. Memang nggak niat ke masjid nih :-p

Kobe Port Tower.

Tadinya nggak niat ke Kobe Port Tower, tapi pas jalan kaki kok pengen ya, sekalian lah. Mana Kobe Port Tower masih tutupnya jam sembilan. Sedangkan kalau mau mampir ke museum lain, udah tutup karena udah sore. Lagipula aku punya kartu pass khusus foreign student yang membebaskan kita dari tiket masuk puluhan objek wisata di Kobe dan Prefektur Hyogo. Kalau Kobe Port Tower ini, gratis deh! Padahal kalau bayar, 700 Yen, atau sekitar 77.000 rupiah. Mayan kaaann... besok ah aku tulis tentang kartu ini!

Aku masuk ke Kobe Port Tower via jembatan penyeberangan gitu, which is itu sampai ke lantai tiga. Aku pun turun ke lantai dua dan bertanya bagaimana cara beli tiketnya, eh harus turun lagi ke lantai satu. Aku pun menunjukkan pass-ku kepada paman penjaga loket tiket dan beliau memintaku menunjukkan kartu pelajar. Beliau memberiku tiket dan aku pun ke lantai dua untuk naik elevator ke observation deck.

Kobe Port Tower merupakan salah satu landmarknya Kota Kobe. Menara ini tingginya 108 meter dan observation deck-nya terletak di ketinggian 90,28 meter. Kobe Port Tower selesai dibangun tahun 1963, pantas saja pas masuk, dalamnya terlihat agak kuno gitu, hehehe...

Di observation deck-nya sendiri terdiri dari lima lantai. Nah, kan dari bawah naik elevator, tibanya di lantai 4-nya observation deck. Kalau mau turun, naik elevatornya dari lantai 3-nya observation deck.

Penampakan observation deck Kobe Port Tower.
Observatory-nya Kobe Port Tower ini nggak besar, sama Monas nggak jauh beda kali ya. Kalau dibandingin observation deck-nya Sydney Eye Tower atau Sky100 Hong Kong, beuh kecil banget. Hanya berbentuk lingkaran dengan gang yang nggak sampai dua meter. Ada banyak teropong yang bisa digunakan dengan memasukkan koin 100 Yen. Dari interior dan teropongnya memang terlihat sudah jadul gitu. Di lantai ini, ada love lock juga, gembok-gembokan gitu yang ditulisin love love dan nama masing-masing. Ada pula beberapa mesin gachapon dan toko suvenir, tapi pas aku datang tokonya sudah tutup.


Yakin nih forever love?
Kemudian aku pun naik ke lantai 5. Di sini interiornya lebih bagus. Selain itu terdapat dekorasi dalam rangka Tanabata, pohon-pohon yang digantungi kertas bertuliskan harapan. Aku pun nulis donggg. Ada pula frame berbentuk jantung hati yang aduhhh pengen banget foto di situ tapi kok ya aku sendiri.....................

Hmmm... ra mudeng.
Udah mana nggak jauh dari frame itu ada kertas 'pengumuman' judulnya Love + Kobe = Date. Meskipun aku nggak paham artinya, kok agak bikin sensi yah.

Oya, aku sempet lihat ada pasangan Jepang yang ceweknya pengen banget foto di bingkai itu, sedangkan cowoknya males. Karena aku baik, aku tawarkan bantuan untuk motoin dong. Ceweknya gayanya udah macem-macem, cowoknya lempeng aja. Hmpft.

Di lantai 3 Observatory ada Sky Lounge, warung kopi yang berputar selama 20 menit untuk satu putaran. Di sana jual kopi (pastinya) dan beberapa kudapan. Harganya kalau dibandingkan warung di luar, enggak begitu mahal. Coba kalau sama siapaaaa gitu, pasti asik tuh lihat Kobe 360° sambil nongkrong. Sama siapa kek.

Di lantai 2, ada beberapa foto view berikut penjelasannya dan kita bisa mencocokannya dengan apa yang kita lihat. Sedang di lantai 1, ada beberapa lantai yang bening. Yang mana bikin aku terkesima, soalnya lantainya awalnya keruh, pas dideketin langsung bening, jadi keliatan kerangka towernya. Wihhh!

Pas beningnya, pas keruh bener-bener bawah nggak keliatan.
Hotel Okura.
North view.
South-west view: Harborland, Umie, etc.
Di observation deck Kobe Port Tower ini, kita bisa melihat Kobe, yang di bagian utara terdapat kaki Mount Rokko, apartemen, dan gedung-gedung di area Kitano, Sannomiya dan Motomachi, di bagian barat dan selatan terdapat Naka Pier Central Terminal yang penuh dengan perahu serta cruise, terdapat pula Harborland dan ferris wheel besar.

Kobe Port Tower malam hari. Diambil dari Mosaic.
Kemudian aku naik lagi ke lantai 3, aku pun turun ke bawah dan jalan kaki menuju Harborland. Tak lama, sekitar pukul tujuh malam, Kobe Port Tower makin cantik dengan pancaran LED aneka warnanya. Kalau suka menikmati skyline dan cityscape, kalau ke Kobe, Kobe Port Tower worth a visit dong yes. Kayaknya aku mau datang lagi malam hari, biar dapat pemandangan yang berbeda.

Selfie dulu :-p
Kobe Port Tower
5-5 Hatobacho, Chuo-ku, Kobe 650-0042
http://kobe-meriken.or.jp
Opening Hours: Open 365 days
9.00-21.00 (last admission 20.30)
General Ticket: Adult 700 Yen, Elementary & Junior High Students 300 Yen.

40 comments:

  1. observation itu kaya yang di monas bukan hahaha :

    ReplyDelete
  2. Una.. Terus kamu belum cerita, akhirnya ke masjid enggak ???

    ReplyDelete
  3. itu nanti gemboknya suatu saat dijual kioan juga?

    ReplyDelete
  4. Iya deh, kudoain kamu satu saat ke sini lagi ama "si siapa kek" itu....

    trus kamu nulis lagi tentang menikmati Kobe port berdua dengan "si siapa kek" ituuuh

    ReplyDelete
  5. Aaahhh setelah temen satu balik dari kobe si una ke kobe laagi 😁

    ReplyDelete
  6. wihhh asikkkk benerrr na.....towernya keren pas malem2

    ReplyDelete
  7. kenapa foto selfie nya ketutup lebah? :P

    ReplyDelete
  8. Towernya bentuknya mirip sama tower yang di Guangzhoue ya Na, beda warnanya sih tapinya, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah ke Guangzhou... Woooo ada nama bentuknya apa ya lupa boloid boloid gitu

      Delete
  9. Duh tambah bikin pengen ke Jepang nih

    ReplyDelete
  10. Una berencana ke masjid buat nyari bukaan gratis..?
    Tapi kok cuman cari 'bukaan gratis sih ... harusnya utamanya 'ibadah atuh ... :(
    Woww ... gedung2nya dalam foto indah nian ya ... nice ... :)

    ReplyDelete
  11. Una, bagus bgt ya kalo malem. Maen ke Yokohama, lbh bagus kayaknya :)
    Keren Una. Mupeng dah :'(

    ReplyDelete
  12. Satu putaran 20 menit? Agak cepet juga ya..
    Minta tawon satu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga cepet juga sih soalnya tempatnya kecil :D

      Delete
  13. Filosofi gembok apa sih Un, Padahal kalau bisa dikilo mayan tuh hasilnya *otak bisnis*

    ReplyDelete
  14. Bookmark ah hahaha, yakusoku ya, biar ketemuan pas September hahaha

    ReplyDelete
  15. Una jahat! Fotonya kurang banyaaaaaaak

    ReplyDelete
  16. Wuih kak Una seru banget..
    Kuliah ya kak?

    ReplyDelete
  17. asyikknya jalan-jalan terus , sendirian apa bukan sih :) jalan-jaannya

    ReplyDelete
  18. uwowww... kamuh syekolah ya dsana. kece yaa pemandangan malamnyaaa

    ReplyDelete
  19. aku pengen kesini juga..enaknya..jalan2 terus...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!