Oh, Begini Rasanya Pakai Softlens!

Waktu masih SD, aku nggak sadar kalau penglihatanku bermasalah. Kalau misalnya lagi naik mobil sama bapak ibu, trus baca tulisan di Baliho gitu, tulisannya kabur. Kalau di kelas, mau menyalin apa yang ditulis guru di papan tulis, aku juga harus maju-maju ke depan. Tapi saking awamnya, aku nggak paham kalau mataku itu ‘tidak normal’.

Akhirnya kelas 4 SD, aku diajak ibuku ke optik untuk memeriksa mataku. Ternyata minusku cukup besar, mata kiri 2,25 dan mata kanan 2,75. Waktu kacamataku sudah jadi, ibuku ingat betul aku bilang, “Wah dunia berasa jelas sekali…” Hiks.

Sejak saat itu, aku nggak pernah lepas dari kacamata. Eh ya kalau mandi dan tidur lepas sih, tapi kalau di rumah nggak ngapa-ngapain pun tetap pakai. Nggak terasa, sudah empat belas tahun lebih aku pakai kacamata, dan minusnya pun terus bertambah. Sekarang mataku berminus sekitar enam dan silinder pula.

Nggak tahu udah ganti kacamata berapa kali, hehehe.

Pakai softlens?

Dulu waktu aku masih TK, ingat sekali, ibuku tiap kerja sesekali pakai softlens. Dan pengen gitu waktu itu. Pas udah gede, nggak ada pengen-pengennya sama sekali. Apalagi mengingat aku orangnya agak males (agak?!), nggak rapi, dan suka buru-buru. Agak parno juga, apalagi katanya kalau nggak bersih efek samping pakai softlens ini bahaya sekali.

Trus sampai akhirnya, baru-baru ini aku mau mencoba pakai softlens Acuvue. Aku agak-agak takut dan akhirnya nanya dulu ke ibu apakah nggak apa-apa pakai softlens. Kata ibu, “Ya nggak apa-apa lah, asal kamu resikan (bersih) dan justru malah enak pakai softlens, jadi gerakmu lebih bebas, nggak terganggu kacamata.”

Sekitar dua minggu lalu, aku pergi ke optik untuk mencoba (trial experience) softlens. Softlens yang bakal aku pakai adalah 1-Day Acuvue Define. Karena ini pengalaman pertamaku banget pakai softlens, aku kira kalau memesan softlens itu yang dilihat ukuran mata aja, trus udah aja. Kayak pesan kacamata gitu. Ternyata enggak!

Pertama, mas optik akan menanyakan kepada kita berapa minus mata kita, atau kalau kita nggak tahu, berikan saja kacamata kita ke masnya. Hahaha itu yang aku lakukan. Kemudian, akan ditanyakan juga apakah mata kita pernah iritasi atau tidak. Juga ditanyakan bagaimana gaya hidup kita sehari-hari apakah banyak di luar atau di dalam ruangan.

Selanjutnya, mas optik akan memeriksa mata kita menggunakan alat mirip autorefraktometer yang untuk memeriksa ukuran mata. Aku juga kurang paham, tapi masnya bisa melihat pembuluh darah mata kita gimana, tak lupa dilihat arah tumbuh bulu mata. Karena rupanya berpengaruh! Sebagian orang memiliki arah tumbuh bulu mata ke arah dalam yang nantinya akan mengakibatkan iritasi apabila menggunakan softlens. Alhamdulillah bulu mataku normal saja~

Baru selanjutnya diperiksa ukuran matanya menggunakan autorefraktometer, atau yang lebih sering disebut dengan ‘komputer’ saja. Hasilnya tercetak dalam bentuk slip.

Kemudian, aku digiring ke ruangan khusus untuk memeriksa mata manual, yang mana kita dicobain lensa berbagai ukuran, untuk mencocokkan kita enaknya pakai ukuran yang mana.

Dari hasil pemeriksaan, aku akan menggunakan softlens ukuran minus enam untuk kedua mata.

1-Day Acuvue Define.

1-Day Acuvue Define ini memiliki tiga pilihan warna:

1. Vivid Style (Cokelat)
2. Accent Style (Black)
3. Natural Shine (Abu-Emas)

Aku pun memilih mencoba yang Natural Shine. Karena ini pengalaman pertamaku, aku minta tolong mas optiknya. Pas udah terpakai, wihhh keren banget, nggak pakai kacamata tapi ngelihat jadi jelas. Kepala pun rasanya enteng, bahkan aku kelupaan kalau pakai softlens, trus malah pakai kacamata dan… .. kabur. Oh ya, kan udah pakai softlens! *bego*


Pas ngaca… aduhhh mukaku tampak berbeda banget, sekilas terlihat asing, hahaha. Mungkin karena nggak biasa melihat jelas muka sendiri tanpa kacamata. Tapi pas dilihat-lihat lagi, wah kawaii juga gue. *muji diri sendiri*

Pas pakai 1-Day Acuvue Define ini, sama sekali berasa nggak ada ‘sesuatu’ di mata. Ngedip pun ngedip biasa. Sempet yang kiri agak berasa ngganjel sesaat, tapi setelah kedip berulang kali, udah langsung berasa enak. Excitednya melebihi pas pertama kali pakai kacamata jaman SD. Ini, nggak pakai kacamata udah bisa jelas lihat semua =)) =))

Setelah 10 menit menggunakan, mataku tidak mengalami kemerahan, tidak berasa kering, dan tidak kenapa-kenapa. Berarti mataku tidak masalah untuk pakai softlens, horeee!

Selain itu pakai 1-Day Acuvue Define, emang cocok banget buat gue yang agak malesan. Karena sekali pakai langsung buang, tidak perlu perawatan khusus, dan membeli cairan dan wadah softlens. Mungkin juga tidak perlu tetes mata, karena 1-Day Acuvue Define punya Lacreon Technology yang mana terkandung pelembab yang terkunci di dalam lensa yang mampu menjaga kelembaban sampai 20 jam.

Berusaha mau melepas softlens, tapi masih takut. Akhirnya minta tolong lagi, hahaha…

Selfie sama teman yang pakai softlens Acuvue juga.
Hihihi, aku mau belajar pake softlens sendiri dulu ah…

Teman-teman pengguna softlens juga? Ceritain dong pengalaman pertamanya…

#PengalamanPertama #AcuvueDefine

93 comments:

  1. Waktu pertama kali belajar pake softlens lucu juga. Udah mau deket ke bola mata, aku langsung nutup mata. Alhasil jatoh-jatoh mulu softlens nya hahaha.

    Pengen pake Acuvue, cuma sayang harganya ga sesuai budget nih hehehe. Tapi enak dipake ya katanya, Una? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka... Acuvue sekitar 390 ribu 30 pasang. Mahal ngga tuh? Oke lah harganya...

      Delete
    2. Hei mbak. Kalo ukuran kanan kiri beda bisa ga ya? Trs kalo ga salah isinya per box 15 pasang, yg bener 15 apa 30 mbak?

      Delete
  2. Jadi keinget temwn yang dulubkutemenin berjuang pake softlens. Dia sampe nangis-nangis pas awal nyoba. Eh pas udha berhasil make gak maubpake kacamata lagi sama sekali. Wkwkwkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kebayang... Abis emang jadi kayak entengan kalau ngga pake kacamata...

      Delete
  3. dulu waktu masih pake kacamata sempat kepikiran mau pake softlens, tapi aku kan takut makenya plus suka teledor. Trus mikir gimana kalo tidur lupa lepas, gimana kalo mendadak kelilipan trus kucek-kucek mata ? Tapi kata temanku ngga segitunya kok. Akunya aja yang parno kali yah.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya parno aja tuh hahaha. Eh tapi kan sekarang dirimu dah ga pake kacamata ya...

      Delete
  4. cakep Na... sori aku ga berkacamata jadi ga punya pengalaman. eh bisa dink pake softlens juga kalo mau gaya-gayaan. yg ga minus tp buat bikin warna mata berubah itu lho, tapi mosok wajah asia rambut item matanya biru sih, ketauan palsunya haha

    ReplyDelete
  5. Aku fokus sama fotonya Una yang pake background biru :D
    Pengen pake softlens, tapi lantaran nggak minus, takut dikatain sok gaya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha sialan, pas foto gue jelek banget tuh =p
      Pake aja hahaha...

      Delete
  6. Jadi mengingatkan saya pada TEMUAN anak SMA atau SMP di Pontianak. Saya lupa nama sekolahnya. Temuan mereka adalah menciptakan SOFTLENS yang bisa membantu para penderita BUTA WARNA.

    Ahahaha By the way bas wayyyy Kali ini foto mba Una tidak di BLUR di bagian wajahnya. Wahahhahaha. Ini baru top markotoppsssssssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, saya baru dengar tentang softlens untuk buta warna itu... keren banget yahhh!

      Delete
  7. Hahaha jadi ingat pengalaman pertama pakai softlens free trial Acuvue kira-kira dua tahun lalu. Berhubung aku takut masukin benda asing ke mata, sampai diajarin berkali-kali sama mbaknya. Aku yakin banget mbaknya udah setengah kesel sama aku hihihi. Sekarang sih pakai softlens pas ada acara besar doang. Masih lebih aman kaca mata sih menurutku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak... nggak lah, mbaknya udah biasa ngajarin ama orang takut takut :P

      Delete
  8. Pertama pakai softlens ngeri saat hendak melepasnya :)) Tapi abis itu jadi biasa.
    Waktu pake softlens jadi rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan tangan soalnya sewaktu-waktu mau buka softlens, jari2 dlm keadaan bersih dari kuman dan kotoran.

    ReplyDelete
  9. aku pernah nyoba sekali,masang berkali2 sampe nangis..akhirnya kebuang sia2....kapok aja,udahlah mending pake kaca,batinku hahaha

    ReplyDelete
  10. Aku pake kalo ada acara spesial aja sih, kayak pesta atau mo selfie, wkwkwkwk.. Soalnya kalo pilihan softlensnya tepat emang menunjang penampilan banget. Kayak yang Una pake itu ^^
    Praktis emang ya kalo yang sehari buang, cocok buat yang malesan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gawl banget selfie aja acara spesial wakakakak. Cocok buat yang malesan haha tapi emang lebih aman juga XD

      Delete
  11. uhuyyy...cantik banget..tapi sama2 cantik kok..yg pake kacamata aku juga suka.... tambah manis dan seperti kutu buku :)

    ReplyDelete
  12. dl jaman sma tman2 pd heboh bgt pake softlens buat gaya2an tp sampe skr sy slalu takut nyobain takut nyolok mata sendiri xixixixxiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama yah jamanku juga jaman SMA heboh pakai softlens =)) Coba Mbak sekali-kali...

      Delete
  13. Aku gak berani pakai softlens, takut kenapa2. Apalagi ada anak kecil, Aisyah sering nyolokin mataku, jadi bahaya banget pakai softlens :D
    Lagi pula pakai kacamata lebih keren menurutku, bisa gonta ganti frame, wekek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... softlens juga bisa ganti-ganti warna :P

      Delete
  14. Aku suka pakai kalau ada acara hehee..terutama kalau dandan..harus hati2 tapi, ngg bisa kotor :)

    ReplyDelete
  15. Aku belum pwrnah pake softlens Na. Yang free ada Na?

    ReplyDelete
  16. Aku belajar pake softlens sebelum kawinan :))) Jadi, periasku bilang mataku ini kecil, supaya agak bercahaya, disuru beli softlens berwarna :)))) Trus yo tak turuti ae, latian dulu dari seminggu sebelum resepsi *eaaaa *niat banget *abis kawinan ya gak dipake lagi

    ReplyDelete
  17. Dulu aku juga pernah pakai softlens. tapi ga bertahan lama

    Rencana pakai waktu futsal aja, tapi apa daya

    kurang cekatan, pasang aja susah.. Eh softlens jatuh ke lantai kamar mandi terus ilang

    nyerah deh

    ReplyDelete
  18. cieee jadi lebih keren ya na pake softlense :P

    ReplyDelete
  19. Aku mah apa atuh takut banget pake softlens wkwkw. Kudu dipakein sama mas nya baru bisa kepasang tuh softlens wkwk

    ReplyDelete
  20. pokoknya kalo mau pake softlane jangan makan sambel pake tangan, aku pernah kek gini krn lupa, akhirnya nangiiiisssss

    ReplyDelete
  21. Aku gak pernah pake softlens, Una, gak tau knp tapi kok rasanya serem..hahahaha...

    Una lebih cantik pake softlens, matanya jadi lebih belo'

    ReplyDelete
  22. Kalau udah pinter ajari aku ya una

    ReplyDelete
  23. Hyaaaa tambah wanita ini mba Una pakai softlens wkwks..
    Aku mines loh mb, tp malas berkacamata. Udah 5bulanan ini lepas 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sialan tambah wanita hahaha. Emang minus berapa Him?

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Saya pernah pakai tapi skrg gak lagi. Susah pakainya saya. Matanya harus dibeloin sebelo2nya padahal dari sananya rapet.

    ReplyDelete
  26. aku belum pernah pakai softlens Na.
    kebayang kalau pake softlens kudu sering melepasnya tiap hari.

    Tapi mmg lho, penampakanmu lbh wokew tanpa sun glasses *transfer 100 Uero yeee*

    ReplyDelete
  27. Pertamakalinya pakai softlense tahun 2011. tapi karena mataku silindris, jadi penglihatannya kurang jelas kalau jarak jauh dan memakai softlense. Katanya softlense itu cuma bisa ditambah minus tapi nggak bisa ditambah silindris. jadinya aku udah jarang pakai softlense lagi nih mbak. terakhir tahun 2013 kayanya.

    Btw ini softlense sekali pakai? wah lucu juga yah.. harganya mungkin nggak semahal yang bisa dipakai bulanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bisa silindris kok Mbak. Tapi emang kudu pesen gitu, ngga ready.

      Iya sekali pakai, lebih mahal sedikit tapi kan dapet untuk sebulan dan lebih aman...

      Delete
  28. iya yaa, Una beda banget hehehe. Cantik Una terlihat dewasa gimana gitu hihihii. Aku belum pernah pakai softlense, dan sampai saat ini belum membutuhkan sih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maacihhh... Wah matanya normal yah Mbak? Envyyy

      Delete
  29. aku blom pernah nyoba Un... hihihi
    padahal pengen juga kalo liat orang pake yang warna2 lucu, bikin mata keliatan lebih indah..

    ReplyDelete
  30. itu sehari sekali buang ? apa ga sayang ? kan lebih baik pakai kacamata yang awetnya terusterusan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuh, nggak papa dong, malah lebih aman pakai yang 1-Day, daripada softlens yang sebulan atau tiga bulan. Kacamata kalo kedudukan juga ambyar :P

      Delete
  31. Aku pun pakek yang sekali buang, Na.. Ngga papa lah, lebih sehat soalnya :D Tapi sekarang lebih milih pakek kacamata sih.. Soalnya ngga ada duit belik softlens sering-sering.. Wkwkwk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih aman pakai yang 1-day ya. Beuh, sok sokan gak punya duit :P

      Delete
  32. Jebul kalau kamu ngga pakai kacamata polos bangettt wajahnya. . .

    ReplyDelete
  33. Pernah nyoba pake yang sehari juga. Pas ditaruh di mata, mata langsung terang benderang. Tapi kepala ngliyeng. :D Apa karena biasa make kacamata jadi aneh gitu rasanya, na.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya softlens juga cocok-cocokan Mbak, mungkin yang merek itu nggak cocok sama mata Mbak Ila...

      Delete
  34. hai-hai, daku juga ngalamin hal yang sama, semua nya berubah sat daku coba softlense, serasa mata udah normal lagi, Hiksss, iya emang kacamataan ngerubah orang banget yah, :D :D

    Btw, Main ke blog daku yooOoo :D

    by BULEIPOTAN BLOG ^^

    ReplyDelete
  35. Mbak Una... you look so pretty! Langsung berubah drastis gitu wajahnya...kereeen! Aku juga pertama kali pake softlens deg2an takut mata kecolok, tapi lama-lama bisa kok. hehehe

    TalkativeTya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha maacihhh... iya aku serem kalo kecolok gitu wkwkwk

      Delete
  36. Hi Mbak sitti.
    foto kamu yang background biru gemes gemes gimana gitu :p
    eeeh aku juga udah nyoba donggg pake softllense, kebetulan waktu itu ketemu yah kita. hehehe.
    foto paling bawah bener bener mempesonaaa. Wanita baju merah cantik banget ssssiiihh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syalan ntar gue apus pas foto gue =))
      Berisik lu wkwkwk...

      Delete
  37. Wiiii unaa cakep loh pake softlens hihi.
    Kalau aku pribadi GAK PERNAH (atleast sampe detik ini) pake softlens. Pernah sekali coba, mataku ga enak rasanya.. ah dasar emak2 ndeso haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amacaaa cih Mbaaa...
      Eh? Takut atau memang normal Mbak matanya?

      Delete
  38. Mba Una pake kamera apa, kok hasilnya kece *salah focus lagi* minus nya masih besaran aku, jadi malu.. Tapi sukses ya bisa pakai softlens..

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihhh kecean hasil fotomuuu huhu Sony apa Mbaaa... Hihi gak apa minus besar hehehe.

      Delete
    2. Makin kece dan makin kece pakai soflents kok mbak ^^

      Delete
  39. Mba Unaa, waaah udah lama ya pake kacamatanya.. Btw, bagusan pake softlens lhoo :3 Apalagi matanya jadi pika-pika berbinar-binar gituuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekzzz dikomen seleb beauty blogger hahaha =))

      Delete
  40. Bagusan gak pakai kacamata hihi.. jd shiny ya matanya pas pakai softlense acuvue :)

    pinkuroom.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. Hahahaha abis pake softlens mata serasa abis di lasik ya Mba langsung tringg kinclong lagi, sampe lupa malah pake kacamata lagi >_< Seruu #PengalamanPertama nyaa ;D

    ReplyDelete
  42. Haahaha aku sih dulu waktu pertama kali pindah dari kacamata ke softlens rasanya lega bangetttt. Beban yang selama ini dibawa si hidung & telinga hilang semua.

    http://everythingaboutbella.blogspot.com/

    ReplyDelete
  43. Mo nanyaa ini softlennya buat yg brp bulan? 1 3 atau 6 bulan?

    ReplyDelete
  44. Belom berani coba takut iritasi di mata..

    ReplyDelete
  45. Bagusan gak pakai kacamata hihi.. jd shiny ya matanya pas pakai softlense acuvue :)

    http://slosa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  46. ka aku masih takut pake soflents kemarin aku juga beli acuvue yg 1day, trus abis 3 pasang buat coba2 doang.. tp pas masuk kemata ko kaya gapas dimata aku jadi perih trus. pdhal mau bgt pake. ada saran ga mba? hhehe biar akunya yakin mau coba lg.. sisa 2 pasang lg tuh pdhal :(

    ReplyDelete
  47. pakai softlens emang lbih praktis darpada pakai kacamata

    ReplyDelete
  48. kalau pakai softlens membuat mata jadi kece gitu , apalagi pakai yg warna biru.. dah kayak orang bule aja ...:)

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!