Ketika Manusia Lebih Murah Daripada Sebuah Mobil

Ada yang pernah bilang kalau di Afghanistan, harga kepala kambing bahkan lebih mahal dibanding kepala manusia. Karena kondisi negaranya perang, kepala kambing diperjualbelikan dan ada harganya, nah kalau kepala manusia bahkan bisa ditemukan di sudut-sudut daerah.

Kalau di kotaku, mungkin negaraku juga... Yaaa harga manusia lebih mahal lah... tapi tidak lebih mahal dari mobil atau bahkan sebuah motor bebek. Menurut gua.

Membaca timeline Twitter salah satu teman blog, Ibu Enny Mamito (sekarang aku kok lebih suka manggil yang lebih senior dengan Ibu, peace!) mengeluhkan kondisi lalu lintas di kotanya, Kediri. Tentang kurang menghargainya sebagian pengendara kendaraan bermotor terharap pengendara lainnya dan pejalan kaki.


Minta diajak high-five banget deh ini Ibu Enny!

Toss!

Ceritanya, di jalan besar dekat rumahku ada lampu lalu lintas yang tidak ada pertigaan atau perempatan di sana. Jadi lampu lalu lintas itu memang untuk pejalan kaki yang menyeberang, terlebih lagi ada sebuah kampus di sana. Para pejalan kaki harus memencet tombol supaya diberi lampu hijau untuk menyeberang. Tapi mah, agak percuma sebenarnya. Karena saat lampu merah (bagi pengendara kendaraan bermotor), jarang loh yang seperti niat berhenti, kasih jalan (bukan kasih juga wong ini haknya pejalan kaki!!!) untuk pejalan kaki.

Alhasil, meski lampu hijau untuk menyeberang, tangan untuk melambai-lambai masih diperlukan. Sedih sumpah deh rasanya, nyeberang jalan, tapi mobil motor masih melaju kencang. Berasa nggak dihargai. Berasa nyawa kita lebih murah dari motor mereka. Atau mungkin mereka yang tetap jalan di lampu merah pada kebelet eek semua kali ya, makanya buru-buru. Tapi kok yang kebelet banyak ya...

Sering dengar kan kalau katanya orang kita, tiap lampu kuning bukannya memperlambat malah makin mempercepat biar nggak keburu lampu merah? Bener banget sih. Berasanya kemarin waktu liburan di Gold Coast, aku naik bus. Kalau ada perempatan, lampu sudah kuning, eh si bus memperlambat jalannya dan berhenti. Gemes juga, kok nggak ngebut aja wakwakwakwak. Lagian merahnya masih agak beberapa detik lagi. *sama aja ternyata gue ama yang suka ngebut pas lampu kuning*

Di kawasan SCBD (Sudirman Central Business District) tidak lebih beradab juga urusan perlampumerahan ini. Masih banyak juga yang kalau lampu merah masih jalan. Sempat aku menyeberang jalan dengan teman di kawasan SCBD, lampu untuk pejalan kaki masih merah sebenarnya, tapi kami menyeberang. Sedang sepi mobil melintas, paling dekat hanya satu yang pas saat akan sampai melewati zebra cross, mobilnya dengan tenangnya berhenti memberi jalan kepada kami. Padahal hak dia buat jalan wong lampu hijau...

Eh kok ya kami langsung berceletuk,
"Mesti bule tadi tuh yang nyetir..."
"Bule tuh pasti... Bule."

Padahal mah belum tentu ya. Kami berpikir seperti itu karena jarang yang kasih jalan menyeberang untuk pejalan kaki. Padahal mah bisa saja itu memang orang Indonesia yang punya rasa respek dan menghargai orang lain 'kan?

Sampai sekarang... aku masih suka terharu kalau menyeberang dan dikasih jalan sama kendaraan bermotor. Hiks!

Di samping aku mengkritik, aku pun masih harus belajar menghargai orang lain seperti misalnya datang tidak telat tanpa ada urusan penting, janjian tidak ngaret, antre yang benar, dan lain-lain. Yah gitu deh.

❤❤❤

Blog Ibu Enny Mamito: www.ennymamito.com


Follow me on:

51 comments:

  1. hehe iya emang kalo di indo paling ribet mau nyebrang jalan ya. :P
    kalo disini enak, tinggal jalan aja, langsung semua pada brenti. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak semua deh om.

      tapi emang sebagian besar begitu.

      Dan agak muak kalo pas jalan ada temen yang bilang
      "kalau nyebrang langsung aja, ini bukan Solo bro"

      Intinya terkesan bangga dengan kelaluan mobil2 dan motor, yang ternyata nggak mau mengalah sama pejalan kaki yang mau nyebrang.


      Delete
    2. Maksudmu piye toh Mas?
      Wkwkwkwkwk...

      Delete
  2. Makasih Na buat ngingetin. Gw juga gemes abiiiis liat kondisi (jalan) kota/negara ini. Mereka either gak ngerti arti lampu lalu lintas ato buta warna. Bener deh. Kalo pengalaman gw di perempatan fatmawati tiap pagi, bahkan polisinya sampe berdiri di tengah jalan berentiin mobil masiiih aja mereka jalan. Hadeuhh *malah esmosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak.
      Keren banget ya orang kita... Kudu gimana gitu buat pada taat lampu lalu lintas :D

      Delete
  3. pernah nyoba jalan pinggir jalan yang space nya dikit banget?
    sebel banget diklakson mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah dooong,
      hahaha yang sabar aja deh.

      Delete
  4. Kenapa ya Un, pengendara di negara kita galak dan intoleransinya minta ampun. Saya tuh termasuk yang paling ngeri kalau harus menyeberangi jalan. Sepertinya mobil dan motor tak punya rem :)

    ReplyDelete
  5. hooh mbak,,kadang ya begitu,,si mobil eh maksudnya yg nyetir mobil itu benar2 gak ngelihat apa kalo ada orang mau menyeberang jalan,,kok ya enak nyelonong saja,,,miris bget sebenarrnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak habis pikir deh ya, hahaha...

      Delete
  6. Saya sendiri kadang harus meminta bantuan Polisi lalu lintas yang ada di persimpangan lampu merah kalau mau bergerak menyeberang jalan. Alasannya jelas karena pengendara kendaraan roda dua dan empat (mobil) suka nda mau ngalah kalau ada orang yang menyeberang. TIps lain adalah menyeberang jalan dengan cara BERGEROMBOL. Insya Allah aman aman saja hiehiheiheiheieiheihiheihee. *abaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... kadang yang nyeberang juga jarang jwe, piye dong itu Om :D

      Delete
  7. ini belum lagi soal kucing. di jalan, banyak orang mentingin menyelamatkan kucing daripada manusia kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya abis kucing lebih lucu daripada manusia...

      Delete
  8. semakin langka orang yang mau ngasih jalan orang nyebrang..yang ada bunyi klakson yg bersahut2an..hiks..
    btw tengkyu mbak una namaku nongol di blogmu kan daku bisa terkenal nih habis ini *benerin jilbab :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada nggak sabaran. Nggak sabar kok kabeh hahaha.
      Jiahahaha...

      Delete
    2. betul Bu Enny.. coba berkunjung di Malang.. mungkin lebih mengerikan :)

      Delete
    3. Wakakak oyaaa? Semua kota kek gitu berarti :P

      Delete
  9. kalau nyebrang didepan Ambas....aman insya allah, gak berani nyerobot mobil2nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau yang Ambas lumayan Mbak...

      Delete
  10. Kamu harus maen ke Medan, Na.. Di sini, orang-orangnya berani mati semua.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana tuh? Yang jalan kaki juga sembarangan gitu?

      Delete
  11. wkwkw... betul..betul... apalagi Malang.. wuuuiiihhh.. tulisan kita sama mbak.. seputar kebut mengebut.. gemes saya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha bisa bareng gitu nulisnya tentang yang sama :D

      Delete
  12. Saya gak gitu kok, daya mah suka ngalah sama pejalan kaki. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah masaaa? Hahaha bagus deh kalau gituuu

      Delete
  13. aku sampai trauma nyebrang gara2 waktu lagi nyebrang temen sebelahku keserempet motor, sejak saat itu kalau mau nyebrang yg gak ada lampu lalu lintasnya deg2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kok serem!! Iya mbak... mending yang ada APILL-nya, itu aja tetep aja deg-degan hahaha.

      Delete
  14. kl ada orang gitu,rasanya pingin ngucek beneran..pernah aku na,udah lambai2 tangan masih aja ngebut,duh rasanya pingin ngucek di mesin cuci.emosi rasanya....

    eh,mau jugalah blogku di promosiin wkwkwwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakakak. Kucek mukanya yang ngebut aja Mbak...
      Hihihi oke next time Mbak...

      Delete
  15. itu lho masih ada lampu lalu lintasnya, una. ndaniyo kalau nggak ada?
    di kota kecil macam Gresik aja, juga mengalami yang kaya mak Enny Mamito. gak kebayang di kota kamu.
    kesadaran manusianya yang dah lebih murah kali ya :p

    btw, kayanya paragraf pertama itu salah kalimat deh. harga kepala manusia lebih murah daripada harga kepala kambing. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada aja begitu, apalagi ndak ada... seremnyaaaa... Kesadaran manusia mahal Mbak, jadi pada gak mampu punya hahahaha.

      Oh iyaaa, hahaha kuwalik, thanks Mbak!

      Delete
  16. Pernah Na, di depan Salemba situ tuh, aku berhenti pas lampu merah buat penyebrang jalan nyala, niatnya udah baik kan memberi hak para pejalan kaki, ndilalah aku yg diklaksonin mobil-motor di belakang, trus aku kudu piye? *sedih juga*

    ReplyDelete
  17. Disini lebih miris lagi deh Un... lampu lalu lintas nggak ada, tempat penyeberangan juga nggak ada apatah lagi jembatan penyeberangan, trotoar aja sempit dan dijarah para pedagang... jadinya pejalan kaki dan kendaraan rebutan badan jalan. Kalau di posisi aku yang tinggal di AFRIKA ya... ngerasa Jakarta itu lebih 'keren' aja :D

    ReplyDelete
  18. aku memimpikan Indonesia suatu saat nanti lebih banyak orang yang jalan kaki dan naik transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadinya.

    untuk sementara sekarang kita hati2 di jalan dulu kali yaaa :)

    ReplyDelete
  19. di kota mana aja kayaknya sama, na. :D pengalaman pernah disalip sama motor padahal lagi di trotoar. haha

    ReplyDelete
  20. Aku pernah nyebrang didaerah kuningan, lampu ijo utk pejalan kaki udah ijo, tp ada aja mbl yg maen jalan aja, ngebut pula -__- malesin bgt.

    Hahahahahaha iyaaa bnr Na, klo lampu kuning bukan nya pelan2, klo disini tambah gaspol hahahhahaaha

    ReplyDelete
  21. Seperti tadi pagi, Un.
    Dibelakangku motor bunyiin klakson mulu, padahal aku berenti karena ada mobil yang mau belok. Sebel rasanya, gak liat apa ya dia.
    saking sebelnya aku pelotoin nengok ke belakang, ndilalah cowok ganteng wkwkwk

    ah bodo amat, ganteng2 tapi gak punya otak!
    sering bgt kayak gitu.
    yg nyebelin lagi yg suka melawan arah pas belokan, duuuh, sering banget hampir tabrakan sama org2 yg gak punya etika dijalan raya. udah ada jalannya masing2 tp serakah menggunakan jalur lain.

    DUh, maaf ya un, jd ngomel2 :D

    ReplyDelete
  22. Kalau aku sering dapati mobil yang nglakson kencang ditengah kemacetan lalu lintas. Wes ngerti kondisi macet, ngapain pke klakson-klakson segala. Kalaupun minggir tetep aja kan dia gak iso lewat. Mau maksa bagaimana lagi...

    ReplyDelete
  23. Na, postinganmu ini pacen bikin orang curhat jalan raya deh, gara-gara baca ini yang komen pada curhat semua wkwk termasuk aku :D
    Mugo-mugo ada Polisi yang di Net 86 baca status ini haha..

    ReplyDelete
  24. Aku pun suka gemes ama yang kayak gitu itu tuh Naaaaa...
    Semacam pengen ngomong...EMANG MAU KEMANA SIH BURU2 AMAT!
    Lengkap dengan capslock nya gitu ke mereka lho Naaaa...hihihi...

    ReplyDelete
  25. jangankan mo nyebrang.. wong t4 pejalan kaki aja tuh ditrotoar jg diserobot kok..
    itu kan namanya mengambil hak org lain.. huhuuu... gemez

    ReplyDelete
  26. kl motor sdh ngebut ya emang males ngerem bu..
    dibuatkan jembatan penyeberangan juga masih banyak yg menyeberang lwt jalan raya
    di margonda kan parah bgt itu, ya kan?

    ReplyDelete
  27. Orang kini cenderung merasa sibuk sendiri. maksudnya merasa orang paling sibuk jadi kasih jalan duluan dong. Padahal semua orang juga pengennya cepet sampai ditempat, tapi yang namanya jalan untuk banyak orang nggak bisa dong sak enak e dewe

    ReplyDelete
  28. Ya gitu deh, Na... memang sulit sekali menertib-disiplinkan orang kita yaaa? bener banget itu, lampu kuning malah diterjemahkan sebagai 'ayo kebut sebelum keburu merah' daripada 'hati-hati'.

    Eh, tapi kalo di Bandung, aku mendapati kenyataan berbeda lho, kalo kita mau nyebrang di tengah keramaian sekali pun, yang ga ada persimpangan/perempatan, eh dikasih jalan lho sama pengendara motor atau mobil. Aku sampai terharu!

    ReplyDelete
  29. huwa ini ngingetin banget.. tanpa sadar, mungkin saya juga suka gitu ya.. gak merhatiin yang mau nyebrang pas bawa kendaraan. ah makasii udah ngingetin mbak

    ReplyDelete
  30. Up ginseng ini bisa jadi alternative pengganti kopi item yang biasa tak sruput tiap kali ng'blog ini mah ya.
    tapi di warung depan rumah ko' belum ada di jual ya?

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!