Menabung Itu Susah!

Cuma bisa istighfar deh...

Beberapa waktu lalu, aku berniat untuk membuka rekening tabungan baru. Ceritanya mau menabung di satu rekening yang tidak akan kuutak-atik. Tapi apa daya, belum kesampaian aku membuat rekening baru. Sebabnya hanya satu, bikin rekening tabungan di bank itu ternyata ribet banget! Makin sekarang, makin ribet. Padahal katanya makin maju teknologinya ya...

Membaca beberapa ulasan mengenai TabunganKu, aku memutuskan untuk membuatnya. TabunganKu adalah produk dari Bank Indonesia yang merupakan tabungan yang ringan tanpa biaya administrasi dan setoran awal yang rendah. Produk ini ditawarkan untuk mengedukasi masyarakat akan budaya menabung. Ada lebih dari 70 bank yang berpartisipasi dalam program TabunganKu ini. Tentunya karena memang dikhususkan untuk menabung (bukan untuk nasabah yang melakukan bisnis atau sering transaksi) sehingga beberapa fasilitas tidak bisa dinikmati oleh pengguna TabunganKu.

Tapi aku pikir-pikir nggak apa-apa lah, wong niatku memang buka akun ini untuk menabung.

Waktu aku lewat bank BCA kantor cabang pembantu dekat rumahku, aku bertanya apa saja syaratnya untuk membuka TabunganKu. Katanya, KTP saja. Namun karena alamat KTP-ku berbeda dengan tempat tinggal dibutuhkan surat keterangan domisili dari RT.

Tak lama, aku membuat surat keterangan domisili dari RT. Kebetulan aku memang membutuhkannya juga untuk mendaftar anggota perpustakaan di Japan Foundation. Yang untuk JF aku hanya memberikan yang fotokopian, dan tidak apa-apa. Sehingga yang asli bisa kugunakan untuk membuat rekening bank.

Kemudian aku pergi ke BCA, hendak membuat rekening. Menunggu antrean sekitar 10 menitan, lalu diberitahu CS-nya kalau membuat rekening TabunganKu harus menggunakan Kartu Keluarga dan NPWP.

U: "Saya nggak punya NPWP Mbak."
CS: "Masih kuliah ya?"
U: "Iya."
CS: "Tapi ada kartu mahasiswa juga kan?"
U: "Ada. Itu harus banget pakai KK ya Mbak?"
CS: "Iya aturannya begitu. Kalau SIM ada?"
U: "Ada."
CS: "Bisa dilihat dulu Mbak..."
Males banget ngeliatin SIM-ku ke mbaknya kalau ujung-ujungnya nggak bisa karena nggak bawa KK. Kubilang saja, ribet banget Mbak. Saya ke bank lain saja deh.

Aku kirim e-mail komplain ke BCA. Dibalas dan dijelaskan bagaimana cara dan persyaratan membuka rekening TabunganKu. Tulisannya memang KTP dan NPWP. Namun tidak ada KK. Tapi di bagian bawah tertulis:

Sebagai informasi, pihak cabang memiliki kebijakan tersendiri dalam meminta tambahan dokumen pendukung diluar ketentuan yang ada (bila diperlukan).

Oh gituuu OK kalau cabang ada kebijakannya sendiri. Tapi masih nggak paham sih diperlukannya KK itu apa.

Aku coba ke Bank Mandiri, diberitahu kalau syaratnya hanya KTP saja dan surat keterangan domisili. "Nggak pakai KK kan?" Enggak katanya.

Aku isi formulir pendaftaran pembukaan rekening baru. Nunggu antrean CS sekitar 10 menitan juga lah. Hasilnya nihil!

Alasannya, surat keterangan domisili yang aku bawa hanyalah dari RT. Kata si CS kan tulisannya (nggak tahu tulisan di mana) dari RT/RW. Si CS kemudian menjelaskan fitur TabunganKu dan bilang kalau sifatnya terbatas. Aku pilih itu karena sudah tahu keterbatasannya kali. Karena TabunganKu kan nggak diiklanin masif sama masing-masing bank. Si mbaknya kemudian sambil senyum minta maaf... Aku tanya bagaimana kalau misalnya aku bikin akun yang biasa. Katanya sama juga tetap harus pakai surat pengantar dari RT dan RW.

Setelah aku cek situs webnya Mandiri:
  • KTP DKI Jaya dapat digunakan untuk membuka rekening di seluruh cabang Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta.
  • KTP non DKI Jaya hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP.
  • Apabila digunakan untuk membuka rekening Tabungan di luar wilayah KTP setempat maka wajib dilampiri dengan :
    • Surat Keterangan Domisili atau
    • Surat Keterangan Kerja
KTP-ku KTP DKI dan menurut webnya harusnya bisa membuka rekening di SELURUH CABANG BANK MANDIRI di wilayah DKI Jakarta. Ya ya ya, buka rekening harus di kantor cabang seperti alamat di KTP mungkin aturan baru jadi itu web belum sempat diupdate kali ya. Pun yang syarat poin nomor tiga, nggak ada tulisan harus sampai RW tuh.

Menurut artikel di detikfinance ini, kenapa bank makin ribet dalam persyaratan adalah karena untuk memastikan data nasabah itu asli. Karena akhir-akhir ini banyak modus penipuan lalalala, rekening digunakan untuk menipu lalalala. Artikel itu sudah dua tahun lalu. Di webnya Bank Mandiri diakses September 2014 masih seperti di atas. Huft abiiisss lah.

Dan di atas itu semua, yang paling aku heran adalah: masih ribet aja domisili-domisili. Wilayah KTP harus sesuai. Musti bikin surat keterangan dll. Lah, katanya e-KTP sudah bersifat nasional? Kalau kayak gini berarti mundur ya...

Ya udah deh ya...

42 comments:

  1. Bukan bermaksud ngebelain tapi kalo kena audit ribeeet bener dan kebetulan dua bank yang disebut itu emang langganan target audit. Tapitapitapiiii. Emang lebhey bener sih bank sekarang kalo mau bukain rekening.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha... jadi kalau bikin akun jangan di bank itu ya X_X

      Delete
  2. aku dulu bisa lho buka rekening bank *RI meski domisili di luar negeri, dan ga ribet. Waktu itu bikinnya pake KTP Depok yg masih berlaku meski sekarang udah ga berlaku lagi, dan bilang jg domisili ga di Indonesia lagi tp mbaknya bilang ga papa tuh. Gimana ya nanti kalo bank-nya tau...hohoho *jangan bilang-bilang kalo gitu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun berapa tuh Mbak? Sudah lama kah? Dulu memang mudah bikin rekening bank. Sekarang-sekarang aja :(

      Delete
    2. Th 2009 deh Na... skrg aja kali susah ya

      Delete
  3. Iya ya......
    Kalau bca aku belum pernah nyoba...
    Bri lumayan mudah
    Law mandiri agak ribet sikit...tapi gak seribet bca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BRI harus pakai KTP sama kayak tempat tinggal nggak ya T.T

      Delete
  4. Wedew, ribet banget ya Na mau buka rekening gitu. Ya maklum juga sih demi keamanan bersama untuk memastikan rekening itu tidak dibuat untuk yang tidak-tidak kan. Tapi tetep aja lah ya, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep aja Masss, nyebelin hahahaha!

      Delete
  5. Unaaa.. buka aja di BCA Gandaria City, aman deh...

    ga pake ribet, ga pake ketemu CS - cuman bawa NPWP sama KTP. Done!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh banget Mbaaa... nggak punya NPWP jugaaa.

      Delete
  6. Tak saranin, kamu pindah ke Jepang , atau Paris aja deh.

    Nyong juga urung sida gawe. CS di sini minta dismackdown. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti Kak.

      Wkwk smekdon doong. Di sini ngga cuma CS nyaaa, banknya, yang bikin e-KTP minta dismekdon kabeh!

      Delete
  7. wes pake banknya yg merakyat ae lah......ga peke ribet......hihihi

    ReplyDelete
  8. Nah iy jd e ktp itu gunanya apa ya? Ribet banget mau buka rekening aja ya...

    ReplyDelete
  9. kadang ditanya nomor telpon rumah, aku udah lama banget telpon rumah gak dipasang pesawatnya hehehe

    ReplyDelete
  10. Dulu aku diakalin mbak.. Dibukakan oleh temanku hihi. Ribet bolak balik mojokerto sby

    ReplyDelete
  11. Baru tau kalo ada jenis tabungan macam TabunganKu gitu. Asik tuh buat nabung beneran. Jadi duit gak cuma buat numpang lewat aja. Hehe...

    Perasaan sekitar dua tahun yang lalu aku buka rekening gak ribet gitu deh Una. Cuma pake KTP aja. Tapi emang bukan TabunganKu siii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya beneran nabung :D

      Tabungan biasa sekarang juga sama ribetnya mbak :)

      Delete
  12. beneeerrr banget
    urusannya ribet poooooool kalo masalah rekening tabungan

    ReplyDelete
  13. Bukannya kalau BCA emang super ribet dari pada BNI, mending bikin BNI atau Mandiri deh, bukan promosi tapi lebih mudah :D

    CIyee punya sim, asyik Surat Ijin Menikah kan :p

    ReplyDelete
  14. q terakhir bikin rek baru tahun lalu,khusus buat guru...kayaknya g seribet ini deh na...hehehe
    cieeee eciyeee yang punya SIM, surat izin menikah *melu2 niar* :P

    ReplyDelete
  15. Mungkin karena tampangmu kurang meyakinkan jadi syaratnya ditambah hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih... Next time aku tunjukin surat keterangan depositoku hahahaha
      *padahal gak punya*

      Delete
  16. Bikin BCA emang njelimet deh, Naaaa.. Aku disuruh bikin kan, tapi uda males duluan.. Hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung di bawah kasur aja lah ya hahaha...

      Delete
  17. Aku bikin BRI jg seperti itu sih, Un
    Bikin rekening baru sesuai alamat dengan cabang terdekat dan harus ada KK
    jd kemarin sudah kupersiapkan Foto Copy KK dan KTP aja.
    nggak sampe sepuluh menit selesai.
    mbaknya jg malah baik bgt mau bantuin krn harusnya bawa KK asli bukan potocopyan.

    Menurutku bagus sih, biar keamanan dan mengurangi banyaknya modus penipuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yang bank deket rumahku ngasih taunya cuma KTP ajaaa,
      plin-plan >,<

      Tapi bingung aja ketika bikin kredit kart gampangnya minta ampun ini bikin rekening tabungan susah beud hahaha...

      Delete
    2. hahaha.. jadi yg mau nabung dipersulit, tapi mau ngutang dipermudah ya mbak Una :p

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!