Nggak Diperhatiin

Katanya, menjaga dan melepas anak perempuan apalagi yang sudah gadis itu susah puol. Jarene sih. Ada seorang teman bercerita, waktu ia masih SD, ia dibiarkan begitu saja ke sekolah naik bis, pergi ke rumah temannya, sleepover (keminggris to the max) juga, pokoknya seakan-akan bapaknya tuh kagak peduli gitu loh. Tapi makin tua ia, menginjak SMA, kemudian jadi mahasiswi, ia baru pergi bentar ditanya-tanya via SMS atau telepon. Izin mau pergi ke sana ke mari seringnya nggak dibolehin. Apa kayak gitu ya?

Cerita temanku itu aku ingat ketika... Jadi belum lama ini aku pergi ke Makassar hampir semingguan lah. Anggap saja ke Makassar karena menginapnya di Maros, itu pun nggak full di sana karena aku dan sepupuku, Affi keliling-liling ke Toraja dan juga Tanjung Bira. Di Maros, kami transit dan sempat menginap di rumah temannya teman sepupuku. Selama keliling-keliling, tas besar kami dititipkan di sana. Temannya teman sepupuku ini sudah bapak-bapak berumur sekitar 40 dan sudah punya anak gadis yang duduk di bangku kelas 3 SMA.

Putu cangkir.
Pantai Bira pagi hari...

Ketika kami pergi, si bapak itu rajin sekali mengirim pesan ke sepupuku menanyakan kami lagi di mana, lagi ngapain, pokoknya sering banget. Sesekali menelpon juga. Sampai kami kembali ke rumahnya, dia bilang, pas kami pergi katanya dia berdoa mulu takut kita kenapa-kenapa trus dia bilang katanya susah rasanya tahu anak gadis-gadis gini pergi jauh-jauh. Trus kita bilang aja, "Ibu kita aja nggak khawatir. Nggak pernah SMS, nggak pernah nelpon."

Si bapak itu, "Serius?"
Kami ngangguk-ngangguk ae.
Si bapak itu, "Sekalipun? Udah berapa hari ini di Makassar?"
"He eh."

Aku merasa biasa aja nggak ditelpon ibuku, wong biasanya juga gak pernah nelpon. Pergi ampe malem atau jauh-jauh asal udah tahu ke mana ya gak akan banyak ditanya-tanya. Kalaupun ditanya, "Saiki neng ndi?" Aku jawabnya, "Mta apa mtb?" (Mau tau aja apa mau tau banget, hahaha rese emang eike yak.) Tapi bapak itu membuatku kok ngerasa kasian amat yak eike kagak diperhatiin orang tua, hahahaha...

Nggak ding. Biasa aja ding.

94 komentar:

  1. mau tange banget deehhh......

    BalasHapus
  2. hmmm tergantung juga sih, kadang kalau kebanyakan telepon malah membuat resah. Jadi biasanya aku ngga telepon anak2 :D. Di keluargaku berlaku no news means good news :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bad news emang baru ngabarin ding ya, bener juga hihihi

      Hapus
  3. ha ha.. kayanya aku lebih suka yang ditengah-tengah deh... Setengah perhatiin, setengah nggak he he.. Soalnya kalo terlalu diperhatiin, ntar kaga nyaman juga ..mau tau banget... tapi kalau ngga diperhattiin banget.. ya..ntar takutnya kenapa-kenapa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha, yang aman ya, ditengah-tengah :D

      Hapus
  4. jadi inget temen di kantor un
    tak cek log server, laptop dia ngakses pesbuk pake nama ga dikenal. aku pikir dibajak orang tuh. soalnya yang dibuka lewat laptop pak haji itu pesbuk isinya bokep

    tak blokir trus investigasi. jebul sengaja dia bikin akun alay untuk ngawasin anak ceweknya dengan cara jadi teman

    haha aya aya wae..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeee, kerajinan amat temenmu om @.@

      Hapus
  5. unaaaaaaaaa, kue putu cangkirnya bikin ngiler. uwuwuwuw. jadi kemarin kulitmu udah iteman karena berjemur, jeng? asyik nih, bakal banyak cerita tentang makasar dan sekitarnya. aku tunggu lanjutannya yaa :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak berjemur aja udah iteman mbak, hahahaha...

      Hapus
  6. hihi, orangtua punya caranya sendiri. Aku juga gak boleh pergi kemana-mana sendiri terutama ke luar kota. hahaha...

    susah emang, tapi yah dinikmatin aja :D

    BalasHapus
  7. lha aku penempatan di luar Jawa, pulang setahun dua kali, bapakku yo nyante wae.

    liat temen penempatan dianterin sampe Aceh, aku cuma dianterin ampe Soetta.

    kadang mikir, jangan-jangan aku dah dianggap anak laki ama bapakku -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha gak dipeduliin bapaknya ni ye :P

      Hapus
  8. aku cowok aja masih sering di-SMS sama ibuku mbak kalo ke mana-mana :D

    BalasHapus
  9. Biasanya kalau di beri kepercayaan dan tidak di kontrl lewat telepon anak-anak sering lupa waktu, namun hal ini lah yang jarang diperhatikan untuk kita para orang tua. Hal yang sederhana dapat merasa anak-anak menjadi selalu merasa ada yang memperhatikannya.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau banyakan ditelpon kayaknya kok gak percaya gitu :P

      Hapus
  10. Uwahhh petualang sejati nih una....kpn ya q ke mkasar? ???pengenn

    BalasHapus
  11. wew udah nyampe Makassar aja ckckck ...

    jadi sakjane arep diperhatiin opo ora na? :D

    BalasHapus
  12. itu dulu sih, waktu masih awal-awal kuliah, lg sibuk-sibuknya berorganisasi hehehe, tapi sekarang udah mau semester akhir, yang penting lapor sama orang tua, jd nggak dicariin lagi

    BalasHapus
  13. sama ... tapi kalo uda lewat dari jam 9 baru di telpn di suruh pulang

    BalasHapus
  14. kalo masalah giniansih,ibu saya banget mbak. ga ada orang tua yang khawatir ngelepas anaknya pergi. walaupun ntar lagi kuliah juga hehe

    BalasHapus
  15. Kalo mamaku malah lebay banget mbak, sampe aku udh punya suami juga kadang2 masih aja dipantau ...

    BalasHapus
  16. Karena anak saya laki2 semua, maka yang saya perhatikan ya anak perempuannya orang laen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak saya Pak, diperhatiin orang tuanya orang laen hahaha :P

      Hapus
  17. Bukankah berarti bunda percaya penuh Una mampu membawa diri non. Salam

    BalasHapus
  18. Hahah...
    Orang tua sebenarnya mikirin anaknya terus.
    Hanya saja mereka berusaha membatasi diri agar jangan sampai anaknya merasa terganggu.
    Kalau saya dulu sih orang tua saya gak masalah saya clubbing, as long as saya bilang.... jadi pulang pagi pun no problem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti orang tuaku pengertian ya mbak :D

      Hapus
  19. hihihi aku jg ga sk sih klo d telp2 trs, biasanya aku ngmg mau ksana ksini nya jd mrk ga khawatir :)

    BalasHapus
  20. ortumu dah percaya banget tih ma kamu, una..

    BalasHapus
  21. Hahahahahaha. Ngakak wae Na.. :)))

    BalasHapus
  22. Rotinya kayak roti boy tuh.

    Na, Mbokku jg gak prnh telp aku. Bhkn aku kost dimana jg gak tau. Mklumlah, anaknya bs di percaya sih. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rotiboy apaan -,-
      Bukannya karena anaknya mbokmu banyak mbak? :P

      Hapus
  23. emmm Na, itu paragraf pertama kyknya cerita ku ya? MUHAHAHAHAHAH

    BalasHapus
  24. itu tandanya berarti kamu udah dipercaya sama orangtua Un... ;))

    BalasHapus
  25. sip setuju sama Mba desy ..
    sekarang aku juga gtu Un .. ga pernah di tanyain udah makan apa belom, dan biasa nya kalo keluar rumah malem-malem suka di ga bolehin, sekarang silahkan2 aja
    yaaa hal itu terjadi waktu aku sudah menikah :(

    BalasHapus
  26. aku juga gitu sih, semacam uda biarin aja, uda gede gini. huehehe
    tapi kadang2 pengen diperhatiin juga, ditanya2 detil gitu :P

    BalasHapus
  27. Hahaha, berarti kamu sering pergi-pergi ya Na jadi ibunya udah biasa gitu, hahaha :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kayaknya harus banyak pergi2 lagi :D

      Hapus
  28. Tandane orang tua wis percaya karo kowe. . .
    Wis gede koq. ..

    BalasHapus
  29. aku dooong.
    Anak mami sejati.

    kalo pergi bukan buat urusan kuliah (main)....
    Jam 7 belum nyampe rumah tanpa kabar pasti di SMS.
    sampe jam 9 belum ngabarin pasti di telepon.
    Pulang jam 10 pasti di damprat trus diomel2in.

    BalasHapus
  30. Hihihihi...aku dulu ngerasain yang sejak kecil sampe udah mo nikah suka bolak balik ditanyain sama ortu. Tapi asik2 aja sih, gak pernah ngerasa terkekang ato yg gimana2, malah ngerasa klo ortu tuh perhatian banget :D

    BalasHapus
  31. saya mau menangis rasanya.. T-T

    BalasHapus
  32. Unaaa...udah lama gak kesini
    Jalan2 muluuuuu
    Kalo sering diperhatikan emang buat bete, tapi begitu gak diperhatikan juga bete hahaha
    Galau gak jelas

    BalasHapus
  33. kl mikirin, sih, kayaknya iya. Cuma tiap org tua biasanya py cara masing2 :D

    BalasHapus
  34. Parahan nasibku berartti yah... Kalo gak telpon duluan ya gak bakal di ttelpon... #huaaa

    BalasHapus
  35. Biasa mbak kalao ditanyain terus ngerasa di kekang, kalao dibiarin ngerasa g diperhatikan. yang pas sebenernya memang yang sedang-sedang saja :)

    BalasHapus
  36. kalau mamaku kerjaannya telp trus :)

    BalasHapus
  37. Pengalaman ngeluyur ama kamu itu gak bikin kawatir dicari emake Una.. pokoe you are the real lowo hahaha

    BalasHapus
  38. hahahaha...ortu emang beda2 sih ya Na, ibumu jg bukannya ga peduli pasti, cuma udh percaya dan terbiasa kamu sering pergi2 ajah. aku jg udh ngekost sejak SMU, mana pernah ditanya2in begituh qiqiqiqi

    betewe itu si putu cangkir nantangin bgt buat dicicipin..

    BalasHapus
  39. podo ro aku na.. bapak ibuku jg ga pernah nanya2, palg telp2. Yg penting pergi pamit, 'n jelas tujuannya. Sampai aku merantau ke jkt jg sndri kok. Dilepas gt aja
    Mungkin emang ga diperhatiin kali ya... hahahaa :P

    BalasHapus
  40. eeh mbak un, jane yen ndak di sms podo2 sibuk e kuwi :p

    lagian ndak akan ada yang nyulik :p

    BalasHapus
  41. sama seperti bapak itu,
    ibu saya aja kalo sehari ga ditelpon udah protes
    padahal saya masih sms beliau.

    kangen, katanya..

    #baladaanakrantau

    BalasHapus
  42. Tak kandani rene ndok. Kepergianmu mengurangi beban rumah. Eh omong2, bira nya cantik sekali...

    BalasHapus
  43. hai, saya dari makassar. salam kenal. Dapat blog ini dari blognya Dhe :)

    BalasHapus
  44. wahhhh gak pernah dicariin yah na? kaciannnn...hahaha...mungkin dianggapnya kamu mandiri bgt kali anaknya...jadi gak khawatir

    BalasHapus
  45. Mungkin ortu lo udah percaya kali, jadi gak usah repot repot nanyain. Pastilah semua ortu sebenarnya perhatian sama kita, hehe

    BalasHapus
  46. Untung Mama ku gk punya anak cewek, semuanya cowok Tante.

    Emmm coba kalau punya anak cewek pasti juga kayak gitu.

    Orang tua memang selalu gelisah ya.

    BalasHapus
  47. wajar sih klo anak cewek di sms atau di tlp2 terus pas lagi keluar. Soalnya takut hamil. Klo cowok kan gak kira. Biarpun diperkosa cewek juga kaga keberatan. Gak ada bekasnya

    BalasHapus
  48. Kalau di makasar ada putu cangkir, di singapur namanya putu piring :)

    BalasHapus
  49. Pingin cubit Una.
    Kenapa ke Makassar gak bilang2?
    Ih gemas mas mas .... :|

    Eh, Una cerita ini kebalikan dengan tulisan di blogku yang http://mugniarm.blogspot.com/2013/07/paggil-bapakmu-untuk-menemani-ke-sana.html

    Tentang ibu saya yang suka lupa kalo anaknya sudah tua hehehe

    BalasHapus
  50. Un, puasa2 gini ngeliat putu cangkir kok jadi laper ya :D (ya iyalah mba) haha

    BalasHapus
  51. un..un...segedhe itu bakal ilang kemana nduk??

    embokku tuh senjatane gini "nek pergi jauh2 klo duit habis ujung2e pulang kerumah" hahahahaa

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!