Ngongklok di Wonosobo

Aku mendengar kata mi ongklok pertama kali dari Mbak Ely lewat chat di messenger. Eh itu membaca ding ya. Waktu aku cerita aku lagi di Terminal Wonosobo hendak ke Dieng beberapa lalu, dia bilang, "nanti malam pasti makan mie ongklok ya?" Hah? Apaan tuh? Katanya sih makanan yang terkenal di situ. Oh... sakjane aku nggak gemar macam mi gitu, tapi pengen nyoba ah.

Faktanya, setelah dijemput temanku Mbak Idah di terminal untuk menuju ke Dieng sampai hari berikutnya di Telaga Warna aku nggak pernah tanya-tanya mi ongklok sama Mbak Idah. Sampai Mbak Idah nanya kita mau makan siang di mana pas hari kedua, trus dia kayak nawarin mi ongklok gitu. Mau mau mau. Penasaran kayak apaan sih... Turun dari Dieng nyari mi ongklok. Kata Jeng Idah yang paling enak di dekat kampusnya, nyebutnya sih mi ongklok Longkrang. Tapi buset dah, rame beud, masak mau makan aja antri segala. Wajar sih kalau mendengar ceritanya, enak banget, rame, lumrah to? Akhirnya ngongklok alias makan mi ongklok nggak begitu jauh dari sana.

Mi ongklok.
Mi ongklok ini mi khas Wonosobo, kuahnya kental karena ada kanjinya, diberi ebi, kubis, daun bawang, dan bawang goreng. Ongklok sendiri artinya keranjang bambu yang digunakan untuk merebus mi-nya. Pilihannya ongklok sate atau bakso, bisa makan pakai sate atau bakso. Etapi, ternyata warung yang kami datangi sudah mau tutup jadi wis entek kabeh. Akhirnya makan pake kerupuk kayak gendar aku nggak tau namanya apaan. Si Mbak Idah makan pake gorengan tempe. Temanku yang lain, Mbak Ribut sama Mbak Alaika manakutahu makannya plus pake apa. Minumnya sih aku teh botol... *penting amat dikasih tahu* 

Nek ngaranku rasanya biasa ae dan malah aku agak geli soalnya kuahnya kental banget. Aku belum pernah makan mi dengan kuah sekental itu, seingatku. Kata Mbak Idah sendiri rasanya nggak gitu enak, karena kurang gurih plus kurang kenthel. Aku nggak kebayang sekenthel opo maneh.

Isinya kubis thok. 
Itu kerupuk apaan sih yang di atas :p
Meski menurutku biasa, tapi kalo diajak lagi sama Mbak Idah ngongklok apa maneh ditraktir, wah mau banget deh tuh. Kalau ke Wonosobo, mi ongklok must-eat lah... should try...

89 komentar:

  1. Balasan
    1. Wah ada foto fotonya bikin laper aja nih Mba Una hiehiheiheiehiee. Ngomongin soal Wonosobo, saya jadi ingat ada salah satu kedai bakso di Pontianak namanya Kedai Bakso Cah Sobo.

      Saya sempat tanya apa maknanya nama "cah Sobo" dan dijawab "Bocah Wonosobo" iheiheiheihee. Macam macam baksonya termasuk bakso mercon. Sekali digigit muncrat isi cabe di dalamnya. Ealaa puedesssssssss

      Hapus
    2. Hihihi iya Wonosobo panggilannya Sobo :p
      Walah, medeni banget baksonya...

      Hapus
  2. Wkwkwk. . .
    Rasane koq ya bernostalgia gitu ya. :D

    Mungkin karena hampir tutup jadi isinya kebanyakan kubis. :D Ebinya juga gak kerasa. Untung saat itu kitah2 lagi kelaparan yaaaaaaaak. :P

    Beneran, kudu nyobain mie ongklok longkrang, Sitt. . ;)
    Tapi ada yang lebih enak lagi mie ongklok pak tugi. hanya ada di Banjarnegara. ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok aq nggak paham ceritane yow?

      mbahas maeman toh Un?

      trus maksude mbak ribut ribut mau piye?

      Hapus
    2. @Jeng Idah: Lha ya ini kan nostalgia.
      Aku malah nggak tau ada ebinya barang.
      Oke, ajak aku ke sana ya mbak :P

      @Rivai: Nggak dibaca og...

      Hapus
  3. aku maem mie ongklok pas nikahannya temenku di wonosobo. Lauknya tempe goreng. Rasanya enak menurutku, apa mungkin karna sedikit jadi terasa enak? Maklum kan di nikahan cuma dikasih sakcumlik-sakcumlik gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...
      Mungkin yang pas kumakan biasa aja karena dah mau tutup hihihi.

      Hapus
  4. aduh,, mb Una mah.. nggak ngajak-ngajak, padahal himi mau juga. aaaahh mb Una kasih ngiler aku aja,, :D hiwh :)) bagi mb !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha sini Him ke Jakarta :D

      Hapus
    2. iya doain aja mba,,
      kapan-kapaan insyaAllah :))

      Hapus
    3. Sip, secepatnya yak :P

      Hapus
  5. mantap kui un
    semangkok dah kenyang banget
    tau kalo una...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sori ya, buatku semangkok itu kelebihan banyak om.
      Aku kan makannya dikit.

      Hapus
    2. makannya emang dikit
      tapi nambahnya....

      Hapus
  6. aku yo doyan banget. neng warung cedhak pasar kertek ana sing enek kuwi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasar nangdi kuwi om?

      Hapus
    2. Owalah dudu wong wonosobo jeh :p

      Hapus
    3. kertek ki wetane wonosobo
      nek seko jogja kudune liwat atuh...

      Hapus
  7. perut gemerucuk Un pas lihat potone. opo maneh ditambah sate. nyamnyam...

    BalasHapus
  8. nang ndalan gejayan lor jembuatan merah saiki ya ana mie ongklok tempe kemul un

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ra... aku ngertinemu nang Gejayan cuma Toko Merah T.T

      Hapus
    2. ngutil pulpen..

      haha...

      Hapus
  9. kuah ne ki emang ireng ko ngono to un...opo mergo di kei kecap ...?

    aku belum pernah nyoba, kalo denger cerita nya sih sering....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em cokelat ireng gitu, auk kenapa :D

      Hapus
  10. koyone enak yo mbak, tapi sayange wes kebacut adohhh.. moga2 aja bisa ngerasain :)

    BalasHapus
  11. nyuaammm... wuenak nampaknya :9

    kayaknya yg di atas itu kerupuk gandum deh na namanya klo di sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm bisa jadi itu dari gandum, lali aku :D

      Hapus
  12. tp fotonya bikin penasaran,, pengen cobaakk..

    BalasHapus
  13. harus saya makan.
    itu ngoklok.
    kalau ketemu.

    BalasHapus
  14. aku belum pernah nyoba ... tp kayaknya enak ya ...

    BalasHapus
  15. oh biasa aja ya na.. padahal kalo diliat sih keliatannya enak ya.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok dari keliatannya menurutku gak enak ya hahaha

      Hapus
  16. Pernah nyoba..emang agak geli
    Temanku mlh gilo hahaha
    Kalo sama sate tambah maknyus lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho kirain geli sama gilo tuh sama lho

      Hapus
  17. kuah kental dan ada ebinya, emang ebi apa'an sih un? hahaha sory wong ndeso ra eroh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih gitu aja gak tau. Aku juga abis nanya nih, ebi tuh udang kecil yang kering.

      Hapus
  18. aku juga mau ikutan ach kalau ditraktir....smile :)

    BalasHapus
  19. Kuahnya kaya kuah kacang haha :D

    BalasHapus
  20. ehm, mungkin kalo tepung kanjinya diganti santen buat ngentelin lebih enak kali ya Mi ongloknya ka UN ..

    BalasHapus
  21. Wah kalo terlalu kental gitu mbayanginnya aja aku udah gilo hihihi kalo nyoba sih mau tp 1 atau 2 sendok sajah demi ngilangin rasa penasaran aja kali yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada kata gilo segala tho mbak di Banjar :p

      Hapus
  22. Aku jg sempet nyicipin pas pulang dr Dieng Na. ya emang biasa aja sih, tapi kalo diajakin mau jg dunk hihihihi

    BalasHapus
  23. kalo drai kuahnya kek gulei gitu yak, kentel2.
    wes aku jadi laperrrrrr.....;p

    BalasHapus
  24. ojo nesu nesu yo ..
    xixixi baca2 komen nya bhasa ya ga ngerti :D *komen ngaco

    BalasHapus
  25. cetharrrr...aku br mau minta copy foto-2 yg pas makan mie ongklok, teyus pas di museum, trs pas di cand itu kan aku moto2 uakihhhh. Minta dunk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moh, kamu kirim fotoku dulu baru tak kirimi :p

      Hapus
  26. Udah sampe Wonosobo kok ra mampir omahku tooo Na....aku kan pengin ngucel2 rambutmu !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha ya kapan-kapan tak mampir :D

      Hapus
  27. Ini sih kayak Mie tek tek nya jakarta bukan? wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah gak tau je mi tek tek kayak apa :p

      Hapus
  28. bikin ngiler itu mie, mie mie apah makan gubis yoo, hahahah :D

    eeh yang jelas leg makan ratu alias ora tumbas i paling enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu makan kubis pake mi...
      Jiah, yang gratisan memang lebih enak :p

      Hapus
  29. aku pecinta segala macam mie un...*ga nanya.... tapi belom pernah makan mie ongklok, di Bekasi ada gak ya....

    BalasHapus
  30. wahh kemaren aku nyaris nyampe di mie ongklok lohh na...tapi gak ada waktu lagi buat muter2 cari tempat jualannya....sayang juga gak nyobain....klo harus kesana lagi sihh boleh mampir ahh kapan2

    BalasHapus
  31. kalo pake kanji gitu kenyal2 kyk lem gak? :D

    BalasHapus
  32. kok kayak mi di HK sini...

    BalasHapus
  33. Wah kok tumben mie ongklok ngga dikasih bonus sate mbak?
    Makanan kesukaan saya itu.

    Salam Ilmu Kimia

    BalasHapus
  34. kayaknya aku familiar dengan bacakground warungnya.. hehe
    dulu juga pertama kali nyoba di situ

    enak kok, apalagi kalo gratiss

    btw, jd berangkat?

    BalasHapus
  35. Hihihi, salah satu makanan favorit saya kalo lagi pulang kampung ke Wonosobo.. Btw, selamat, sudah menjejakkan kaki di Wonosobo.. :) How's your trip? :D

    BalasHapus
  36. wiiih jadi lapeer liat makannannya :) hehe

    BalasHapus
  37. Aku iriiii.. aku gak jadi ke dieng minggu lalu :(

    BalasHapus
  38. Bikin perut ku bergoyag saja lihat foto di atas :D

    BalasHapus
  39. Ininiiiiiiii..... Kuliner Lawan dari Soto Banjar demenan ane.... Rekomen banget dehh

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!