Yang Enak Dulu Apa Yang Nggak Enak Dulu?

Saat masih kecil, sepertinya masalah terbesarku adalah saat bingung hendak memakaikan baju yang mana ke boneka Barbie yang sedang dimainkan.

Saat sudah beranjak dewasa, masalah makin banyak (misalnya, masalah berat badan yang tak kunjung turun atau bagaimana caranya supaya kucing peliharaan eek pada tempatnya) ditambah masalah kecil yang dibesar-besarkan, bahkan sampai ditulis di blog. Salah satu masalah kecilnya ini: kalau makan, bagian yang enak dulu apa yang nggak enak dulu yang dimakan?

Flashback sedikit. Dulu waktu aku masih kecil, mama suka mengajakku makan di Texas Fried Chicken, Plaza Indonesia. Dulu mal belum banyak ya, dan Plaza Indonesia kalau tidak salah setahun lebih tua dari pada aku. Kalau ke Texas, senang sekali deh rasanya makan nasi panas dan ayam goreng pakai saos tomat. Bagian ayam goreng, aku paling suka kulit ayamnya. Suka banget. Bahkan sempat berpikir kenapa nggak warung ayam goreng itu jualan paket nasi dan kulit ayamnya aja plz.


Karena aku jauh lebih suka kulit ayamnya ketimbang dagingnya, biasanya aku makan dagingnya dulu baru kulit ayamnya. Nggak cuma dalam perayamgorengan ini tapi prinsipku dulu saat masih kecil ya makan nggak enaknya dulu, yang enak dimakan di belakang. Yah, save the best for the last gitu deh.

Tapi semenjak dewasa aku berubah prinsip. Makan bagian enaknya dulu baru nggak enaknya.

Satu perubahan yang berasa seiring bertambahnya umur adalah perutku nggak mampu menampung makanan sebanyak sebelumnya. (Boong! Minggu lalu ke Bandung pas sarapan di hotel dicobain semua woy!) Jadi sekarang, kalau misalnya aku makan nasi dan ayam goreng yang kulitnya enak, akan kumakan bagian kulitnya dulu.

Kalau aku makan dagingnya dulu, yang ada aku kekenyangan di awal. Meski kulit ayamnya masih ada di piring, aku sudah nggak nafsu dan nggak akan seenak kalau aku makan pas belum kenyang. Makanya aku sekarang makan kulit ayamnya dulu. Sama halnya kalau menerima boks snack, akan kumakan snek yang enak (atau setidaknya terlihat) dulu.

Ya, begitulah.
Ribet ya gue, gini aja dimasalahin.
Nah kalau kamu, makan bagian enaknya dulu apa nggak enaknya?

♥♥♥
Instagram: @u__n__a__
Twitter: @u__n__a__
E-mail: me@sittirasuna.com
LINE@: @jqr0626c

37 comments:

  1. kalau adik sih, makan dua duanya mbak, jadi enak . sebenarnya kalau sudah ketemu yang enak, yang nggak enak jadi enak mbak :p

    ReplyDelete
  2. naaah..kaau aku suka ninggalin yang paling enak buat gong terakhir..tapi gigit sedikit di awal biar rasanya stay hehehe..aah jadi lapeer..

    ReplyDelete
  3. Liatnya aja udah bikin perut keroncongan................

    ReplyDelete
  4. Hahaha. kulit ayamnya dijual terpisah aja, na. Biar hemat. :P

    ReplyDelete
  5. hahaha kalo gua selalu save the best for last. kulit ayam selalu yang terakhir dimakan.

    kalo gua perhatiin si andrew kayak lu. makan yang dia suka dulu, baru sisanya. kayak kulit ayam dia pasti makan dulu. sama kayak kalo makan sushi, dia makan semua salmonnya dulu baru nasinya belakangan.

    nah merhatiin si emma, dia juga kalo makan selalu dagingnya dulu, nasinya belakangan. tapi kalo yang ini sebenernya prinsip dia juga save the best for last karena dia lebih suka nasinya daripada daging nya. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kapan-kapan kita makan ayam goreng bareng yuk Mas. Tak colong nanti kulit ayamnya yang disimpen, hahaha

      Kirain kalau makan sushi makannya kan bareng seikannya senasinya XD

      Delete
  6. Aku selalu makan ayam bagian luarnya dulu, Un haha. Klo makan ikan makan dagingnya dulu, baru bersihin tulang2nya sampe bersih kayak ayam jg.

    Klo makan bakso, baksonya belakangan. Ya gitu deh.. hahaha

    ribet bgt sih un hidup kamu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti dari kulit yaaa... berarti minum kuahnya dulu dong?
      Setidaknya aku gak ribet kalau ke Stasiun Tebet gak pake ribet galau :p

      Delete
  7. Hahahaaa... una sprti kaka tazkia anakku yg sulung, kalo mkn dagingnya dulu baru kulit ayamnya. Yg enak belakangan :)))

    ReplyDelete
  8. Aku inget banget pas kakaku makan bakso, yang enak dieman-eman buat makan nanti. Karena suatu hadia harus ninggalin makanan itu cepet2 jadi ya akhirnya yang enak ga kemakan huahahaha

    ReplyDelete
  9. kalo aku di mixs daging ama kulit, jadi kemakan semua. hahaha...emak" rakus

    ReplyDelete
  10. Ini emang masalah pelik Mba Una. haha. Aku dulu juga suka nyimpen bakso tergede buat dimakan belakangan, sampe akhirnya kesel karna dicomot temenku. Jadi akhirnya aku ga konsisten, sesuai mood aja yg mana yg diduluin, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bikin kesel sih temenmu -____-
      Ini lebih pelik ketimbang soal perpajakan di Indonesia

      Delete
  11. Yang nggak enak dulu, Na. Filosofine kayak menjalani hidup, ben happy ending. Nah lo, tambah ribet kan? Hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata kamu lebih ribet dari aku.
      Kan bisa beli makanan enak lagi jadi happy selalu :p

      Delete
  12. aku biasanya sih yang nggak enak dulu, biar ntar ketutup rasanya sama yang enak.

    ReplyDelete
  13. Icip2 kulitnya trus dagingnya. Selang seli dehh biar adil...XD

    ReplyDelete
  14. Makan enakny dulu. Yang nggak enak kasihkan orang yang mau. Eh, pada kenyataannya suka kemakan semua sih. Enak dan nggak enak dimakan semua. Hehe dasar doyan.

    ReplyDelete
  15. Kalo aku, save the best for C. Yang enak aku sisihin buat dia. Maklum biasanya kami sepiring berdua. Nyuapin sambil sekalian aku makan gitu ceritanya. Kalo C nya udah kenyang khan pasti sisa, tuh. Ya sisanya itu aku habisin sekalian. Masih kumanan lah bagian enaknya. Hahahahahahah...,,

    ReplyDelete
  16. Kulitnya dulu. Karena aku ga suka dagingya.

    ReplyDelete
  17. si una bikin ngiler, aku juga kulitnya dulu kalo pakai tepung, tapi kalo non tepung langsung aja hajar semuanya

    ReplyDelete
  18. Dulu pas kecil, makan ati ayam itu rasanya istimewa banget... pinginnya sih dimakan belakangan biar rasa enakknya itu awet eh tiba-tiba ada tanteku lewat sambil nyomot ati ayam itu gegara dipikir akunya ga suka sama ati ayam hiks... gagal makan enak..

    ReplyDelete
  19. Kalau anak-anakku mamamnya pasti yg gak enaknya dulu. Wkwkwk... sayur dulu, nasi, baru lauk. Dan kalau lauknya cocok, alamat bakal lama mamamnya. Dinikmati, kata mereka :D

    ReplyDelete
  20. Makan kulitnya duluuu. Tapi enaknya aku adalah si abang gak suka kulit ayam. Jadi aku dapat double! Hahahaha

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!