Swiss – Belhotel Cirebon dengan 2 Keraton di Sekitarnya

Advertorial

Swiss-Belhotel Cirebon
Sumber: swiss-belhotel.com
Swiss – Belhotel Cirebon merupakan salah satu hotel berbintang 4 di bilangan kota Cirebon. Hotel yang berlokasi di Jalan Cipto Mangunkusumo No 26, Cirebon, ini memiliki akses mudah ke beberapa destinasi bersejarah di Pulau Jawa, yang tentunya dapat menambah wawasan Anda tentang sejarah perkembangan pulau Jawa.

Sumber: disejarah-perkembangan.blogspot.co.id
Membicarakan sejarah pulau Jawa pasti tidak akan terlewatkan pembahasan bagaimana adat istiadat orang – orang Jawa. Salah satunya adalah sejarah mereka dengan berbagai macam kerajaan yang memiliki adat istiadat berciri khaskan masing – masing daerah, termasuk Kota Cirebon.

Kota ini memiliki dua tempat yang mempunyai sejarah atas perkembangan adat istiadatnya yaitu Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman. Bangunan yang merupakan barang bukti atas segala perkembangan kehidupan sosial bermasyarakat di Pulau Jawa pada masa lampau dan untungnya posisinya berdekatan dengan Swiss – Belhotel Cirebon.

Sebelum kita membahas tentang Swiss Belhotel Cirebon, mari kita bahas terlebih dahulu destinasi bersejarah yang berada di sekitarnya. Mungkin ini bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memilih destinasi liburan selanjutnya. Mari kita lihat pembahasan singkat tentang dua destinasi tersebut!

1. Keraton Kasepuhan

Bangunan ini konon didirikan pada tahun 1529 M oleh satu penguasa di zaman itu yaitu Pangeran M. Zainul Arifin. Yang dulunya bernama Keraton Pangkuwati yang berasal dari nama tokoh kala itu yaitu Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuwana. Keraton ini merupakan pusat pemerintahan islam di Cirebon berdiri.

Berlokasi di Jalan Jagastru, Cirebon, Keraton Kasepuhan sekarang terkenal dengan keraton termegah dan terawat di Cirebon dengan berbagai macam sejarahnya. Memiliki museum yang berisi bukti – bukti peninggalan bersejarah diantaranya benda pusaka dan lukisan – lukisan.

Sumber: Kompasiana - Hendra Wardhana
2. Keraton Kanoman

Ini merupakan keraton kedua tempat pusat pemerintahan kesultanan Cirebon berdiri. Dibangun sejak tahun 1678 M, keraton ini dibangun pada masa pemerintahan Pangeran Mohammad Badridin.

Memiliki luas enam hektar, komplek Keraton Kanoman memiliki berbagai macam bangunan kuno yang bersejarah, salah satunya saung bangsal witana yang merupakan cikal bakal pendirian keraton ini. Lalu di luas yang hampir sebesar 5 kali lapangan sepak bola ini, juga memiliki barang – barang bersejarah salah satunya seperti kereta yang bernama Paksi Naga Liman dan Jempana yang masih terawat baik.

Dan masih banyak hal lainnya yang menarik di Keraton Kanoman. Jadi patut untuk Anda masukkan ke dalam list kunjungan Anda.

Sumber: initempatwisata.com
Itulah pembahasan singkat tentang 2 keraton yang posisinya berdekatan dengan Swiss – Belhotel Cirebon. Setelah mari kita ulik tentang hotel berbintang 4 ini.

Selain memiliki akses mudah ke Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, Swiss – Belhotel Cirebon juga memiliki posisi strategis untuk ke bandara yaitu Bandara Cakrabuwana. Dengan berjarak 4,3 km dari hotel, Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar kurang lebih 15 menit setelah Anda mendarat di Kota Cirebon.

Sumber: tripadvisor
Hotel yang memiliki 182 kamar ini membagikan pengklasifikasian kamarnya dengan beberapa tipe seperti superior deluxe room, business suite, dan deluxe twin bed. Yang tentunya pembagian tipe kamar ini menyesuaikan dengan kebutuhan pengunjungnya. Mari kita lihat beberapa foto – foto kamar yang berada di Swiss – Belhotel Cirebon.


Sumber: Traveloka
Terdiri dari sembilan lantai, hotel ini memiliki banyak fasilitas yang tentunya akan memanjakan Anda sebagai pengunjungnya. Salah satunya adalah ruang pertemuannya. Swiss – Belhotel memiliki ruangan serbaguna yang luas, cukup untuk menampung sekitar 200 – 300 orang. Tentunya ini dapat memenuhi kebutuhan acara Anda.

Sumber: Traveloka
Untuk fasilitas restonya, Swiss – Belhotel Cirebon memiliki restoran yang menyajikan menu khas ala hotel. Selain itu, juga memiliki kafe yang tentunya dapat digunakan untuk mencari varian makanan dan bersantai.

Sumber: Traveloka
Fasilitas pendukung lainnya pun turut melengkapi pelayanan Swiss – Belhotel Cirebon. Diantara lain seperti kolam renang outdoor, wi-fi di seluruh area dan layanan pijat. Yang tentunya ini akan semakin memanjakan pengunjungnya setelah puas berkeliling di Kota Cirebon termasuk dua destinasi keraton tadi.

Itulah ulasan singkat tentang Swiss – Belhotel Cirebon yang dapat kami sampaikan. Kesimpulannya, hotel ini direkomendasikan untuk semua kalangan dan menjawab akan berbagai kebutuhan seperti liburan keluarga maupun kebutuhan kerja ataupun bisnis. So, hotel ini dapat menjadi opsi menginap Anda.

11 comments:

  1. udah lama mau ke Cirebon, belum kesampean nih Una

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cirebon deket Mbaaa... cusss ke sana, hahaha

      Delete
  2. Jadi pengen jalan-jalan ke keraton Cirebon~ :D

    ReplyDelete
  3. Hotelnya oke ya Na, hehehe.

    Eh, baru tahu kita bisa "mendarat" di Cirebon :P .

    ReplyDelete
  4. Jadi pengin ke cirebon. deket padahal tapi belum pernah ke sana :D

    ReplyDelete
  5. hotelnya nyaman bangetttttt. nginep situ yukkkkk #lho malah ngajak Una

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!