Makan Enak vs. Kebebasan

Cerita tentang kucingku lagi.

Aku punya kucing namanya Foxy, kucing jantan yang diberi nama Foxy karena menurut yang memberi nama mukanya kayak rubah. Foxy mempunyai ibu yang bernama Cecil dan ayah bernama Moza. Saat periode ASI eksklusifnya belum selesai, ia sudah diadopsi dan dibawa ke rumahku. Bulan November nanti, ia akan merayakan ulang tahunnya yang ke empat.

Beda dengan Adele atau anak-anaknya, Foxy ini sangat adventurous. Ia nggak betah yang namanya santai-santai males-malesan di rumah. Sukanya jalan-jalan keluar, hangout sama kucing lain. Perginya sampai gang lain dan gedung bank dekat rumah. Selain itu, seringnya ia tidur di bawah mobil tetangga dan pulang kalau lapar saja. Lapar makan dan lapar nindihin Adele.

Foxy lagi ngajak duel sama kucing jalanan. 

Saking seringnya muter-muter lingkungan rumah, Foxy ini terkenal banget. Segang rumahku nih ya, yang kenal Foxy sama yang kenal aku kayaknya banyakan yang kenal Foxy. Tetangga-tetangga kalau lihat Foxy jalan pasti pada nyapa, "Foxy... Foxy!" Foxy pun juga ramah lho. Suka mampir rumah depan trus kalau bapaknya keluar pasti Foxy ngeong-ngeong kayak ngajak ngomong. Tapi sudah dipastikan bapaknya nggak paham maksudnya Foxy.

Ada juga orang sekitar rumah (yang aku nggak tahu di mana persis rumahnya) melaporkan katanya waktu lebaran si Foxy sempat mampir rumah. Wah, tahu silaturahmi juga dia. Kalah deh aku yang pas lebaran sama sekali nggak ke rumah tetangga.
Masalahnya, karena dia sering keluar-keluar, dia yang dulunya bulunya bersih cakep gendut memesona sekarang dekil, bulunya tipis, dan ini kemarin kepalanya kena oli item-item. Yang berantem lah, yang dapet laporan dia makan tikus (kayaknya dia cuma praktik biologi dibedah-bedah tikusnya) lah. Sampai pernah nggak tahu dipukul nggak tahu berantem sama kucing jalanan, rahangnya sampai rusak nggak bisa mingkem berbulan-bulan.

Bukan apa-apa.

Ongkos opnamenya lebih mahal daripada manusia!

Foxy di garasi tetangga sambil pasang muka: HAHAHA kamu nggak bisa ambil aku di sini!

Anyway... tiba-tiba denger ada yang mau ngambil Foxy dong. Langsung deh dikurung di rumah. Kita semua waspada, semua jendela jangan sampai ada yang kebuka, jangan sampai Foxy bisa kabur. Kalau buka pintu harus hati-hati, lihat deketnya, apakah ada si Foxy udah nungguin pintu kebuka dan siap-siap keluar. Sampai akhirnya dua malam berturut-turut dia sama sekali nggak keluar rumah.

Tapi ya itu jadinya berisiknya minta ampun. Nggak siang, nggak tengah malem, Foxy teriak-teriak minta dibukain pintu. Minta keluar. Sampai paginya, eh dia kabur aja gitu, entah siapa yang ngebuka pintu nggak hati-hati.

Foxy yang berhasil kabur dari jendela.

Tapi pun dia kaburnya nggak jauh-jauh, cuma tiduran santai di bawah mobil tetangga.

Aku berusaha dong gimana cara Foxy keluar dari bawah mobil lalu kugendong bawa pulang.

Kalau baru aja keluar gitu, Foxy tuh nggak bisa dipanggil sama sekali. Seperti seneng banget bisa bebas dari rumah, nggak mau diganggu sama orang. Ya sudah, aku buka makanan kucing aja yang basah, aku taruh mangkok. Tahu kaaan, kucing kalau dikasih makan enak nggak bisa nolak. Dikasih makanan kering aja, tetep teriak-teriak minta yang basah, yang enak.

Aku taruh lah mangkoknya di dekat mobil. Awalnya Foxy bangun dan jalan menuju mangkok. Namun tiba-tiba ada motor lewat, konsentrasiku buyar (apaan!) dan Foxy juga kaget dan balik lagi ke bawah mobil.

Kuketok-ketok mangkoknya di aspal, supaya manggil Foxy gitu. Ehhhhh dia kayak ngelengos nggak tertarik trus merem berasa kayak lagi menikmati hidup, tiduran santai. Aku berusaha tanganku yang memegang mangkok agak masuk bawah mobil mendekat ke arah Foxy tapi dia nggak tertarik sama sekali! Kayaknya dia dalem ati ngomong: emangnya gue bodo bisa diumpanin makan enak buat dibawa pulang. Huft!

Memang ya...

Meski kucing sukanya ngeliatin orang makan dan ngga bisa lihat makanan enak...
Ada juga kucing yang ogah makan enak demi kebebasannya...
Sama juga kayak manusia...
Ada yang milih 'kabur bebas nggak punya apa-apa' daripada terkekang meski hidupnya kayaknya bercukupan... punya duit bisa makan enak tapi nggak bebasss...

Ah, nulis apaan sih gue.

26 comments:

  1. kebebasan emang nggak bisa ditukar sama duit ato makanan. tapi kalo lagi butuh banget, ya mau juga mengorbankan kebebasan. kaya foxy yang ujung2nya pulang juga kalo laper :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terpaksa banget, baru menyerah sama kebebasan ya, hahaha...

      Delete
  2. Kayaknya Foxy kayak tuannya, sukanya mbolang:))

    ReplyDelete
  3. Lucu ih kucingnya, tp kucing punya mertuaku lbh doyan makan dari pada kabur ke mana2

    ReplyDelete
  4. Apa mungkin si Foxy cemburu sama kucing lain yang ada di rumah, selain ingin bebas, dia kayaknya enggan punya saingan mungkin? Saya sempat dicakar parah sama kucing yg cemburu. Jiwa mudanya juga susah dirayu yaa hahaha *udah kayak ngebahas cowok aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tapi memang kucing sama aja ama manusia sih, sifatnya beda-beda lucu lucu XD

      Delete
  5. Foxy foxy..

    eh Una, Senin ke Salemba gak siang2??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga tuh Mbaa, nggak pernah main Salemba. Hayooo lihat siapa...

      Delete
    2. he he mirip una berarti ya,,,,,

      Delete
  6. Hummm kucing ras apapun ya ternyata suka jalan2 juga dan berantem dan asli cueknya itu nyebelin ya, kita sudah gaya seribu dan dia tetap diam alhasil jadinya melongo dong un hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kucing emang secara naturalnya songong!

      Delete
  7. Hummm kucing ras apapun ya ternyata suka jalan2 juga dan berantem dan asli cueknya itu nyebelin ya, kita sudah gaya seribu dan dia tetap diam alhasil jadinya melongo dong un hahaha

    ReplyDelete
  8. itu duelnya mesti diceritain lengkap deh
    pasti menang satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga jadi berantem sih, hahaha soalnya yang kampung lari...
      Lari bukan takut... lari males berantem

      Delete
  9. Foxy sama The Kambings akur-akur aja kan?

    ReplyDelete
  10. Foxy tuh kucing jenis apa? Bulunya cakep!
    Setuju ama mahal biaya dokternya.
    Kmaren kucing temen dioperasi kena 3jt-an.
    Kenceng biayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persia mix Mainecoon Mbak.
      Waks! Operasi apa? Mahalnyaaa..

      Delete
    2. Operasi angkat rahim.
      Apes dia ditidurin entah ama sapa.
      Skrg ga bisa punya anak lagi. OTL

      Delete
    3. Aneh-aneh aja penyakitnya!

      Delete
  11. Kucing milik tetangga di kasih tali panjaaaang terus di taruh di teras kalau siang. Biar ga kluyuran lagi katanya. Awalnya berisik tapi lama2 terbiasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama-lama terbiasa berisiknya? Hahaha...

      Delete
  12. kata si Foxy tega banget si Una aku gak diberi kebebasan :)

    ReplyDelete
  13. opnamex foxy hbs brp tuh, ad asuransix g hehe

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!