Ada Apa Di Korean Cultural Center (한국문화원)?

Well, aku bukan penggemar K-Drama atau K-Pop. Ya tahu lah kalau cuma SNSD, Wonder Girls, Big Bang, tapi itu pun aku nggak tahu-tahu orang-orangnya dan lagunya. Nonton K-Drama juga sesekali doang. Akhir-akhir ini nonton dua film Korea di bioskop, The Flu dan The Thieves, itu pun tiket gratisan. Tapi anyway, aku hampir tiga bulan les Bahasa Korea di Korean Cultural Center.

Ngapain gitu ya... karena sebenarnya aku lebih tertarik sama Bahasa Jepang. Waktu itu, aku belum nemu tempat kursus Jepang dan malah nemu informasi registrasi kursus Bahasa Korea di KCC yang harganya terjangkau sekali ini. Cuma 720 ribu per level (± 3 bulan), 16 jam belajar per bulan. Ya udah aku daftar aja, toh aku suka belajar bahasa ini dan nggak akan ada rugi karena belajar, hihihi.

Tulisan di resepsionis depan dan kelasku!!!
Hari pertama kursus bukan pertama kali aku ke KCC karena sebelumnya aku pernah ikut nonton film maraton di sana waktu bulan puasa dan pernah ke sana mau liat pameran, eh tutup karena lagi ada pemilu Korea! Waktu ambil buku pelajarannya... gilak, semuanya asing buatku. Nggak ngerti sama sekali. Dan waktu masuk kelasnya... yah, kayaknya semuanya penggemar Korea-Koreaan. Aku nggak paham mamaaaa!!! Sudah banyak dari teman sekelasku yang bisa nulis plus baca hangul (huruf Korea).

Gurunya bernama Lee Jeoun Soon yang sudah tinggal di Indonesia lebih dari empat tahun karena ikut suaminya yang menjadi profesor tamu jurusan Sastra Korea di Universitas Indonesia. Sonsaengnim (guru) ini bisa berbahasa Indonesia dan kalau mengajar baik dan sabar banget. Orangnya ekspresif, suka cerita tentang keluarganya dan tentang Korea, aku sukaaa. Dan Lee-Sonsaengnim baik paraaah. Aku pernah nggak masuk sekali dan aku nggak ijin gitu. Eh dia nyapa aku duluan di Katolk (Kakao Talk) buat nanya e-mailku untuk dikirimi hand-out hari itu yang aku nggak masuk. Aku mau nangis kk, karena terharuuu...

Ada ruang untuk santai-santai dan browsing~

Di kelas, aku bertemu dengan teman-teman baru juga. Ada Angel, si tukang makan level dewi, Kumala, si anak SMA yang bikin gue merasa tua karena umurnya jauh wkwk, ada Mire si fans berat JYJ (bener kan ya? Wkwkwk.), ada Sarah yang pinter parah, Eli yang kocak banget, ada Mbak Hani, Mbak Vivi, hihihi banyak deh maap kalau nggak kesebut, atau malah maap kalau kesebut!

Trus di KCC selain ada kursus bahasa (Sejong Hakdang/세종학당)???

KCC sering banget mengadakan event-event, misalnya saja pameran lukisan, nonton bareng, Hanbok Experience, dan macem-macem. Sering juga kalau ada info pertunjukan Korea keren, infonya dapet dari KCC. Misalnya nih kayak belum lama ini di Jakarta ada Taekwondo Absolute Legend, pertunjukan yang menggabungkan taekwondo dan tari modern dan lagi world tour, itu juga KCC yang kasih info.

Selain itu ada beberapa komputer yang bisa kita gunakan untuk akses internet. Ada juga library, kita bisa lihat-lihat buku dan katanya ada film. Aku sendiri belum pernah masuk ke sana... hehehe. Lalu, ada ruang-ruang kelas, ada yang namanya Sejong Room, Jung Eum Room, Ha Gi Room, lainnya gue lupa. Nggak cuma di tempat KCC-nya aja nih ya, via media sosial pun seperti Facebook dan Twitter, KCC suka bagi-bagi hadiah lewat kuis-kuisnya. Asik banget kan. Mulai dari kamus Bahasa Korea, foto seleb beserta tanda tangannya, Set CD K-Pop, dan suvenir-suvenir lainnya.


Pas ada pameran lukisan dan bagus-bagus semua lukisannya!
Lukisan yang kiri judulnya Indonesia kalau ga salah. Ada nanas, manggis, dll dll. 
Dua lukisan di atas warnanya manisss banget~


Malah jadi pasang foto-foto lukisan, hihihi. Tapi anyway, aku agak sedih soalnya kelasku tinggal satu sesi lagi... Bakal rindu sama sonsaengnim dan kalau naik level belum tentu ketemu temen yang sama lagi. Tapi seneng juga sih, dari yang nggak bisa sama sekali baca hangul sekarang udah bisa meski nggak lancar-lancar banget. Hihihi... daaannn, buat temen-temen yang mau tau info terbaru di KCC, akses link di bawah ini yaaa!

Korean Cultural Center Indonesia
Website: http://id.korean-culture.org/welcome.do
Facebook: https://www.facebook.com/KCCIndonesia
Twitter: https://twitter.com/KCC_Indonesia

Gedung Equity Tower lantai 17, Jalan Jendral Sudirman,
Sudirman Central Business District, Lot 9, Jakarta, 12190
Tel: 021-2903-5650 (hunting)
Fax: 021-2903-5649

20 comments:

  1. wah,tempatnya keren bener na....seru banget,wah kyknya hbs ini ke korea ^^

    ReplyDelete
  2. Pokoknya Saranghyeo lah mbak ckckkc

    ReplyDelete
  3. wah, bagus banget tempatnya, nyaman, pasti enak belajarnya :)

    ReplyDelete
  4. Aku suka K-Drama tapi gak suka K-Pop hehehe...
    Wah, sekarang Una bisa nonton K-Drama tanpa translater ya?
    Ajarin dong :D

    ReplyDelete
  5. Kelasnya keren banget Na. Pengen ikutan jadinya. Salam buat gurunya yang baik banget itu ya Naa...

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!