Evergreen

Ambil dari: http://kursus-jepang-evergreen.com/
Sudah hampir dua bulan ini, aku les Bahasa Jepang di Evergreen Japanese Course, Jalan Kartini II, Pasar Baru. Aku dapat info mengenai tempat kursus Evergreen justru dari seorang teman yang tinggal di Makassar. Aku punya kamus terbitan Evergreen tapi nggak pernah cari tahu kalau ada tempat kursusnya. Pas cari-cari, wah ternyata murce, cuma 550 ribu per dua bulan!

Waktu telepon ke tempat kursusnya, yang menjawab bapak-bapak dengan suara berat kayak agak malas jawab gitu. *suuzon* Tanya-tanya mengenai kursusnya dan apakah ada placement test. Besoknya aku datang ke sana untuk placement test. Ternyata bapak penjawab teleponku orangnya kocak parah, beda kesan kalau pas di telepon. Belakangan kuketahui namanya Pak Uus.

Aku membaca-baca bukunya sebentar. 'Ah kayaknya gampang, bisa loncat nih dasar dua.' Aku belajar Bahasa Jepang udah lima tahun lalu sih, tapi yaaa dikit-dikit ngerti lah. Pas kertas diberikan... *glek* apaan nih, wkwkwk! Yang aku paham cuma section terakhir disuruh menterjemahkan ke dalam Bahasa Jepang. Meski ada verb yang aku nggak ingat, tapi lumayan (merasa) bisa mengisi section honyaku (terjemah). Ada section mengisi partikel, dan itu susah.

Pak Uus dan Deban-chan, salah satu calon murid yang baru akan mulai kursus Desember mendatang. *udah kenalan duluan wkwkwk*
Ke atas lagi, section lawan kata. Rrr, aku nggak tahu arti yawarakai apaan! Ke atas lagi section mengisi bentuk kata kerja, yah lumayan. Pak Uus yang melihat aku mengisi tes dari bawah bertanya kepadaku, kenapa? Aku jawab, aku nggak ngerti kalimat perintahnya Pak, fufufu. Trus dibocorin sama dia, section pertama adalah disuruh menjawab bentuk kamusnya. Ooooo~ 

Selesai mengerjakan. Kuberikan kertas tes kepada Pak Uus dan ia meminta siang hari berikutnya telepon ke Evergreen untuk mengetahui nilainya. Untuk loncat butuh nilai 60 dalam tes. Dan ternyata nilaiku... 43! Oke, mulai dari Dasar 1. Tapi senangnya aku dimasukkan ke kelas yang sudah berjalan tiga bulan dan sebulannya lagi ujian kenaikan (shinkyuu).

Dan sekarang aku sudah di kelas Dasar 2~

'Lobi' Evergreen. Ada lemari buku-buku Jepang yang tampak sudah tua. Sering ditempel di luarnya info-info mengenai sekolah Jepang, pameran, atau event-event budaya Jepang. Boleh pinjam komik baca di tempat. Kemarin aku pinjem komik dan nggak paham sama sekali. Gak lama, aku ketawa sendiri karena salah satu kotak di komik (Rising Impact) bahas 'oppai' yang artinya payudara. Itu doang kayaknya yang aku paham T.T
Sekarang biarkan aku bercerita tentang Evergreen ya. Evergreen ini merupakan tempat kursus Bahasa Jepang yang sudah didirikan sejak tahun 1973. Pendirinya adalah T. Chandra yang juga merupakan penulis banyak buku pelajaran dan kamus Bahasa Jepang yang dengan mudah ditemukan di Gramedia atau Kinokuniya. Evergreen hanya ada di satu tempat, tanpa ada cabang lain. Lokasinya di Jalan Kartini II No. 34B Jakarta Pusat.

Biaya kursus di Evergreen tergolong murah. Hanya 550 ribu per dua bulan, ditambah dengan biaya pendaftaran 85 ribu. Jika mengikuti placement test, membayar 85 ribu di awal, tanpa kemudian harus membayar biaya pendaftaran lagi. Buku untuk kelas dasar 1 ada tiga buah, buku menulis Aksara Kana, Kaiwa No Hon Dasar 1, dan Pelajaran Bahasa Jepang Jilid 1. Harganya 65 ribu.

Lokasi Evergreen termasuk jauh dari rumahku, sekitar 14 km (kalau di Jakarta itu sangaaattt jauh!). Tapi mengingat sudah 40 tahun didirikan dan pendirinya merupakan penyusun banyak buku, yaaa sudah tidak diragukan lagi pastinya. Kalau gedungnya pun bisa disebut jadul tapi entah kenapa nyaman-nyaman saja. Toiletnya juga kunooo, ya gitu deh ya, tapi yang aku suka adalah ada tisu gulung! ❤❤

Pas masuk pertama, wah kok senseinya kayaknya serem yaaa... huhuhu. Ternyata, gileee asik banget. Sensei juga sering ngelucu dan cerita-cerita seru. Aku jadi sering nyengir dan ketawa pas di kelas. Beliau hafal isi bukunya. Misal ngasih tahu vocab ini ada di halaman berapa, dll. Setelah kutanya ke Pak Uus ternyata beliau yang mengarang buku-buku itu semua. Wuaaa pantesan... Aku langsung ngefanssss, hihihi! Sekarang di Dasar Dua, hari senin diajar oleh Chandra-sensei dan kamis diajar oleh Sugita-sensei.

Kelasku mulai dari jam 19.30 dan muridnya kebanyakan orang-orang yang sudah kerja. Biasanya aku sampai agak gasik, sekitar setengah tujuh-an, karena biasanya langsung dari kampus. Bisa saja langsung naik ke kelas cuma biasanya aku leyeh-leyeh dulu di bawah sambil ngobrol-ngobrol sama murid sekelas/lain kelas dan juga Pak Uus.

Nggak tahu ya, karena semangat, belajar satu setengah jam berasanya 15 menit! Hihihi... can't wait next lesssss ❤❤

Kursus Bahasa Jepang Evergreen
Jalan Kartini 2 No. 34 B, Jakarta Pusat
021 380 5995
http://kursus-jepang-evergreen.com/
https://twitter.com/EvergreenJC/

Naik busway turun Halte Pasar Baru Timur, jalan ke arah utara.
Naik KRL turun Sawah Besar, jalan kaki santai, 15 menit.

35 comments:

  1. di foto itu peserta kursusnya kok kayaknya orang jepang semua yaa?

    ReplyDelete
  2. Kalau kitanya minat dan bersemangat, berapapun lamanya terasa lebih singkat, Mbak Una. Sukses untuk bahasa Jepangnya.

    ReplyDelete
  3. Kece banget mbak. Wuihh. Kapan2 ngeblog pake bahasa Jepang sana, lucu kali kalo orang2 pada nggak ngerti :D

    ReplyDelete
  4. aku pernah 2 bulan aja kursus bahasa jepang, kursus main2 gak serius itu juga :D

    watashiwa,devi desu. ah ntah apa deh,na...Akyuh lupeee, pokoknya dulu itu baru belajar perkenalan doank :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... lho dua bulan masak baru perkenalan doang :D

      Delete
    2. hahahha iya, karena aku sering absen *emang gak niat*

      Delete
  5. I love english than japanese language..

    #hallaahh apaan sih :p

    ReplyDelete
  6. wah, Una udah kursus yak..
    kereeennnn (y)
    di bojonegoro belum ada Na... ntar yak, semoga ada.. (aku yang diriin)
    *ngayal :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak... dan ngerasa telat gitu baru les sekarang T.T
      Hihihi belajar dari lagu ama dorama juga efektif~

      Delete
  7. sayang di sini gak ada. kan mau ikut juga

    ReplyDelete
  8. hallo una, lama gak jumpa lewat udara. wah, jadi sekarang lagi kursus bahasa japanese ya. emangnya mo ngapain ke Jepang ?

    ReplyDelete
  9. Ini hebat nih ...
    Tidak buka cabang ...
    dan sudah lama berkiprah ...

    Tapi di pasar baru yak ?
    Jauh beeng ...
    dari tempat Una aja udah jauh ... apalagi dari rumah Ane ...
    (pengen juga ngursusin anak-anak saya nih ...)

    Salam saya Una
    (terima kasih infonya)

    ReplyDelete
  10. duhh.. liat tulisan una jadi kepingin kursus bahasa asing.. bahasa jepang kayaknya asik,, :D

    ReplyDelete
  11. Sayangnya saya tinggal Di Makassar...
    Dan di Makassar sendiri agak mahal biaya masuknya..
    Saya cuma bisa beli bukunya EVergreen..
    sudah 3 saya beli bukunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ke sini, hihihi XD
      Waaa,,, buku yang apa tuh??

      Delete
    2. buku Jilid 2 dan 3, dan buku pengenalan kanji :D
      Sekrang lagi belajar sendiri hafal kanji :D

      Delete
  12. Pengin ikutan nih aq...
    Ada yang bisa kasih info lengkapnya ga....
    Hub aq eah please...
    085647895496

    ReplyDelete
  13. halo kak, masih les di evergreen kah? bagus ga evergreen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah berhenti setahun yang lalu, hehehe. Bagus dong. Dicek aja di FB page-nya atau Twitter-nya ^^

      Delete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!