Seri Ketiga Djarum Super Sirkuit Nasional Jakarta

Jujur aja, aku baru tahu mengenai Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) itu ya tahun 2013 ini. Acara Sirnas dilaksanakan tiap tahun dan diadakan di beberapa kota besar Indonesia. Ajang ini merupakan persembahan Djarum untuk dunia perbulutangkisan Indonesia. Di tahun 2013 ini, Jakarta merupakan seri ketiga setelah Balikpapan dan Lampung. Kategorinya ada tiga, yakni remaja, taruna, dan dewasa. Di tahun sebelumnya bahkan ada kategori veteran. Ini dimaksudkan agar meningkatkan kualitas turnamen.

Nah, yang seri ketiga Jakarta sendiri diadakan di GOR Asia Afrika yang letaknya di sebelah Hotel Mulia Senayan. Aku kira awalnya GOR Asia Afrika berada di dalam Gelora Bung Karno, mana udah nyasar masuk pintu GBK, eh ternyata lokasinya di luar GBK meski nggak begitu jauh. Pembukaannya dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan melakukan servis bola secara simbolis. Peserta Sirnas 2013 Jakarta sejumlah 992 dan terdapat 1061 pertandingan! Wow!

Di depan GOR Asia Afrika.
Seri Jakarta merupakan seri yang paling bergengsi karena ada beberapa pemain pelatnas yang bertarung seperti Vita Marissa dan Trikusharyanto juga beberapa atlet asing. Penonton Djarum Sirnas 2013 sebagian adalah orangtua atlet yang berada dalam kategori remaja dan taruna. Seperti misalnya Ibu Nining yang berasal dari Boyolali. Beliau merupakan orang tua dari Arsya Isnanu yang menjadi juara Ganda Putra Taruna. Beliau sudah berada di Jakarta sejak Arsya masuk ke babak 16 besar tentu ia terharu akan kemenangan putranya.

Sementara itu, Danang Dwi harus kecewa kalah di babak final Ganda Putra Remaja. Putra asal Karanganyar yang berusia 16 tahun ini sudah belajar bulutangkis sejak kelas 1 SD. Meskipun menjadi juara 2, ia mendedikasikan kemenangannya untuk orang tuanya. Ibunya, Sri Sudariatmi, sangat senang dan berharap bisa menang di ajang bulutangkis yang ia ikuti selanjutnya.

Jakarta baru pemberhentian ketiga untuk Sirkuit Nasional tahun 2013 ini. Masih ada beberapa kota lagi hingga November 2013 nanti loh.


Daftar juara Djarum Super Sirnas 2013 Jakarta ialah sebagai berikut:

Tunggal Putra
Remaja : Panji Ahmad Maulana vs Arief Wahyu Setiawan, 21-17 21-13
Taruna : Firman A K vs Alvindo Saputra, 21-13 21-16
Dewasa : Alamsyah Yunus vs Senatria Agus Setia, 20-22 21-5 21-15

Tunggal Putri
Remaja : Gregoria Mariska vs Desandha Vegarani Putri, 21-15 19-21 21-9
Taruna : Fitriani vs Rena Asela, 21-13 21-13
Dewasa : Febby Angguni vs Ana Rovita, 21-9 15-21 21-17

Ganda Putra
Remaja : Raynaldi/Wisnu Cahyo Saputro vs Danang Dwi S/Ridho Islami, 21-12 121 21-17
Taruna : Arsya Isnanu/Yantoni Edy vs Abu Bakar/Tedi Supriadi, 21-19 21-18
Dewasa : Rendra Wijaya/Rian Sukmawan vs Darmiko/Wifqi Windarto, 21-15 14-21 21-12

Ganda Putri
Remaja : Dianita Saraswati/Yulfira Barkah vs Marsheilla Gischa/Rofahadah Supriadi, 21-19 14-21 21-19
Taruna : Masita Mahmudin/Uswatun Khasanah vs Febriani Endar/Ristya Ayu Nugraheni, 21-16 21-16
Dewasa : Variella AprilSasi/Vita Marisa vs Devi Tika Permatasari/Keshya Nurvita, 15-21 mundur

Ganda Campuran
Remaja : Yantoni Edy/Marsheilla Gischa vs Fauzi Habibi/Apriani Rahayu, 21-17 19-21 21-13
Taruna : Rian Swastedian/Masita Mahmudin vs Reinard Dhanriano/Sinta Arum 21-17 21-15
Dewasa : Trikusharjanto/Vita Marisa vs Fernaldi Gideon/Endang Nursugianti, 21-15 21-10

Dan sekarang, Djarum Super Sirnas 2013 sedang berada di Kota Bandung!
Teman-teman suka bulutangkis?

40 comments:

  1. wah, tumben lengkap banget beritanya. jadi tau kalo una ternyata suka bulutangkis.
    kalo gue lebih suka sepak bola ketimbang bulutangkis, walaupun di kampung juga sering diadakan lomba ini saat 17 an and gue juga ikut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka nonton, kalau main ogah :P

      Delete
    2. cocok jadi komentator kalo gitu hehehe..!

      Delete
  2. Wah,,,, kamu jadi reportasi untuk even ini pas tuh Un. Mantap sekali, lengkap banget.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  3. Out Of Topic ...
    cuma mau bilang ...
    tempat pertandingannya itu ... lima menit jalan kaki dari rumah orang tuaku ...

    (halah)

    hehehe

    salam saya

    ReplyDelete
  4. sejujurnya... pas baca Djarum Sirkuit Nasional, tak kira itu event balap (--") *nunduk*
    ngga seneng badminton, senengnya nntn balap sm bola :D
    un...un.. di Bandung nntn lg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka iya sih sirkuit sirkuit gitu :D
      Gak lah, ngapain :P

      Delete
  5. dulu aku suka nonton bulutangkis yang jamannya Ricky subagdja, generasi selanjutnya ga terlalu suka nonton..;p

    ReplyDelete
  6. Thank you for making this interesting article. I'm happy to visit here

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visit terus yak Mas. 1000 kali per hari, sip sip?

      Delete
  7. aku suka bulutangkis. tapi nggak begitu ngikutin infonya. -_-
    cuma suka main aja sih.. :D :D :D

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Aku lebih suka pemainnya... Taufik Hidayat :P

      Delete
  9. Widih keren Un laporannya lengkap kap kap kap :)

    Neng Una kok blog versi Englishnya gak bisa dibuka ya, sekalinya bisa gak bisa kasih komen ketemunya 404 BAD EROR mulu, hadeh kenapa ya ???

    ReplyDelete
  10. saya cuma berharap..semoga bulutangkis indonesia menemukan kembali masa kejayaanya seperti waktu zaman rudi hartono dan liem swiking :-)

    ReplyDelete
  11. Wah! Gue sukanya badminton! Jadi peliput, nih?

    ReplyDelete
  12. gemes kl lihat badminton?keroyokan kl nonton sm suami hahaha

    ReplyDelete
  13. Yah, walau di Bandung tetep aja nggak bisa nonton langsung..... Nasib jadi kuli

    ReplyDelete
  14. Liputan yang bagus. . .
    Saya suka badmintonan. . .

    ReplyDelete
  15. dulu suka banget main bulutangkis. bahkan kalo main ke rumah temen sampe janjian bawa raket buat main bulutangkis. sekarang udah ngga pernah main lagi.. hahahaha

    ReplyDelete
  16. aku suka nonton kecuali pas barengan sama acara bola, baru nonton bola hahaha

    ReplyDelete
  17. sukaaa... tapi gak pernah nonton acara bukutangkis secara langsung.. Acara ini pasti gak ada di Pontianak deh >.<

    ReplyDelete
  18. suka banget tapi untuk pergi nonton langsung males :D

    ReplyDelete
  19. wah pasti seru nih.. kalau bisa hadir langsung

    ReplyDelete
  20. kayanya seru kalo nonton langsung, nonotn di tv aja seru apalagi nonton langsung

    ReplyDelete
  21. blog keren banyak artikel menarik

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!