Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Gila Dalat

Perjalanan menggunakan bus dari Ho Chi Minh City menuju Dalat ditempuh dalam waktu hampir 10 jam. Padahal jarak antara keduanya hanya 322 km, busnya jalannya pelan sekali. Sampai-sampai temanku rasanya kepengen gantiin supirnya. Dalat ialah sebuah kota kecil yang terletak di Central Highlands Vietnam. Mau ada musim panas atau musim dingin, Dalat nggak akan terpengaruh karena berada di ketinggian 1500 mdpl. Suhu terpanas tercatat 27 derajat Celsius sedang terendahnya 6,5 derajat Celsius.

Sampai di sana, turun dari bus. Ah ternyata nggak dingin-dingin amat. Karena HCMC panas, kala itu yang kupakai adalah celana pendek dan kaos oblong saja. Selanjutnya, kami go show ke penginapan. Sempat masuk satu penginapan, murah banget cuma 7 USD per malam. Namun karena kami adalah turis sok-irit-tapi-manja-maksimal dan kamar mandi penginapan itu jelek, jadi kami nggak menginap di sana. Akhirnya kami memilih menginap di Thuy Tran, sebuah hotel keluarga. Kamarnya homy, ada dua double bed di dalam yang mana untuk empat orang dan kami cuma berdua, dan tarifnya hanya 12 USD per malam.

Suhu 15 derajat masih ngeyel tadinya nggak mau pake coat. Kempolku gede euy...
Tujuan pertama kami di sana adalah melihat Crazy House. Bangunan ini merupakan sebuah penginapan namun arsitekturalnya aneh sekali. Yap, sesuai namanya! Arsiteknya, Dang Viet Nga, membuatnya menjadi 'fairy tale house'. Bentuknya menyerupai pohon besar, ditambah ornamen-ornamen aneh, hewan, gua, pokoknya menurutku horor banget lah. Karena dari penginapan kita hanya dua kilometer, kami pun berjalan kaki. Saat itu sudah sore sekali.

Crazy House ini dibuka untuk umum. Tiketnya seharga 35000VND atau sekitar 17 ribu rupiah per orangnya. Sampai sana, hari sudah menggelap. Bukan rugi karena foto-fotonya jadi nggak bagus, namun karena suasananya yang makin menghoror. Ada beberapa turis mancanegara yang sedang melihat-lihat Crazy House, tapi tetap saja, berasa mengerikan. Anyway, ada 10 kamar yang disewakan di sini dan temanya berbeda-beda. Nggak mahal sih antara 300-600 ribu rupiah. Cuma menurut ulasan di internet sih banyak bilang nggak bersih. Selain itu masak kamarnya keliatan dari luar gitu.



Arsitekturnya memang unik, aneh, plus membingungkan. Masuk dari mana, keluarnya dari mana. Setelah kupikir-pikir, kalaupun aku datang siang aku juga takut deh kalau ke sana. Mau temanku Bellita ada di sampingku terus rasanya tetep merinding disko bok. Ada semacam ruang keluarga dan ruang tamu yang bisa kami masuki. Terpasang di sana tulisan-tulisan, yang kayaknya sejarah gitu. Cuma aku males bacanya, sudah kadung takut...



Makin malam, Dalat makin dingin. Aku kedinginan sekali. Mana pakai sandal jepit dan celana pendek pulak. Mantap lah. Sepulang dari Crazy House, kami pun mampir ke sebuah warung untuk minum kopi dan teh atiso (artichoke). Maksudnya sih untuk menghangatkan diri gitu. Tak berapa lama kopi datang, eh kok panas banget. Kutunggu lah sebentar. Eh baru sebentar, kopinya sudah dingin banget. Kayak es kopi, lupa suhu di sana kan dingin banget. Asem...

Yang aku nggak paham, kok beli kopi dikasihnya cuma sepertiga gelas yak. Hihihi... Akhirnya aku pulang-pulang sampai penginapan mengeluh kedinginan terus... Uw uw uw...

42 komentar untuk "Rumah Gila Dalat"

  1. keren banget itu crazy house nya na!
    tapi kalo disuruh nginep situ emang keliatannya creepy ya :D

    BalasHapus
  2. una kan traveler sejati han.. hahahaha good

    BalasHapus
  3. Serius cuma sendal jepit dan celana pendek? Turis macam apa kau ka Un? hahaha

    BalasHapus
  4. keren ya rumahnya Una, *kebayangbuatdelikan* :D

    BalasHapus
  5. unik ya bentuk rumahnya, tapi hampir mirip dengan rumah adat batak ya,,,

    BalasHapus
  6. Jangankan kamu Na, aku juga takut tuh kalo bentuk rumahnya se crazy itu. Mengerikan, walo bawa pasukan tempur jg tetap takut deh tuh. :)
    Btw, ada yang berani nginap di rumah itu emangnya Na?

    BalasHapus
  7. Rumahnya unik ya...
    Tapi aku sih keknya tetep nolak kalo disuruh nginap si situ :D

    BalasHapus
  8. kok mlampah-mlampah terus sih Un...

    BalasHapus
  9. itu uang bulet-bulet itu tangga ya? walah, kalau iya naeknya pegel kudu serong kanan-kiri melulu. kaya rumah hobit ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap soalnya cuma cukup sekakigitu :D

      Hapus
  10. Keliatan dari luarnya aja serem, apalagi kalau nginep disitu..

    BalasHapus
  11. Una.... yuk menjadi relawan 1000 buku untuk tunanetra

    http://www.mitranetra.or.id/ebook/index.asp?mnu=1

    BalasHapus
  12. walah di dalemnya aja keliatan spooky gitu ya Un..aku biarpun dibayarin, ogah nginep disitu , hihihi ;p

    BalasHapus
  13. Una kenapa gak menginap dsitu juga :)

    BalasHapus
  14. Unaaaaaaa.. suhu 15 derajat dirimu masih bisa pake celana pendeeeeek? aku masih pake daleman aja gituuuh T__T

    BalasHapus
  15. itu gambar rumah sy nda menger. eh kok kalimat penutupnya rasa ngegantung ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbak aku lagi gatau mau nulis apa :P

      Hapus
  16. Ini foto kapan, Una? Foto lama ya? Soalnya rambutmu masih panjang :)

    BalasHapus
  17. Dengan suhu segitu, aku pasti pilih pake baju 3 lapis deh hehehe

    BalasHapus
  18. iya na, bentuknya aja udah serem gitu yak kayaknya..

    BalasHapus
  19. ini bisa mikir dua kali nih diriku tinggal disana.. apalagi kalau sendirian, kalau rame rame sih boleh deh...

    BalasHapus
  20. kok mukane di bruwet-bruwet mbak :P

    BalasHapus
  21. Halo.. Una Rasuna.. masih ingat dengan saya? Sudah jarang ngeblog disini moes, seringnya di musayka.wordpress.com Tuh difoto ada penampakan yak?

    BalasHapus