Wonderful Indonesia: Bali Tiada Mati

Seperti yang kita sudah tahu, bagian Indonesia yang paling terkenal adalah Bali. Bahkan banyak yang menyebut Bali lebih sohor daripada Indonesia. Tak hanya orang Indonesia, orang luar negeri banyak menganggap Bali adalah destinasi favorit dan impian mereka. Namun semakin ramainya Bali, banyak dari kita yang mencap Bali terlalu mainstream, sehingga yaaa mending pergi ke tempat lain. Tapi kalau mainstream lalu kenapa? Menurutku Bali masih selalu mempesona...



Seperti yang ditunjukkan dalam video Wonderful Indonesia | Bali di atas, yes, indeed, Bali menawarkan banyak pesona yang dimilikinya. Mau spa asik banyak, mau berselancar bisa, diving, rafting ada, wisata kebun binatang bagus, wisata budaya, pantai yang cantik, banyak, kuliner juga. Beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

1. Menikmati Senja di Pantai Kuta



Tahu lah ya Pantai Kuta memang ramai selalu. Tak hanya wisatawan asing yang berselancar dan berjemur, namun juga pantai ini menjadi destinasi massal rombongan wisata. Bikin malas kali ya kalau tahu suatu tempat ramai. Tapi belum lama ini aku dan adikku ke Pantai Kuta, sewaktu senja... ternyata bagus banget. Cantik... langitnya berwarna biru dipadu dengan kuning keemasan. Waaa... ternyata oke juga! Oke banget ding!


2. Susur Pantai Kuta-Legian-Seminyak



Dasar udah item ga mau tambah item, pake armcover deh :D
Kalau siang-siang, panas-panas capek kali ya menyusuri jalan. Tapi asik juga kalau susur pantai, sambil becandaan nggak jelas, tendang-tendangan pasir, dan nontonin orang berjemur. Hihihi...

3. Bali Safari and Marine Park




Terakhir ke Bali, aku pengen banget namanya ke kebun binatang. Ternyata, ada Bali Zoo dan ada Bali Safari and Marine Park. Akhirnya aku memilih pergi ke tempat kedua. Daaannn... bagus banget Taman Safarinya. Nggak kayak di Indonesia. Tempatnya bersih dan rapi teratur. Aku kira kebun binatang terbaik dimiliki oleh Batu, Secret Zoo. Tapi nggak juga karena Bali Safari ini keren juga. Selain itu, ada Bali Agung Theatre yang menampilkan pentas panggung dengan cerita legenda Bali. Itu bagusss paraaah!

4. Rafting di Telaga Waja


Idung jambu~
Di Bali, arung jeram yang terkenal adalah di Sungai Ayung dan Telaga Waja. Namun, level sungainya lebih tinggi Telaga Waja. Sodaraku pun mengajak arung jeram di Telaga Waja. Dan itu pertama kalinya untukku. Woo-hoo, ternyata seru jugaaa...  Panjang perjalanannya 14 km, dan ditempuh dalam waktu dua jam. Lama ya, tapi saking serunya nggak berasa loh. 

5. Ke Rumah Ketut Liyer



Siapa yang nggak tahu Eat, Pray, Love? Sebuah buku yang difilmkan dan salah satu latar utamanya adalah Bali. Si tokoh utama ceritanya datang ke rumah Ketut Liyer dan minta diramal. Jadilah rumah Ketut Liyer menjadi destinasi populer baru di Bali. Aku pernah ke sana tapi cuma sampai depan rumahnya! Hahaha... Waktu itu dia tutup 3 hari gitu, dan ternyata yang kecele ga cuma aku tapi banyak mobil yang isinya bule-bule. Pada pengen diramal rupanya...

Itu baru beberapa yang bisa dilakukan di Bali. Banyak bangeeettt yang bisa kita nikmati di sana...

Kritik, Saran, dan Kesimpulan


Bali memang tiada matinya. Ramai memang, tapi somehow kalau berkunjung ke pura, santai-santai di pantai, rasanya tenaaang sekali... Tapi ada beberapa hal yang bikin sedih sih, seperti pembangunan hotel dan gedung-gedung lain yang masif dan mark-up serta diskriminasi harga yang kelewatan. 

Seperti Bali Safari and Marine Park, ketika ditelepon tarif masuk wisatawan lokal adalah 130 ribu sedangkan turis asing 49USD. Tentulah aku wisatawan lokal, tapi karena aku mau nebeng shuttle bus-nya Bali Safari and Marine Park dari Kuta, katanya tarif yang 130 ribu itu tidak termasuk shuttle. Terpaksa lah aku beli tiket turis asing. Karena aku hitung-hitung kalau nyewa mobil atau naik taksi sendiri ujung-ujungnya hampir sama >,< 

Kalau saranku, sebaiknya diskriminasi harga tidak terlalu jauh. Seratus tiga puluh ribu dibandingkan 49 USD itu empat kali lipat. Nggak hanya di Bali Safari saja ya, tapi juga di tempat lain. Sehingga, Bali menjadi lebih 'ramah' gitu terhadap wisatawan.

Selain aspek-aspek tadi, Bali memang punya magnet tersendiri bagi para turis. Renovasi Bandara Ngurah Rai yang hampir selesai itu juga meningkatkan potensi kunjungan ke Bali.

Selamat datang di Bali~ Bandara sebelum renovasi~
Referensi:

21 comments:

  1. betapa indahnya bisa menikmati segala keindahan dan panorama Bali selengkap ini....tukeran dong, sebulan azh...m'ba jadi tukang ubi cilembu, saya jadi m'ba....gimana?

    ReplyDelete
  2. jaelah, itu yg atas gak diblur kenapa yg bawah blur????

    #asemngaco...

    aaa wis sui gak reneeee

    ReplyDelete
  3. bali never die, jadi inget temenku yang naik motor ke bali dari surabaya...

    ReplyDelete
  4. walaupun sudah sering eke Bali, tapi aku ngerasa masih banyak tempat yang belum aku atangi. jadinya yah kepengen dateng dan dateng terus

    ReplyDelete
  5. aku batal masuk Bird Park, tiketnya mahal bener...
    tapi di sana itu senengnya sewa mobil murah banget cuma pekgo, orang lokal semua biaa kasih petunjuk jalan jadi nyetir sendiri di sana nggak bakal bikin nyasar

    ReplyDelete
  6. lama gak mampir mba :D
    weih.. yang foto baju biru itu foto lama atau baru mba ?
    gileeeee k*r*san mba !
    jukid eeaa !!

    ReplyDelete
  7. baru tau ternyata tarif turis lokal dan turis internasional itu beda ya... .

    ReplyDelete
  8. Unaaaaa...gantian jalan2nya doong...

    ReplyDelete
  9. ciyeeeeee mau juga dong foto siluet begitu

    ReplyDelete
  10. Kapan ya bisa ke Bali lagi. Sukses ngontesnya Un ^^

    ReplyDelete
  11. BAgus nih Na .. punya foto2 sendiri .. keren :)

    ReplyDelete
  12. Kenapa juga di blur, kata mbak anz kan cantek :P
    Sudah 3x ke Bali tapi belum bosen juga sayah :)

    ReplyDelete
  13. Unaaa. ajakin aku jalan-jalan duoongggg >.<

    ReplyDelete
  14. pasti deh, selalu saja..
    foto una disitu disensor semua...hahahaha :D

    I love Bali, too... dan pengen kesana walau belum ada duitnya hehehehe

    ReplyDelete
  15. gak ada bosannya ya Una kalau ke Bali bikin nagih

    ReplyDelete
  16. Foto terakhir kenapa di blur?, saya jadi penasaran loh hehe :D .

    ReplyDelete
  17. aaahh.. aku mau kebali lagi deh >.<

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!