Onomatopoeia Hoka-Hoka

Salah satu kondisi yang menyebalkan: ketika memikirkan sesuatu, menginginkannya, atau terngiang-ngiang, tahu-tahu nggak berapa lama, lupa sama nama atau istilah sesuatu itu. Nggak ingat sama sekali. Dan yang kita lakukan adalah berusaha mengingat-ingatnya. Dan kalau nggak ingat-ingat juga, susah sekali namanya move-on buat melakukan atau memikirkan hal yang lain. Kamu iya juga nggak?

Sebelum aku lupa sama istilah ini, aku mau tulis di sini. Onomatopoeia. Ini berasal dari Bahasa Yunani yang secara literal berarti 'membuat nama'. Namun maksudnya adalah kata yang dibentuk atau dibangun dari bunyi yang dihasilkan dari arti kata bersangkutan. Aaaah bingung dewe aku. Gitu deh ya.

Judul postingan ini kubuat biar bagus rimanya aja. Tapi memang 'hoka-hoka' yang biasa kita dengar dari 'Hoka-Hoka Bento' juga merupakan onomatopoeia. Misal ketika makanan masih panas/hangat lalu masih ada asap, seolah-olah menghasilkan suara 'hoka-hoka'. Temanku juga pernah memberi contoh onomatopoeia Bahasa Jepang, 'peko-peko' yang berarti lapar. Maksudnya perutnya berbunyi 'peko-peko' gitu.

Dalam Bahasa Indonesia, juga banyak bisa kita temukan. Kata-kata ini bisa berbentuk kata sifat, benda, atau kata kerja. Kayak 'ketok' karena suaranya 'tok tok tok', 'ceplok' karena kalau bikin telur ceplok ya suaranya kayak gitu, atau 'tabrak' yang membuat suara 'braaak'. Banyak banget lah kalau dicari... tubruk, desis, cemplung, dangdut, mungkin kalau kata tidak formal ada: ngikik, ngakak, ma'em, mimik, dan e'ek.

Onomatopoeia juga termasuk bunyi-bunyian hewan. Guruku pernah cerita kalau ayam di Korea itu bunyinya 'kokotek', setelah kuulangi menyebut kata itu, eh iya ya suara ayam mirip itu. Tapi sih di Indonesia suaranya 'kukuruyuk'. Atau suara anjing di Amerika 'woof', di Perancis 'ouaf', dan di sini 'gukguk'. Suara kucing 'meow' atau 'meong'. Yang nggak ada sih katanya suara rubah/fox. Makanya ada lagu What Does The Fox Say?.




Ada yang mau nambahin onomatopoeia lain?
Atau, apa onomatopoeia favoritmu?

36 komentar:

  1. Balasan
    1. wah sekilas judulnya udah kaya hoka hoka bento
      heiheiheiiee , Jadi laper e

      Hapus
    2. Kalau laper ya lompat-lompat~

      Hapus
  2. paling suka shito-shito artinya rintik-rintik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiyaaa itu pernah mbak sebutin juga yaaa. Lupaaa...

      Hapus
  3. baru tau ada kata namanya Onomatopoeia. gak pernah denger sebelumnya na. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe memang istilah bahasa yang agak asing :D

      Hapus
  4. Dpt ilmu baru, onomatopoeia, keren na... Eh aku kangen dah lama gak mampir kesini.. Apa kabar say? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, baik Mbak... maap juga lama gak mampir... waktu BW menurun T.T

      Hapus
  5. wahh nambah ilmu baru disini.....btw blog una makin ramai sama iklan yachh...berarti keren banget nech blognya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak... asal pasang ppc doang kok Mbak :D

      Hapus
  6. pinter tenan koq Mbak Una iki.

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Wihhh beda banget ya... sama di sini.

      Hapus
  8. pernah denger istilah ini gr2 baca di K, Onomatopoeia itu kayak...gubraks, zwingsss, ciiiiitttt, kretek, hehehe

    BalasHapus
  9. aku gak ngerti una hehehe norak banget ya kay agini aja gak ngerti

    BalasHapus
  10. Pantes susah diingat, wong istilahnya memang susah hehehe...

    BalasHapus
  11. aku baru tahu ada istilah ini :p

    BalasHapus
  12. Istilahnya aneh ya na....asing banget....kirain hoka hoka bento....( taunya makanan ajaa )...hahaha

    BalasHapus
  13. Belibet ah jenenge

    wis dadi tuh ffnya :D

    BalasHapus
  14. baru tau ada yang beginian, na. susah dieja namanya. :D

    BalasHapus
  15. aq baru tau ada istilah onomatopoeia ini mbak.. hehhe
    tapi memang semua yang tercipta ada asal usulna termasuk kata2 ya...
    (*sambil mikir2 ada istilah apa lagi ya )

    BalasHapus
  16. Istilah bahasa Indonesianya : Onomatope (dari Bahasa Yunani ονοματοποιία) adalah kata atau sekelompok kata yang menirukan bunyi-bunyi dari sumber yang digambarkannya. Konsep ini berupa sintesis dari kata Yunani .... wikipedia.id

    BalasHapus
  17. Ini istilah nyebutnya aja.susah na.. apalagi ngelafalinnya >_<

    BalasHapus

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!