Masakan Hitam a la Jawa

Membaca komentar di postingan saya yang lalu Rawon Setan yang Mengecewakan, aku jadi tahu bahwa nggak semua orang tahu yang namanya rawon. Sebelumnya aku kira rawon itu masakan umum yang se-Indonesia tahu. Beneran deh. Ternyata rawon itu masakan khas Jawa tho...

Aku jadi ingat mengenai Soeharto yang menjawanisasi Indonesia, membuat beras seolah-olah merupakan makanan pokok seluruh Indonesia, yang padahal kenyataannya enggak. Mengabaikan kearifan lokal, akhirnya nasi pun menjadi makanan pokok kebanyakan rakyat Indonesia. Aku nggak tahu apa di pikiran Soeharto sepertiku, menganggap rawon ialah masakan yang umum di Indonesia. Nanti ntar jadinya rawonisasi Indonesia.

Rawon.
Maaf mbulet sedikit. Nah, yang jarang/tidak pernah lihat rawon kebanyakan komentarnya, ya Tuhan makanan kayak gitu warnanya dekil, menjijikkan kayak apaan gitu kok ya dimakan. Tapi sih kalau sudah biasa makan, oh tentu enak sekali. Hm, lagi-lagi tergantung yang masak sih.

Warna cokelat kehitaman yang memberi rona pada kuah rawon ialah kluwak. Kluwak ini sejenis kacang-kacangan yang tumbuh di pohon kepayang. Bentuknya kayak batu, lalu kalau sudah dibuka, ada item-itemnya gitchu deh... Kluwak ini digunakan untuk menambah rasa pada rawon.
Dulu ya, aku kira, makanan yang tidak berasal dari nabati dan hewani selain garam, ya kluwak itu. Ternyata itu dari tumbuhan, hihi. Kayak batu sih...

Waktu aku sudah besar, eh menemukan lagi makanan yang warnanya hitam lagi lebih nggilani tampangnya ketimbang rawon. Namanya brongkos. Brongkos ini mirip rawon, hanya saja rawon tanpa santan sedangkan brongkos dengan santan.

Ini dia tampilannya...


Aku berusaha menerka pikiran Anda. Sepertinya yang Anda pikirkan sama seperti yang ada di otakku ketika pertama kali aku melihat makanan ini.

Dulu aku dipaksa makan ya emoh gitu lah. Ya bismillah, eh pas dimakan, enak tenan rek. Eh, lagi-lagi tergantung yang masak sih. Karena menggunakan santan, warnanya lebih 'begitu' ketimbang rawon. Entah kenapa, mbakku di rumah jadi sering masak ini, dan kalau aku makan brongkos pasti bawaannya pengen makan lagi. (Kayaknya kalau aku semua makanan begini deh.)

Pernah coba brongkos?

Brongkos ini konon berasal dari daerah Kulonprogo, Jogjakarta. Katanya, sih. Kalau rawon biasanya berisi daging dan kadang ada tahu, masakan brongkos di dalamnya terdapat telur, daging, tahu, dan kacang merah/kacang tolo.


Ada lagi makanan yang menggunakan kluwak, yaitu pindang. Tapi sih aku pun sudah lama sekali tidak makan pindang jadi pun rasanya aku lupa.

Adakah makanan dari luar Jawa yang menggunakan kluwak?

112 comments:

  1. dulu adikku ga mau makan masakan yg ada kluwaknya loh kotor katanya:)
    rawon enaaaaaak ditambah bawang goreng plus emping

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, iya sih tampilannya kotor gimana gitu. :D
      Katanya enak kalau pake telor asin mbak hehe...

      Delete
    2. Memang mantap kok :D, Pernah nyobain :p
      apalagi pake telor asin, tambah maknyus lagi.

      Delete
  2. di keluargaku ga doyan rawon, tapi kalo brongkos pada doyan, aneh ya Un, padahal podo irenge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, aneh nek ini. Tampilannya kan bagusan rawon :D

      Delete
  3. Una ko aku jadi doyan yah... kasih aku dong, lapar aku :)

    ReplyDelete
  4. Kluwak ki opo tho unn?? ra tau krungu,, kemiri kali :D

    ReplyDelete
  5. Aku nggak tahu kalau diluar masakan jawa ada menggunakan kluwak, tahu rawonpun dari istri yang kebetulan berasal dari jawa :D

    ReplyDelete
  6. Berhubung sayah dari jawa,
    jadi suka banget, masakan turun temurun dari keluarga..

    Hmm i love rawon..
    dan brongkos..yummy..

    ReplyDelete
  7. enyak..enyaaaak....tambahin tahu makin mantabzzz...*ngecezz :((

    ReplyDelete
  8. yen ireng sing mantep kui cumi cumi Na.. =))

    ReplyDelete
  9. Rawon itu termasuk salah satu kuliner nusantara lho? Ada kok dalam Festival kecap Bango. YG mirip rawon juga : Semur...ada beberapa jenis semur juga di Indonesia. Beberaap waktu lalu pernah di eksplore ttg aneka semur dari beberapa daerah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nusantara sih nusantara :P
      Tapi gak semua tau.
      Semua gak mirip rawon, cuma warnanya dowang...

      Delete
  10. Aku maem enak bongso ayam, iwak, endogh ko mengkono iku yen ono acara kondangan resepsi, Na. Biasanya pake sambal terasi, tempe penyet lalapan timun kemangi, kadang peyek.

    Ituh yang masak siapa yah? ^^a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya deh, besuk2 kalo mau OOT tak bilang dulu,
      "Maaf ya, ijin OOT"... gitu.

      Delete
  11. hehe...di sulawesi ada tuh masakan kuah hitam, namanya kuah bugis (gorontalo), dimakasar biasa disebut konro...
    meski tampilannya hitam kucel tapi rasanya maknyosss...
    ohya...itu dibuat dari rempah-rempah, bahan dasarnya kelapa yang disangrai dan dihaluskan dan ditambahkan daging sapi ama tulangnya juga hehe...

    ReplyDelete
  12. Saya pastinya pernah makan rawon, makan nasi brongkos dan nasi pindang...
    Nasi Pindang itu identik dengan Rawon.
    Yg saya tau, orang Kudus menyebutnya Pindang, orang lain mengatakannya rawon.
    Kalaupun ada bedanya kayaknya nggak banyak.
    Kalo di Kudus nyari Warung yg jual rawon kayaknya nggak ada. Tapi kalau Nasi Pindang banyak sekali
    Salah satu ciri lainnya selain item adalah ada daun melinjo atau "so" didalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya, ternyata sama rawon sama pindang.
      Aku kira berbeda karena pindang yang kulihat biasanya tak sehitam rawon yang sering kulihat...

      Delete
  13. liat gambarnya aja sampai2 mau makan lagi hehe padahal udah makan satu piring tadi sore. di indonesia tuh sya jd di buat bingung dgn nama nama makanan, ada makanan yg rasa dan bentuknya sma tapi namanya beda, ada jg yg namanya sma tapi rasa dan bahan makananya beda. tergantung nama asal daerahnya... sya mah rendang yg nomer satu kalo rawon gak tau pernah makan apa belum ya soalnya lupa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya sih, banyak yang namanya beda tapi makanan sama :D

      Delete
  14. waduh perutku jadi lapar,sudah lama saya nggak makan rawon mas.

    ReplyDelete
  15. aku belum pernah makan brongkos Na.... rasanya kaya gudeg gitu ga sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, beda... gudeg kan nangka, gitu deh hihi :D

      Delete
  16. iya rawon emang makanan orang jawa. yang bukan orang jawa ya gak tau rawon.

    makanan orang jawa yang juga item tuh sebenernya banyak. karena orang jawa suka pake petis. kayak rujak cingur, kupang lontong, semanggi, dll... semuanya pake petis dan bikin jadi item. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya banyak, kayaknya ini salah judul soalnya gak bener bener item.
      Kalau petis kan bener bener item :D

      Delete
  17. brongkos keliatannya enak tuh... kental santannya.. pasti enak banget tuh.. dilihat dari bentuknya cenderungnya manis dan pedes gitu ya.. hahaha sok tahu nih mode on...
    kapan bisa di kirim disini buat di review...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya begitu deh :D
      Sini kukirimnya :P

      Delete
  18. wew, kl udah laper mah, mau item gimana, mau rupa tuh makanan gak asik, tetep aja di bantaiiiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sodorin rawon monyet.

      Delete
    2. emangnya gw kanibal, huuuu :P

      Delete
    3. Hahaha katanya tetep aja dibantai :P

      Delete
  19. nang surabaya onok'e BRENGKES :D

    ReplyDelete
  20. gue gak tau makanan apalagiyg pakai kluwak,yang namanya brongkos aja baru tau dari dirimu kok una una,hem....ni lah gue orang jawa tapi goblok soal aneka masakan jawa,perlu les kali ya ma dirimu,hihihi

    ReplyDelete
  21. Wah Una, rawon dan brongkosnya sungguh sedhep. Apalagi kalau yang masak Una, suka masak kan? Salam

    ReplyDelete
  22. brongkos yg terkenal enak itu katanya sekitar alun-alun selatan Yogyakarta, klo rawon sy lumayan suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baru tau malah. Di alun alun kidul aku taunya cuma opor sing enak :D

      Delete
  23. owalah na,aku br tau bronkos dr postnganmu ini,

    ReplyDelete
  24. kalau di Muna sini, kayanya nggak ada deh !!

    ReplyDelete
  25. wah, kalo rawon sih aku pernah makan, dan rasanya mmm, enaaakkk... (kupikir, rawon sudah terkenal di seluruh indonesah, ternyata belum yaa,,haha..)
    :)

    tapi kalo brongkos aku malah baru dengar, rupane letheg yoo..hiiyy...

    ReplyDelete
  26. Yang pasti kalo masakan Manado keknya gak ada deh yang pake kluwak :D

    ReplyDelete
  27. eh kemaren postingan ala emak sekarang masak masak--

    kalo da jadi emak harus pinter masak kaya gituan ya?? item2 yg penting manis yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha udah siap kali ya aku jadi emak emak, wkwk :D

      Delete
  28. Kalau di Betawi makanan item yg pakai kluwek Ada juga, tapi isinya ikan, Gabus Pucung namanya

    Pucung itu sebutan orang Betawi untuk kluwek

    ReplyDelete
  29. kalau yang brongkos, belum pernah makan .. :D

    tapi tetep doyan semua kok... :D

    ReplyDelete
  30. kepayang aja aku ga tau na, apalagi kluwak.. hahahah.... katrok yah aku ini? :D

    btw andai aja Soeharto orang batak, bisa2 membatakkan Indonesia... Hahahaha.. #abaikan #NoOffense :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha mabuk kepayang tau dong wkwk. :D
      Bisa jadi, untung orang Jawa. #NoOffense :P

      Delete
  31. masakan daerah, banyak yang aneh-aneh memang, namun bila dimakan, bisa ketagihan....

    ReplyDelete
  32. leg rawon senengan qu mbak un, lha leg brongos wah urung tau nyicip :D

    enak ora mbak un?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi hampir podo sih mbak...
      Cuma pakai santan aja :D

      Delete
  33. ga pernah makan brongkos, tampilannya begitu ya Un, kalau aku disuruh makan mungkin pertama nyoba makan dagingnya dulu ga mau pake kuah abis kaya gitu hehe.. kalo rawon.. sukaaa bangeett.. etapi konro bakar juga kuahnya warnanya... ya gitu deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi gitu deh gimana :P
      aku belum tau konro :((

      Delete
    2. aaahh enak bangeettt... tapi kuahnya itukan coklat ya, agak kentel gitu, jadi.. kaya gimanaa gitu *kasih tau gag yaa :))

      Delete
  34. hwalah gk doyan brongkos, yang deket alun2 kata org enak

    ReplyDelete
  35. kok kluwak sih...
    ditempatku namanya klewek

    bukan buat rawon doang, buat sambel juga
    tapi gak buat rawin

    ReplyDelete
  36. kalau aku yang masak pasti bawaannya pengen tambah deh, tambah mual, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, mana sini ngerasain dong masakanmu :P

      Delete
  37. wah aku gak pernah berani makan rawon.abis kuahnya itu lho coklat banget. hehehe

    ReplyDelete
  38. Nah, jadi postingan ini upaya brongkosisasi ya Na? #eh? qiqiqiqi

    ReplyDelete
  39. buah apaan tuh? kluwak? hmmm.... baru liat Na!
    dikampung sepertinya gak ada yg kayak gitu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacang kalau gak salah jenisnya.
      Mungkin ada, tapi istilahnya lain kali ya. Kalimantan kan apa apa ada :P

      Delete
  40. Kayaknya di Sulawesi selatan ada tuh yg pakai kluwak, mirip rawon.... Palubassa? Tedong pallubasa? aku lupa. Tapi aku pernah makan kok.
    Rawon, brongkos, pindang, tentu saja aku tahu. Luwak itu setelah dipecahkan harus dirasa dulu, kalau pahit lebih baik jgn dipakai krn satu luwak yang pahit bisa merusak seluruh masakan. Selain ngga ada luwak di sini, aku sih selalu bawa bumbu ind*f**d rawon. Makannya pakai toge dan krupuk +sambel duuuh uenaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah makan pallubasa euyy...
      Hihi bukan luwak, kasian dia suru makan kopi tapi dipecahin juga :))
      Iyaaa yang bikin enak makan pakai toge :D

      Delete
  41. brongkos...?
    belum pernah nyobaaa....

    kalau masakan yg kental seperti itu
    kyknya hrs aq hindari
    kalau nggak....badanku tambah melar
    hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, yoyoi
      semua yang enak emang harus dihindari hihi :D

      Delete
  42. baru tau kalo rawon itu asli jawa...berarti banyak masakan transmigran donk di banjarmasin...tapi kalo di kampung2 sihh masih banyak masakan khas banjarnya.....

    ReplyDelete
  43. Konro....
    Hmm... iya pake kluwak ^^
    Malah aku pernah coba kluwaknya langsung, enak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enak ya mbak? Hihi
      Aku cuma pernah ngebau aja :D

      Delete
    2. Iya wanginya khas.......
      Menurutku sih enak, walau agak aneh ^^
      Itu juga cuma nyoba, pingin tau rasa alinya kayak gimana ^^

      Delete
    3. Hihi iya wanginya gimanaaa gitu.
      Kapankapan coba ah hihi :D

      Delete
  44. bagi satu piring donk jadi laper liatnya ehheeee

    ReplyDelete
  45. pernah masak luwak, tapi gak suka :( jadi suamilah yang dipaksa menghabiskan :D

    ReplyDelete
  46. wahh,, laper aku mbakkk :Q____

    ReplyDelete
  47. rawon seh pernah lihat ya un di pontianak.. tapi gak mau makan deh.. hiiii.. klo brongkos baru pertama kali lihat. hmmm..

    emg aku lidah melayu yak.. gak cocok dg masakan jawa.. makanya dulu 5 hari disurabaya aku makan kfc terus.. hihihi..

    ReplyDelete
  48. mamaku sering masak rawon pake kaloak, ini nama versi makassar, kluwak juga. enak banget buatan mamaku lo una. itu brongkos mirip kayak kare jepang, tapi lebih muda coklatnya dan rasanya ciamik.

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!