Sungai Oyo Sunbathing

Kali Oyo dari Mangunan, mBantul.
"Ini kali yang sama kayak yang kita lihat dari Mangunan Un, Kali Oyo," begitu jelas bapakku. Waktu itu kami berada tak jauh dari Kali Oyo yang di daerah karst Gunung Kidul, dekat Gua Pindul. Pas beli tiketnya sih ceritanya mau rafting di Sungai Oyo. Karena aku nggak tahu ini sebelumnya, aku belum cari di google. Aku nggak kebayang tuh ya sungai level berapa itu ya, bakal terjerembab masuk kali  lagi nggak ya...

Best shot mas masnya ever taken... Totally blur, cool...
Ternyata bukan rafting woy, tapi river tubing. Nggak ada arus yang cool dan satu-satunya yang membuat tube-nya jalan ialah: karena ditarik mas-masnya, hahaha... dan banku yang paling dekat sama mas-masnya, jadi kedengeran deh dia cerita apaan. Nah, karena kemarau, jadi kalinya dangkal dengan kedalaman maksimal sembilan meter. Kalau nggak kering ya bisa di atas 15 meter. Dan karena kemarau pula kami disuguhi sungai yang berdinding batu-batu karst. Selain itu di pinggir sungai ditumbuhi pohon Nyamplung, katanya sih suka buat kerajinan. Aku masih penasaran sama itu. Oiya kata masnya, jarak tubing yang ditempuh sekitar 1,5 kilometer.


Hari itu panasnya puol-puolan lah. Ban yang basah pun jadi cepat kering. Kalau sudah gitu, tangan kesentuh dikit sama ban kering yang panas itu, duh rasanya kayak kesetrum. Nylekit panasnya, ngok. Yang bikin aku tersiksa sih bukan panasnya, tapi kenyataan bahwa setelah itu aku akan menemukan kulitku yang gelap tambah gelap dan belang! Udah pake katok pendek, kaos lengen pendek, pake sunblock pun cuma tangan sama kaki bawah dowang... Lutut ampe tumit kagak dipakein. Mamam dah tuh~ lalalala~

Sengaja pasang yang manyun, muokokokok... *evilsmirk*
Noooo, lengan atasku nggak sebesar itu suer! Karena lensanya kayaknya itu! *membela diri*
Saking panasnya, kita rasanya pengen banget kena sama air. Sampai akhirnya ada waterfall yang agak deras, katanya itu buangan dari Gua Pindul. Kami keluar dari tube, dan renang-renang! Horeee! Nah tak jauh dari situ kita bisa lompat dari ketinggian 12 meter dan nyemplung deh ke sungai. Aku tadinya malas, bukannya nggak berani. Eh liat Mbak Fera lompat, kayak cool tuh, coba ah...

Aku pun meneki (manjatin) tangga bebatuan di tepi sungai supaya sampai ke papan loncat indahnya. Ah nggak pake loncat aku juga indah... Pas berdiri, kok jadi deg-degan dewe, muahahaha... Bismillah ya Tuhan. Masnya bilang, mendingan lompatnya posisi berdiri, karena kalau pantat duluan sakit pol ketampar air. Oke mas, sip. Aku pun berjalan keluar dari tempat pijakan~ bismillah...

Kyaaaaa kok nggak sampe sampe ke airnya.

Ibuuuuuuuu...

"BLUNG!"

Eh asik juga ternyata. Tapi apa-apaan, pantat tetep sakit... biru-biru lagi sampai rumah.

Itu yang di kiri, tempat lompatnya... Ketok kan ya...
Aku pun menghampiri Mbak Fera dan Nimas, sepupuku. Masak kata mereka pas aku yang lompat sampai ke air suaranya kayak bom. Kalau lainnya yang lompat suaranya nggak segede yang aku hasilkan. Maksud loh???

Setelah itu kami tak lagi menggunakan ban kami, tapi dijemput *heleh bahasane* dengan rafting boat. Ya meski nggak rafting, udah kayak rafting lah ya... Kapasitas cuma enam orang, ditumpaki sebelas orang apa ya kalau nggak salah, hahaha... Tak berapa lama, kami pun sampai ke ujung perjalanan tubing kami. Aaaa sudah berakhir, meski menurut eike judulnya mah 'berjemur' tapi ah seneng-seneng aja lah ya!

Oiya, bisa loh susur sungai Oyo pakai mobil offroad? 4WD? Apaan sih istilahnya, auk... pokoknya mobil yang gitu tuuhh...

Susur Kali Oyo ini selokasi sama Gua Pindul, bisa beli tiket kombo. Tubing Kali Oyo + Tubing Pindul bayarnya Rp75.000. Cuma ada dua operator, yakni Dewa Bejo (singkatan desa wisata Bejiharjo) dan Wirawisata. Dewa Bejo sudah berdiri dua tahun yang lalu, sedang Wirawisata baru tujuh bulan. Podo ae sih ketoke...



Meski wisata Gua Pindul dan tubing Kali Oyo itu udah jadi special interest tourism yang mass (banyak bis besar yang ke sana), menurutku oke banget loh... memajukan ekonomi kerakyatan gitu... cool...

❤❤❤

Dan yeah, kulitku tambah gelap banget nget nget. Plus rambutku berubah warna dari merah jadi oranye, mihihihi~

152 comments:

  1. asli deh unaaa, itu kebanyakan bluuuurrrrr

    ReplyDelete
  2. itu apa tujuannya si mukanya diblur semua .. hahahahaha
    ada-ada aje lo ka ..
    wah, masa si suara lo nyebur ke aer kaya bom ? hihhihi
    yamm, seperti biasa jalan" lo seru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng gua Sra... gak ada kerjaan kan... yaudah gue blurin...
      Hahaha iya katanya yang denger T.T
      Bom atom yang buat Hiroshima Nagasaki Sra...

      Delete
    2. zz.. hhee
      buset deng..
      kasian dong yang lagi liburan disana, kena radiasi lo .. he

      Delete
  3. Seru Na tubingnya. Panas-panas gitu jadi bikin pengen nyemplung..

    ReplyDelete
  4. justru malah keliatan keren ya keliatan dinding batu karstnya. Kalo pas musim ujan, kan mungkin ga keliatan :D

    kereen Un...;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, keliatan, tapi panas, hahaha...

      Delete
  5. itu sungainya ijo warnanya, lumutkah? atau apa nih? ndrawasi ketoke..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe itu airnya kon tenang sekali ya. Tenang sekali, damai rasanya liat air yang tenang mengalirnya. Bukan white water rafting kayaknya nih ya mba Una? Hhhihihihihihi

      Delete
    2. tau tuh mas Zach pake istilah yang juga saya nda ngerti. Apa itu "Ndrawasi"?

      Delete
  6. seronok jugakan kalau sesekali ikut aktivi sebegitu ^_^

    ReplyDelete
  7. Aku takut loh una nyebur2 sungai, paling naik perahu itu juga pake deg2an

    ReplyDelete
  8. wah mantabs nih kalau ramai ramai di sungai yah

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. una jadi mengingatkan aku waktu di curug .... curug apa dah tuh lupa namanya... loncat dari ketinggian... sampai sekarang masih bingung kok aku berani ya.... lokasinya mirip kaya gini...

    ReplyDelete
  11. emak2 boleh ikutan tubing nggak Na...?
    he..he...apa kuat mas2nya narik ...
    mungkin lebih pagi aja ya datangnya biar nggak gosong..., ini jam berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja mbak,
      hahaha buktinya narik aku kuat :P
      Itu jam 12 apa ya, huahahaha...

      Delete
  12. Kenapa wajahnya diburemi Mbak ?.

    Nanti tak tampak lagi lo hehe ... :D *Peace*

    ReplyDelete
  13. Kalo kulit gosong kan malah jadi seksi to un....kayak Jeniffer lopez...:)

    ReplyDelete
  14. Wow...perjalanan yang luar biasa.Jadi pingin ikut rombongan nih :)

    ReplyDelete
  15. hahahhaa...masa sih pas kamu nyebur kayak bom suaranya? ehhh tapi kayaknya asikkk yahhhh.....kepengenn cobain ahhh nanti...bagus2 aja tuh pemandangannya biarpun airnya kayak ngono...

    ReplyDelete
  16. sepertinya gak jauh beda dengan rafting dan arung jeram yah ...

    melihat di FTV pernah ada cerita mengenai rafting gitu,
    ternyata kalau gak dikawal sama keahlian skill, bisa jatuh dan hanyut.
    hahaha ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah rafting ama arung jeram mah sinonim...
      Tergantung sungainya kwkwkwk...
      kalo ciliwung kayaknya level berat tuh, muahahaha...

      Delete
  17. Opone sing 'cool' toh na? Lawong 'hot' ngono lho.... :))

    ReplyDelete
  18. wah sepertinya asik tu... main main air... jadi pengen sunbathing. hahaha

    ReplyDelete
  19. eeh mbak un, kok yoo pas awan2 toh panas eram garai makin kusam tuh :D

    Mau main main ke situ, main air mak byuurr :D

    ReplyDelete
  20. Keren ya na batu karst nya...hahahaa kamu nyebur ke air suaranya ky bom, sekate-kate tuh yg ngomong ky gitu :D
    Eh na...gosong itu eksotis tau hihihii trus rambutmu gk perlu lg bawa nyalon buat diwarnain kalo gitu ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asem emang yang bilang gitu, muahahaha~
      Iya rambutku jadi alay kwkwkwk

      Delete
  21. tiap kali berkunjung kesini pasti bete. iriiiii aaaaa mau banget ke tempat-tempat kayak giniiii aaaaaa *galau* *memandangi dompet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh hueee, blogku bikin bete T.T
      Wkwkwkwk...

      Delete
  22. ehehhehe.. kl panasnya lg pol2an gitu duduk di ban udah berasa kyk di panggang ya.. mending nyebur ajah mumpung pk pelampung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mbak, seakan-akan disuguhkan pada matahari :P

      Delete
  23. Wah di Goa Pindul ya Un...Kamu pasti ketemu Pak Tukijo khan?..

    ReplyDelete
  24. ah una ga seru nih ftonya di tutup2 gtu ! una kan cakep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D hahaha iya karena cakep nya di tutupin jadi ga cakep lagi deh hahaha :D

      Delete
    2. Hahaha gak papa gak keliatan cakep :P
      Yang penting aslinya cakep, muahahaha...

      Delete
  25. wah wah ... seneng bisa main air kayak gitu
    apalagi arusnya gak deres :D
    tapi nyobain loncat indah kayaknya gak bakal berani deh Na
    takut gak muncul di permukaan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah emang mbak massa jenisnya besar? :P

      Delete
  26. ternyata di Indonesia masih ada sungai sebening dan sejernih itu toh? kerenn...dimana sih Na???

    ReplyDelete
  27. Walopun tempatnya bagus tapi kalo mesti panas2an gitu, aku keknya undur diri deh Una...gak kuat euy sama panas terik :D

    Btw, aku penasaran Una kok bisa pas kamu loncat suara airnya kayak suara bom? :P

    ReplyDelete
  28. heu, Un! Kapan sunbathung di Kali Bodri Kendal?? Gak kalah mantep lho ama Oyo... :)

    ReplyDelete
  29. kirain tuh foto blur itu disengaja juga....

    keren amat tuh tenang dan sepi disana.... enak juga berendem disitu ya... harusnya mungkin sore sore gitu tidak terlalu panas ya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, wkwkwk... kayaknya belum fokus dah jepret :D
      Iya sore atau gak pagi dan pas sepi orang hihihi~

      Delete
  30. Di sumatera mana ada sungai yang begitu mbak. Berlumpur semua. Tapi pastinya lebih gede dan dalem. Dan nggak bisa dipake rafting

    ReplyDelete
  31. seruuuu...sayangnya pas aku kuliah di Jogja tahun 1996 belum ditemukan gua Pindul yang cantik itu :)

    Waduh...konangan Una, nek wis tua, hahahaha...

    ReplyDelete
  32. wah itu mode gerigi2 batu yang ada di kiri-kanan sungai asli keren banget, una..
    btw, reportase2 jalan-jalanmu udah pernah dikirim ke media cetak belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah, sekali doang baru masuk, kwkwkwk...

      Delete
  33. Un...tos ahh yg menggelap gara-gara main air hehehehe

    ReplyDelete
  34. lha kowe le mlumpat sinambi ngentut
    pantes wae koyo bom...

    pake sunblok kok dari lutut ke atas, maksute piye..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ra ngentut ae koyo bom om... wkwkwk

      Delete
    2. Lali, mana bagian lutut ke atas, huuu!!!

      Delete
  35. hehe... ngelihat lengan una, jadi megang lengan sendiri... podo ketoke :D

    ReplyDelete
  36. Alamnya cantik ya Na ... subhanallah.
    Lho, emang yang lain kalo jatuh ke air bunyinya kayak apa? :D

    ReplyDelete
  37. Bule malah sengaja Una berjemur agar kulitnya kelihatan gelap.
    O ya muka Una kenapa di blur.....pokoknya saya protes....!!!

    ReplyDelete
  38. etapi pemandangannya begus ya un.. suka deh :D

    ReplyDelete
  39. wah pas banget tuh, musim panas maen aer.. cepet gosongnya :))
    tapi klo gitu sih gpp ya mbak unna, yg penting happy :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... kayak jarang liat sampeyan nih :P

      Delete
  40. Ya ampun, lompat Un? Dari ketinggian 12 meter? Wah kalau yang manula bisa rontok semua tulang2nya kali yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, pas sampe air tulangnya kepisah pisah :P

      Delete
  41. Kereeeeeeeeeeeeeeeennnn....!!!! Sayang kenapa wajahmu itu. hehehehehehe

    ReplyDelete
  42. mantap nih, aku dah sering banget denger ceritanya orang yang pada kesini, pengeeeen cuii..bayarnya berapa na?bukane 50rb aja yah, sip dah besok aku bawa rombongan bis kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi tulisane sih 75 di situnya... gak dimarkup tuh...
      gak tau deh :D

      Delete
  43. bulan depan saya mau ke gua pindul!!!!
    jelaskan rutenya kalo dari jogja dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya Jalan Wonosari teruuuus aja, hahahaha!
      Pas udah sampe Alun Alun Wonosari, kalau gak tau juga, ada banyak motor motor yang mau ngeguide-in sampe Pindul... gratis...
      Kayaknya mereka dapet duit dari operatornya...

      Delete
  44. wah, una fotonya kok di blur sih? kan jadi gak bisa liat ekspresi kamu, hihihi. tapi seru nih ceritanya. gimana pantatnya masih biru2 kah? hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kan aku malu :P
      Udah gaaa dong, sekarang jadi pink wkwkwk~

      Delete
  45. sing ngoment blog mu akeh ment tah mbak
    pie kui carane??
    #pengen
    hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini karena pesona, muahaha...
      Takon masmu wae :P

      Delete
  46. ituh kamu berani jumping beneran di atas tebing sungai? kereeennn deh, klau aku gak bakalan jd penonton setia saja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kan jatohnya ke air, kalo jatuhnya ke tanah ya ogah eike :P

      Delete
  47. Sungai Oyo ternyata keren ya Na! Itu bagian yang ada dinding karst-nya kelihatan cool banget tuh! Eh tapi bener sih, kayaknya panaaas menyengaaat gitu ya, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kalau Oyo yang di daerah karst ya cool, kalo yang di Bantul ketoke gak cool hihihi~

      Delete
  48. aaah keren banget!!!
    Ka Una jalan-jalan mulu kayaknya yaaa... asiik nih..
    muka di blurin semua ka -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini jalan-jalan karena males kuliah, muahahaha...

      Delete
  49. Pemandangannya sangat keren. Kapan saya bisa kesana.

    ReplyDelete
  50. Kapan na ngajak jalan2 aku toh?

    Eh buah nyamplung dulu ada dideket rumahku, itu buah buat mainan.
    eh awakmu panasan koyo iku nambah mateng dong kulitmu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kamu kapan ngajak aku jalan-jalan?
      Gosong T.T

      Delete
  51. Kalo itemnya merata kan nggak papa, Un. Malah eksotis..hak..hak..hak.. Apalagi kulit item merata plus rambut orange merata..hak..hak..hak.. *ngakak ngebayangin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo merataaaa T.T
      Sayangnya enggak, gak usah dibayangin!

      Delete
  52. Kali oyo wah keren... dan saya baru denger juga namanya

    ReplyDelete
  53. cuakakaka, tuh keliatan di foto kalau mbaknya belang :D
    eh tapi beneran terjun dan buminya kek bom?. berarti mbaknya? kyaaaa *kabor*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sebelumnya pun udah belang...
      Aku? Terbuat dari nuklir...

      Delete
  54. Wah keren banget tempatnya... Lumayan ya bisa bikin gosong kulitmu Na ehehe

    ReplyDelete
  55. ketok-e enak main air disana. arusnya ga banter khan? dadi kemungkinan kelelepnya sithik tho???

    *dilema ra iso renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pake pelampung kan gak tenggelam :P

      Delete
  56. Aih...kereeen, ternyata di mBantul jg bisa ber-sunbathing ria ya Na ;)

    ReplyDelete
  57. wah ternyata Mbantul keren yah, ada sungai kerennya gitu...dulu pas aku di Mbantul belum ada dibuka kayaknya
    btw selamat yah masuk 10 besar finalis lomba blog majalah sekar..semoga sukses ya una :)

    ReplyDelete
  58. Wah, 5 tahun aku tinggal di Jogja, kenapa tempat sebagus itu aku ga tau ya? :(

    Jogja... Aku kembali!

    ReplyDelete
  59. Wah, seru yo Un. tapi kalo g ditawarin ikutan sunbathing, mwalese amit-amit dah Un. panassssssss

    ReplyDelete
  60. Wis tau krungu Lagu Kali Oyo opo durung Na?
    Sing ngarang dan menyanyikan namanya DImas Tejo

    ReplyDelete
  61. Hehe.. aku pengennn Unaaa.. :( mbok laen kali ajak2.

    ReplyDelete
  62. klo dari malioboro naik apa yach ke sungai oyo?
    trus biaya nya brp?
    makasih

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!