Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perzooman

Hampir setahun aku sudah tidak pergi ke sekolah. Semua kelas dilakukan melalui Zoom. Aku sih prefer kelas offline, langsung ketemu guru di kelas, apalagi kelasku kebanyakan adalah kelas praktik, jadi susah kalau mau bertanya sama gurunya. Selain itu, jadi berasa tidak punya teman sekolah karena sama sekali tidak bertemu. Ada satu kelas yang memberikan kesempatan kepada murid-murid buat ngobrol di breakout room, tapi itupun hanya sekali dan kelas lainnya tidak ada sama sekali.

Meski prefer kelas offline, kelas online juga ada sisi positifnya seperti tidak perlu menghabiskan waktu untuk naik bus ke sekolah, tidak perlu ganti baju, leyeh-leyeh di tempat tidur juga masih bisa mengikuti. Bahkan jadi memberikanku ide buat ambil kelas bahasa asing di sekolah bahasa asing di Indonesia tapi akunya ngga di Indonesia. Lebih murah. 😜

Di postingan kali ini, aku mau membahas soal sedikit kekecewaanku dengan kelas zoom pelajaran/webinar di Indonesia.

Perzooman


Awalnya, aku pakai zoom hanya untuk mendengar kelas kuliah. Itu pun aku ngga pernah pakai fitur annotate, share screen, jadi sempet kagok waktu ada tugas presentasi dan disuruh share screen. Kayak paling norak satu kelas karena aku nanya gurunya, gimana cara share screen di zoom 😂 Norak. Padahal tombol share screen ada di tengah-tengah.

Kemudian aku pakai zoom buat ikut event job-hunting seminar, webinar-webinar, dan kelas bahasa. Aku merasakan perbedaan yang sangat amat mendalam dari kelas Zoom yang diadakan di Jepang, dan kelas Zoom yang diadakan di Indonesia. Woh, beda banget.

Yang paling membedakan adalah soal ketepatan waktu.

Kelas kuliahku di sini, semua tepat waktu. Kadang aku telat satu menit, ya gurunya sudah mulai ngomong. Bahkan kalau gurunya mau telat, dari seminggu sebelumnya dia sudah minta izin ke murid-muridnya kalau mungkin bakal telat. Meskipun kenyataannya dia tetap tepat waktu mulainya. Ngga ada tuh acara kelas mulai jam setengah dua siang, baru dimulai setengah dua lebih sepuluh menit. NGGA ADA.

Suatu hari, aku ikut webinar yang diadakan oleh temanku. Alasan aku ikut karena aku ingin lihat teman SMA ku yang sudah lama ngga ketemu. Webinar Zoom saat itu adalah webinar Indonesia yang pertama kali aku ikuti.

Moderatornya telat dong, seingatku lebih dari 15 menit. Ujung-ujungnya, webinar dimulai terlambat 45 menit. WOW. Aku cukup culture shock. 😂

Kelas bahasa asing yang aku ikuti pun juga tidak terlalu tepat waktu. Kadang aku join dua menit sebelum dimulai, itu baru ada gurunya dan dua murid. 😂 Ujung-ujungnya kelas dimulai telat sekitar tiga sampai lima menit. 

Hari ini pun aku ikut webinar Indonesia. Telat 10 menit, dong. 😓 Ngga ada apa ya yang tepat waktu?

4 komentar untuk "Perzooman"

  1. Kayaknya gak ada deh, hahaha. Sekolah anak juga selalu telat kayaknya mulai. Kadang muridnya, kadang malah gurunya, jadi sama aja, hahaha. tapi telatnya gak lebih dari 5 menit seh gurunya. Kalau lebih biasanya orang tua udah tereak di group. hahaha

    BalasHapus
  2. Bikin bete kalo org lambat. Apalagi kalo kita ada plan lain abis kelas. Eh gara2 ada yg terlambat jadi ditungguin. Kelas jadi mundur 30 minit. Jadinya aku yg terlambat buat ketemu org abis kelas hahahaha.

    Tp paling parah sih pas ke dokter gigi. Aku bikin appointment jam 9, eh disuruh jam 8 aja biar jadi org yg pertama. Ya udah aku ok jam 8. Gataunya udah tunggu dari jam 7.50, susternya bilang dokternya masi otw mulu. Ga diinfo kira2 kapan sampainya. Ujung2nya dokter nongol jam 9.15. Udah gitu malah tante2 yg dateng jam 9 yg jadi pasien pertama. Kesel ga tu? HAHAHAHA.Sorry ya panjang wakakka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha lol. Ngeselin banget sih itu ya. Dikira ngga ada kegiatan lain apa.

      Wakakak curhat. Ih parah banget. Ngapain nyuruh jam 8 kalau ujung-ujungnya sama aja.

      Dokter gigi di sini mah ontime. Aku telat karena tahunya macet, trus di jalan ditelepon trus ya udah, di-cancel akhirnya.

      Hapus