Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plus Minus Handuk Kanebo

Beberapa tahun lalu, teman mama yang menginap di rumah kelupaan membawa handuknya. Handuknya tidak terlalu besar, tipis, dan kelihatan sangat nyaman dibawa buat bepergian. Aku baru tahu belakangan kalau handuk itu menyebutnya handuk microfiber. Dari situ, aku mikir, enak juga ya kalau membawa handuk microfiber buat jalan-jalan, nggak makan banyak tempat.

Kemudian aku jadi sering jalan-jalan nih, dan aku membeli handuk microfiber-ku sendiri di Daiso seharga 25 ribu. Eh kemudian aku melihat travel towel yang bentuknya bisa digulung ringkas gitu. Harganya juga ngga mahal-mahal amat, 6 dolar Australia. Sempat aku bawa ke Jepang musim semi April ini, agak lembab kumasukkan koper nggak masalah, nggak bau. Pas aku pakai di Ayr, kota di Australia yang termasuk daerah tropis, cepat bau gitu. Entah mungkin kelembaban udara pengaruh kali ya. Sudah gitu nggak lama dicolong orang.

Aku cuci, jemur, dan besoknya hilang. Mungkin ada yang mirip handuknya jadi nggak sengaja diambil kali ya. Setelah itu sementara aku mandi pakai handuk muka. Sayang duit beli handuk biasa yang mahal. #kere

Aku ingat aku kepengen handuk semacam kanebo tapi bukan kanebo banget (?!) yang teman sekamarku punya. Waktu itu aku diceburin teman-teman di kolam renang. Nggak bawa handuk nggak bawa apa, trus sama teman sekamarku orang Jepang ditawarin pakai handuk yang aku tahu itu handuk mandinya. Pas aku coba, ternyata ya diperes macam kanebo gitu. Katanya sih beli di toko olahraga. Jadi pengen beli handuk macam gitu deh. Apalagi jauh lebih nggak makan space dibandingkan handuk microfiber.

Udah kuning lagi warnanya, pas banget buat ngelap mobil.

Aku bingung apaan keyword-nya, iseng-iseng cari ‘magic towel’ di eBay, eh ketemu handuk chamois (a.k.a kanebo) yang di gambar packaging-nya selain untuk mobil bisa juga buat badan. Harganya cuma 2 dolar, free ongkir pula, tapi seller-nya di Hong Kong. Mampuslah tuh beli handuk 2 dolar nunggu sampainya sebulan. Aku ngga cuma beli satu, tapi seller satunya dari China. Iseng banget nggak sih... mentang-mentang free ongkir.

Nyari handuk dibagian peralatan mobil... fiuh.

Atau nggak dibagian kain lap dapur...
Handuk alias kain lap ini biasa juga disebut chamois (katanya sih nyebutnya 'syemmi'). Aslinya chamois itu adalah kulit binatang seperti rusa atau domba. Tapi yang digunakan untuk kain lap itu ya sintetik yang dibuat dari polivinil alkohol (PVA). Meskipun aku udah beli dari eBay, empat bulan lalu, aku beli lagi dari Daiso, baru dua hari lalu. Gara-gara handukku dibuang sama temanku. Gara-gara kering kayak keripik dikira sampah. Yang satu lagi sudah robek-robek. Di Daiso pun galau lagi, karena chamois ini dijual di section mobil-mobil dan kain lap dapur LOL. Yang buat mobil warna biru, yang kain lap dapur warna kuning sama pink. Yang jelas bahannya sama sih. Akhirnya beli yang biru.

Nah, pakai handuk kanebo ini menurutku ada plus minusnya juga sih.

Plus
+ Sangat amat menyerap air
+ Nggak makan tempat
+ Cocok buat dibawa bepergian
+ Lebih higienis karena selalu dicuci

Minus
- Kalau kering kayak keripik
- Nggak tahan lama
- Tidak bisa buat ‘handukan’ dan menutupi badan, nggak ada tuh acara ke luar kamar mandi handukan doang LOL

Nggak kepikiran plus minusnya lain. Dan aku nggak tahu efek PVA kalau kena kulit. Semoga sih nggak masalah... Sampai sekarang sih nggak masalah.

Tadi malam teman serumahku ngetawain aku karena pakai handuk kanebo. Huh belum tahu aja dia, kalau handuk kanebo tuh mujarab 😓 Ada yang pernah coba pakai handuk kanebo?

14 komentar untuk "Plus Minus Handuk Kanebo"

  1. Bisa aja Una. Aku malah penasaran sama handuk yang kamu beli di daiso tadi.

    BalasHapus
  2. Mungkin handuk kayak gitu cocoknya cuma buat sekali/dua kali pakai kali ya? (kalau buat badan)
    Tapi unik banget kak! :D

    BalasHapus
  3. Hahahaaaaa
    Belum pernah coba sih
    Tapu sepertinya recommended buat dibawa berpergian 😋😋😋

    BalasHapus
  4. kanebo??? aku pake itu buat ngepel lantai sama bersihin kompor. Dan biasanya mertuaku pake itu buat ngehandukin kucing, wekekeke

    BalasHapus
  5. Ciyus Na? Belum pernah pake kanebo buat handukan.

    BalasHapus
  6. Baru kepikiran. kayaknya enak juga jalan2 handukannya pake kanebo..hehe

    BalasHapus
  7. Eh, unyu yo Na. Aku baru mudeng ada handuk kanebo begindang. praktis ya to

    BalasHapus
  8. Tante Una..

    udah pernah nonton film UNA belom???

    BalasHapus
  9. Belum pernah coba
    Paling ekstrim aku mah ngeringin badan pake tisu, atau sama paiakain yg abis dipake sebelum mandi hihihi

    BalasHapus
  10. Hallo Una! Lagi iseng buka history browser, ada blogmu)) Sudah lama sekali tidak ke sini dan mungkin kamu juga sudah lupa siapa saya))

    Ternyata kamu masih aktif blogging ya.

    Temanmu,
    Deny

    BalasHapus
  11. semoga aman, kalau saya sih ga mau bayangin dibandingin kulit motor sama kulit manusia he,,

    BalasHapus
  12. Ya saya termasuk pengguna cara ini, mengeringkan tubuh sehabis mandi dengan kanebo, ketika travelling, alasannya ya sama seperti yang diungkapkan di atas ...
    Pengguna #kanebo sejak 2006/2007, sampai saat ini .. ;)
    #salamkanebo

    BalasHapus
  13. Emang ada kanebo untuk badan kaya handuk kanebo gitu biasanya atlet2 air seperti renang, loncat indah yg make

    BalasHapus