Sidang Skripsi

Memang melakukan hal yang tidak disukai itu berat ya. Seperti halnya ngerjain skripsi. Apalagi buatku… udah nggak suka + pemalas + nggak niat, ya udah deh. Nggak lulus-lulus juga, sampai ambil mata kuliah skripsi di empat semester berturut-turut (baca: dua tahun).

Well, mau alasan kalau jurusan yang kuambil adalah bukan passion-ku, bukan alasan buat malas-malasan ngerjainnya kan. Malah harusnya cepetan dikerjain biar lega. Tapi mah… nggak tahu lah. Kalau baca-baca literaturnya, menghitungnya, sih nggak masalah. Yang masalah adalah bagian nulisnya.

Lah situ biasa ngeblog masak nulis skripsi nggak bisa? Bedaaa… di blog nulis ngaco, di skripsi nulisnya kudu baku.

Sampai akhirnya beberapa bulan lalu, aku ditegur jurusan melalui dosen pembimbingku untuk sidang dalam waktu dekat. Sepertinya jurusan sudah gemas sama anak-anak macam diriku ini, nggak lulus-lulus.

Ngitungnya mah udah kelar dari kapan, tapi tulisannya masih berantakan. Pas mau maju sidang pun tulisanku juga masih banyak yang jelek. Yang menurutku baku, ternyata enggak sama sekali di tulisan ilmiah. Masak kata ‘misalnya’ nggak boleh ada di depan, ya manakutahu, hahaha… perasaan di karya ilmiah Bahasa Inggris, kata ‘for example’ boleh di depan deh. *ngeyel*

Sampai hari itu tiba… gue bahkan nggak punya kemeja wanita hahaha pinjam ibu deh. Pagi itu, nggak deg-degan sama sekali. Jadwal jam sembilan tapi dimulai sekitar setengah sepuluh. Pas udah di dalam… ditanya banyak banget sama ketua penguji.

Nama panggilannya siapa?
Kamu enam tahun ke mana aja?
Kok nggak selesai-selesai skripsinya?
Mau jadi apa abis lulus kuliah?
Kamu yakin mau jadi itu?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu deh. Satu setengah jam aku di dalam ruang sidang. Rasanya 45 menit digunakan buat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, 45 menitnya buat menjelaskan isi dan menjawab pertanyaan soal skripsi. Alhamdulillah, nggak ada yang susah-susah banget, wong kalau susah dijawab dan dibahas sama ibu dosen pembimbing dan dosen penguji yang satu lagi yang tulisannya jadi rujukan skripsiku. Sidang skripsiku ini, rasanya lebih ke sidang buat hidup, bukan sidang skripsi =))

Usai kelar membahas skripsi, saya diberi saran perbaikan yang amat banyak, hahaha. dan kemudian disuruh keluar sebentar. Dan bertemu teman-teman yang datang menungguiku hahaha. Nggak lama, aku disuruh masuk lagi, dan bahas masa depan lagi dehhh. Duhhh… dinasehatin gitu sama ketua pengujinya. Malah bikin pengen nangis.

Sempet ditanya juga, “Itu temen-temen kamu pada dateng? Emang pada nggak kerja apa?” Tapi aku cuma jawab, “Nggak tahu Pak, lagi libur mungkin.” Sambil senyum-senyum.

Kemudian ketua penguji bilang, kalau aku lulus dengan syarat revisi maksimal dua minggu, kalau lebih, tidak akan ditandatangani… dan akhirnya aku keluar dari ruang sidang dengan cengar-cengiran.

Aku pun cerita kalau ditanya apakah temen-temenku yang datang pada nggak kerja?

Kata teman yang anak magister, “Harusnya mah jawab, ‘Iya dong Pak, teman-teman saya kan mampu menganggur.’” Yah terlanjur, maklum aku nggak secerdas itu buat jawab pertanyaan dosen penguji. Amiin banget mampu menganggur =)) Sayangnya aku belum mampu, belum kaya soalnya, hahaha… tapi sekarang nganggur sih. Hm, semacam paradoks hahaha…

Keren kan fotonya, hahaha...

Memang sengaja disensor, ntar pada protes fotonya dimasukin ke blog gue =P

Orang mah abis sidang biasanya langsung foto-foto, ini kita malah nggosip dulu sejam, baru inget foto-foto, hahaha… Sempet disuruh nyebur ke kolam (yang harus diceburin kalau abis lulus) tapi gue nggak maooo ogaaah kotoorrr yiakkk!!

Hahaha…

Agak lega…
Meski ada revisi…
Dan ada cerita lagi saat revisi, next lah next lah.

Btw, terima kasih teman-temankuuu sejurusan seangkatan yang sudah datang saat aku sidang. Suksessss semua yaaa… buat Tika cepat lulus S2-nya, buat Aji sukses les diving-nya dan kuliah di Norway, buat Ika sukses usaha kopinya dan usaha yang lain tak lupa kapan nraktir kita-kita, dan buat Afif cepat S2 di luar negeri yaaa…

Waaa. Nanti-nanti sering ketemu lagi nggak ya… *kok jadi sedih…*

Sorenya usai sidang, muka gue gini...

25 comments:

  1. aku nyesel lihat pose di foto terakhir ahahaha

    ReplyDelete
  2. Selamat Una, udah sidang. Lulus juga euy.

    Kalo udah kelar revisi, cariin topik buat karya akhirku dong..

    ReplyDelete
  3. Congrats ya udh lulus setelah 2 th skripsi. Hahaha. Buruan dikerjain tuh revisi nya :p

    ReplyDelete
  4. Selamat ya Na akhirnya sudah beres juga skripsinya!! Hehehe.

    Iya kok, bagian menulis skripsi/thesis/disertasi itu memang memakan waktu banget!! :D Jangan cuma dikira nulis doang jadi gampang, hahaha :P .

    Btw, lucu ya pas sidang kok ditanyanya yang begitu-begitu.

    ReplyDelete
  5. makan makaaaaan... selamat yah Na :)

    ReplyDelete
  6. Finally lulus ya selamat.. selamat
    ingat dulu jg aku ngambil skripsi 2 taun gegara sibuk side job kiri kanan sampe dicariin PA sm pembimbing kenapangak maju2 xixixixixi

    ReplyDelete
  7. cieeeee selamat kakak unaaaaaaaa :) segera selesaikan revisinya #BelagakBos haha

    ReplyDelete
  8. Trus Una lanjut kuliah lagi gak?

    ReplyDelete
  9. Selamat Una! Hahaha sidang kehidupan ya, bukan sidang tentang kuliahnya.
    Jadi inget dulu masa-masa skripsi, jadi masa paling berat dalam hidup. Sekarang kalo diinget-inget lucu juga hihihihi.

    ReplyDelete
  10. masih berapa semester sih? :D
    aku udah 12 semester, dan ini belum lulus

    ReplyDelete
  11. Wah sukses ya Na. Semoga rencana-rencana ke depannya lancar aemua dan akhirnya mampu untuk menganggur. :)

    ReplyDelete
  12. Lho, udah slses skripsinya, ya. Kirain masih semester 17, Kak.

    ReplyDelete
  13. Selaamaatt Unaaaa
    Akhirnya yaakkk wkwkwk

    Harusnya ditanya dosen, kemana aja kamu enam tahun? mau tau apa mau tau banget paakkk *disambit

    ReplyDelete
  14. Una... selamat ya udah selesai sidang skripsinya... :)
    mirip banget deh ah sama aku jaman2 ngerjain skripsi juga...
    ngeblog bisa secepat kilat n sebanyak apa tau,
    nulis skripsi mandeg satu kalimat...
    bahkan itu pertanyaan dosennya kok sama ya...
    "ke mana aja" hihihi...

    semoga setelah yg ini selesai,
    tahapan selanjutnya lancar semua ya Una :)

    ReplyDelete
  15. Waahh.. selamat ua, Una.. akhirnya sidang jugaa..
    kalo di kampusku sidang mah default item putih kayak ospek haha

    ReplyDelete
  16. Congrats, Una. Mudah-mudahan wisuda tahun ini, ya ^^
    Btw, mampu menganggur itu istilah yang keren. Pinjem yakk v(^O^)v

    ReplyDelete
  17. Selamat Una... ayo next lah..next lah-nya diceritain :D

    ReplyDelete
  18. Buat Una, cepat S2 di luar negeri juga yaaa *kaboooor*

    ReplyDelete
  19. Selamat Unaaa.... kenapa harus diblur sih mukanya???? Berarti wisuda udah di depan mata.

    ReplyDelete
  20. Huaaaaa...udah selesai yaaaa...selamat yoooo

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya, Naaaa.. Toss lah kita ambil makul skripsi selama dua tahun! Huahahah :D

    Tapi syukurnya kita ngga kalah berjuang dongs. Tetep ada tanggung jawab ke orang tua ya ngga siiih :P

    ReplyDelete
  22. Bener nih, ngelakuin hal yang enggak kita suka itu beraaaatttt. Tapi suka takjub sendiri kok bisa ya jalaninmya dan berhasil, hahahah.
    Selamat Uun...

    ReplyDelete
  23. Una, selamat yah....
    Lanjut melakukan hal yang Una sukai.
    Salam hangat

    ReplyDelete
  24. Ahh...sidang skripsi rasanya sangat nano nano banget pokoknyaaa

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!