Ini Teman Travel Terbaikku, Kalau Kamu?

Mengepak barang dan baju sebelum liburan adalah pe-er besar, yang mungkin kalau saya punya uang sampai 'tak bernomor seri' lagi, tidak lagi jadi masalah, karena kalau ada barang ketinggalan, kan tinggal beli. Masalahnya, kalau ketinggalan, kita beli, lalu muncul pengeluaran lain di luar alokasi. Makanya ada beberapa barang yang wajib dibawa alias jadi 'teman travel terbaik', seperti dalam gambar di bawah ini.

Beberapa teman travel terbaikku: payung, tabir surya, uang, kamera, dan sampo kering.


Itu baru sebagian 'teman travel terbaik' saya yang berupa barang, masih ada yang berupa manusia (maksud loh, Na?), dan oh ya! Saya baru saja menghadiri acara dari Mister Aladin, teman travel terbaikmu, belum lama ini (23/4).

Tampak depan lokasi Kongkow Bareng Food & Travel Blogger Mister Aladin, woo-hoo, I'm so excited!

Siapa sih Mister Aladin itu?

Teman-teman sudah tahu Mister Aladin belum? Mister Aladin adalah situs booking baru yang mempunyai misi untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk terus menjelajahi Indonesia dan dunia. Singkatnya sih gitu. Nah waktu dapat undangan Kongkow Bareng Food & Travel Bareng dari MisterAladin, saya semangat banget deh. Selain pasti ketemu teman-teman blogger, eh pembicaranya travel photographer handal Barry Kusuma, venue-nya di Cafe Batavia pula, dan saya juga penasaran banget Mister Aladin itu seperti apa detilnya.

Kiri, James Prananto, Deputy Head of Travel Mister Aladin. Kanan, Barry Kusuma, travel photographer paling heitz se-Indonesia. Sedih duduk di belakang, jadi nggak dapat foto bagus, dan terpaksa dikrop karena ketutupan orang.

Eh kok ya saya datangnya telat setengah jam, tapi tak menyurutkan semangat untuk menyimak ilmu yang disampaikan oleh Barry Kusuma. Dalam acara tersebut, Om Barry membahas dalam-dalam mengenai 'Jalan-Jalan Dapat Duit'. Hmmm, siapa yang tidak tertarik dengan topik ini? Salah satu caranya adalah dengan memiliki foto-foto ciamik dari hasil perjalanan atau menjadi travel photographer. Sekarang semua dapat menjadi travel photographer, apalagi sekarang kamera dengan hasil yang bagus dapat diperoleh dengan harga yang bersahabat dengan dompet.

Rasanya bisa berapa halaman kalau mau menyampaikan ulang isi paparan Om Barry, sehingga saya rangkum poin-poin kiat dan saran untuk menjadi travel photographer yang heitz:

1. Minimal punya foto dan pernah ke 12 provinsi untuk menjual karya foto kita. Alasannya, kalau dibeli untuk kalender, butuh minimal 12 foto.

2. Buat web untuk menampilkan hasil foto. Jangan high-resolution, paling tidak maksimal width foto 700 px. Web atau blog menjadi wadah utama untuk share.

3. Jangan lupa watermark. Saya suka penjelasan Om Barry mengenai watermark. Well, kamu tahu kan meski pakai watermark, foto bisa dicuri dan dikrop bagian watermark-nya? Tapi analogi yang diberikan Om Barry adalah seperti memberi kunci pada sepeda yang diparkir. Tetap saja punya risiko untuk dicuri. Sama halnya dengan foto.

4. Manfaatkan semua media sosial yang ada. Mensyen ke akun terkenal seperti @indtravel @liburanlokal, well tentu saja ke @barrykusuma juga bisa tuh. Ada kemungkinan dilihat dan di-retweet kan?

5. Ikut lomba foto sebagai ajang asah skill.

6. Manajemen stok foto yang baik. Siapkan backup, in case kenapa-kenapa kan sama memory card atau komputermu? Om Barry Kusuma sendiri katanya punya lima lapis backup!!

7. Dan yang paling penting... BE CREATIVE BE DIFFERENT! Asah kreativitas dan tonjolkan perbedaan hasil karyamu, kalau berbeda pasti dapat mudah dikenal.

Ah ya, dan setelah itu tinggal konsistensi. Kalau konsisten pasti kesempatan datang terusss...

Langsung praktik ahhh, hihihi! Setelah sesi Om Barry Kusuma, kemudian dilanjutkan oleh James Prananto, Deputy Head of Travel Mister Aladin. Saya legaaa... saya kira penjelasan mengenai Mister Aladin ada di awal acara dan saya kelewatan, hehehe. Mister Aladin merupakan situs booking yang punya tagline 'teman travel terbaikmu', yang ingin membentuk imej sebagai seorang teman yang mengerti tentang travel. Makanya, meski fokus Mister Aladin adalah hotel dan deals berupa paket perjalanan, Mister Aladin juga memiliki fitur blog yang memberikan inspirasi jalan-jalan dan menyediakan travel guide.

Aladiners, begitu nama khusus bagi teman-teman Mister Aladin, yang tentunya hobi jalan-jalan. Mister Aladin, meski baru, berusaha untuk mendekatkan diri kepada Aladiners sebagai 'teman terbaik'. Seperti yang disampaikan pihak Mister Aladin, katanya bulan Mei bakal ada paket liburan ke Bangkok-Pattaya dengan harga 10.000 saja!!! Minat nggak?

Baju siapa ya ini?

Disampaikan pula arti logo Mister Aladin yang berbentuk wajah laki-laki berkumis, menggunakan separuh kacamata, dan blangkon. Rupanya, itu kacamata adalah ciri traveler yang selalu mencari informasi mengenai wisata, dan dipadukan dengan blangkon sebagai unsur budaya Indonesia. 

Acara Kongkow Bareng Food & Travel Blogger diakhiri dengan pengumuman live tweet (dan saya nggak menang hikz), makan-makan, dan ngobrol-ngobrol!

Selfie bersama Mbak Katerina dan Astari Ratnadya.
Ih! Dan terima kasih Mister Aladin, karena di acara tersebut saya bertemu dengan beberapa teman blogger seperti Mbak Katerina yang tulisannya kerap masuk media, Mbak Putri, blogger travel yang istri blogger travel heitz Indonesia juga, Mas Fahmi, kemudian bertemu pula dengan Mbak Donna Imelda yang abis pulang dari Kerala. Seruuu!

Nah, sampai rumah saya pun melihat-lihat webnya Mister Aladin.

Bagian halaman Home Mister Aladin.

Warna dominan Mister Aladin berwarna biru muda, dan melihatnya terasa adem. Pas banget secara psikologis. Navigasinya sangat mudah dan tidak 'kotor' dengan pop-up dan ikon yang blinking. Di samping sebelah kanan terdapat kotak chat untuk berbicara kepada Customer Service.

Beberapa Deals yang tersedia di Mister Aladin.

Jika di-scroll ke bawah terdapat beberapa deals menarik, baik paket perjalanan maupun hotel. Deals tersebut ada batas akhirnya.

Mister Aladin menyediakan layanan booking hotel baik domestik maupun internasional. Saya pun iseng mengisi Tanzania sebagai isian di Pilih Tujuan Anda. Hehehe, maklum, saya pengen banget safari di Afrika dan belum kesampaian. Dan ternyata banyak juga hotel di Dar Es Salaam, Tanzania yang dapat dipesan melalui Mister Aladin. Cara pembayarannya pun mudah, terdapat banyak metode seperti Kartu Kredit, ATM, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan Transfer.

Halaman pembayaran pemesanan. Itu ngapain gue sok-sokan ngeblurin tulisan, wong pake namanya juga asal, hihihi...

Saya pun juga penasaran dengan tampilan di ponsel. Tampilannya enak dan ada juga tombol chat untuk berbicara ke CS. Namun apabila di ponsel jika di-klik tombol chat-nya akan muncul di halaman baru. Oh iya hampir kelupaan, kalau kamu perhatikan di gambar bawah ini, di sebelah kiri harga kamar hotel, terdapat lingkaran (bubble) berwarna kuning yang menunjukkan angka persentase. Itu adalah berapa persen diskon harga di Mister Aladin dibandingkan published rate hotel tersebut. Bahkan sampai 80% lohhh... menarik bukan?



Kemudian tak lupa saya masukkan e-mail saya ke kolom Masukkan email kamu di bagian kanan atas (di tampilan komputer) biar nggak ketinggalan informasi paket promonya Mister Aladin, terutama yang paket Bangkok-Pattaya tadi! Kamu juga nggak mau ketinggalan kan? Monggo like Facebook Mister Aladin, follow Twitter @MisterAladinID, dan subscribe newsletternya supaya nggak ketinggalan info promo dari Mister Aladin.

Oh iya, ada bonus nih buat Aladiners, fotoku yang diambil di toilet Cafe Batavia.

Hehehe, peace!


See you Aladiners, have a nice trip!

37 comments:

  1. Aku pikiritu mrs aladin model2 disney gitu..ternyata njawiii njehhh xixix.... Btw, lebih murah yaaa kalau pake mister aladin drpd lainnya...pgn nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ini pake blangkon... iya Mbak, bisa dilihat dari bubble kuningnya...

      Delete
    2. Itu jangan - jangan logonya terinspirasi dari iklan rokok d*88rum ya? Kan om jin yang di iklan itu pake pakaian jawa dan blangkon :p *nebak aja sih*

      Delete
  2. jadi pengen jalan-jalan...seruuu nih bareng Aladiners :)...webnya komplit ya na...ntar deh dicoba pas di Indonesiaaaa :)

    ReplyDelete
  3. Hooo. Thx Na. Bisa jadi alternatip kalo nyari tiket besok-besok nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mister Aladin jualannya kamar hotel Mas, btw... hehe

      Delete
  4. Wah website baru patut dicoba nih. Thanks infonya yaa :)
    Suka sama foto terakhir ^^

    ReplyDelete
  5. Asik ketemu Om Barry lagi... Aku baru tau nih ada situs booking namanya Mister Aladin. Selama ini taunya cuma situs booking yang diiklanin mulu di NET TV itu lho. Abis iklannya keren. Aku mau jalan-jalan ke home-nya Mister Aladin dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ketemu lagi hahaha... situsnya apa tuh? Bisikin dong =))

      Delete
  6. 10ribu kol bisa? Mau banget tuh :) master aladin di gosok makin sip ya

    ReplyDelete
  7. Aku jugak syukak Naaa, sama penjelasan Bang Barry mengenai watermark *berasa akrab* Yang pernah aku baca dari blognya sih dia bilang gini, "Gimana orang mau hargai karya kamu kalok kamu ngga hargai karya kamu sendiri?"

    Dan yah.. Sejak itu aku selalu watermark foto yang menurut ku ketjeh, meskipun jarang aplot di sosmed. Simpen aja sampek butek di HDD. Muahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weiz, hahaha... mau follow blognya ah hahaha, belum pernah baca-baca. =))
      Banyakin upload dooonggg Beb...

      Delete
  8. tips-tipsnya keren yaaa...jalan-jalan minimal 12 propinsi hihihi *ngitungin....

    ReplyDelete
  9. iiiihhhh aku kemaren gak diajak fotoooo T_T
    *lahh datengnya aja telat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, abis Mbak males mandi sih =))

      Delete
  10. seruuu nih bareng Aladiners hihihi
    Thanks infonya yaa :)

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada web itu :"
    Btw, itu beneran toilet? Asli, keren, kak! ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba hehe... beneran, Cafe Batavia emang keren hihi

      Delete
  12. foto kamu yang selfie itu kok sudah beda sama kamu yang aseli Na :D

    ReplyDelete
  13. M
    I
    S
    T
    E
    R
    A
    L
    A
    D
    I
    N
    Bisa kyak gtu yah dari semua paragraf jadi sebuah kata

    ReplyDelete
  14. Una kreatif banget deh, Tiap kata awal paragraphnya jadi mister aladin ;)
    bolelebo nih aku save buat referensi nyari hotel yak... ;)

    ReplyDelete
  15. Aku dulu gk pernah pke watermark, tapi sejak kejadian foto dicuri orang buat penipuan, jadi sll pake deh..sekalian yang besar, di tengah2 dan transparan, jadi klo pun mo dicuri, butuh usaha buat ngilanginnya

    ReplyDelete
  16. Unaaa... Makasi ya reviewnya sukaaa deh ama misteraladin :)

    ReplyDelete
  17. mau donk ikutan mister aladin...thanks ama informasinya mbak...langsung capcus dicoba :)

    ReplyDelete
  18. ke Bangkok sama Pattaya 10.000 ini kurs apaaaa??? mupengs

    ReplyDelete
  19. Mr Aladin gak undang akuuuu.... hehehee...
    Sekarang banyak portal beginian nih bermunculan.

    ReplyDelete
  20. Keren tulisannya Una *jempol.

    Selfie sesama aladiners :)) Manyun! :p

    Iya nih, MisterAladin sekarang jadi teman travel terbaik :)

    ReplyDelete
  21. Wah. Mantap. Baru ngeh itu misteraladin di setiap paragraf Mbak. Salam kenal ya.
    Jadi MA ini mirip booking com ya? Utk hotel aja gitu ya.

    ReplyDelete
  22. Mbak una, kamerak kita sama :))
    salah fokus >.<

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!