Tentang Oleh-Oleh

Tahu kan kalau orang Indonesia itu terkenal suka belanja? Nggak di Indonesia sendiri, di negara lain yang sering dikunjungi orang Indonesia seperti Saudi, Australia, Vietnam, di pasar-pasarnya bahkan si penjual bisa lah dikit-dikit Bahasa Indonesia. Atau tanda-tanda, papan-papan yang ada di toko itu ada Bahasa Indonesianya. Itu juga karena orang Indonesia suka sekali ngasih oleh-oleh buat sanak saudaranya.

Sering kan kalau abis pergi trus ditanyain, "Mana oleh-olehnya?" Atau mau pergi dipesenin, "Jangan lupa oleh-olehnya ya." Bukannya sok anti-mainstream, tapi aku rada nggak gitu ngoleh-ngolehin kalau pergi. Faktor cuma punya uang sedikit ditambah mungkin emang agak pelit akunya hahaha dan mikir, "Ah beli di Jakarta aja dah oleh-olehnya." Kalaupun beli-beli, biasanya aku beli makanan yang aneh-aneh atau beli buat diriku sendiri, muehehehe *uthil mode: on*

Tapi terakhir kemarin ke Sydney, ibu pesen ke aku supaya aku beli oleh-oleh yang banyak. Buat dibagi-bagi. Aku jalan sendiri, sedangkan ibuku ikutan workshop. Jadilah waktu itu aku jadi orang Indonesia beneran yang kalau beli oleh-oleh banyaknya minta ampun. Beli oleh-oleh di Sydney yang murah kan di Paddy's Market, Chinatown, ya aku ke sana deh. Aku juga ingat aku mau ketemu beberapa teman SMA-ku, aku jadi beli souvenir rahasia apaan kecil dan belinya banyakan.

Paddy's Market.
Sampai di Jakarta pas ketemu temen-temenku, kasih itu oleh-olehnya eh ternyata masih sisa dan sama temanku dikasihkan ke temanku yang berhalangan hadir pas ketemuan itu. Eh beberapa hari kemudian dia SMS, intinya bilang terimakasih. Aku balasnya, maaf ya cuma bisa kasih kayak gituan. Kata dia, "Yang penting ingetnya, Sun~ ihiiy~" Dia kalau manggil aku Suna, anw.

Hm, iya juga sih... yang penting ingetnya.
Aku jadi terharu orang Indonesia tuh masih inget temen dan sodaranya kalau pergi-pergi T.T

47 comments:

  1. Banget,,,malah aku termasuk tipe yg suka belanja oleh2 buat orang(keluarga trutama) ketimbang buat diri sendiri T.T

    jadi inget trening ke selangor, pas nyampe kosan oleh2 yg nyisa cuma coklat, ya itulah jd oleh2 untuk diri sendiri :D

    ehya,tadi mampir ke postingan selangormu, sayang aku telat ikut serta :D Sukses ya un, GA Selangornya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, orang Indonesia asli yak mbak :P
      Hihihi aku kalah kok itu...

      Delete
    2. wekekekek :p iyahlah org indonesia ;)

      ah, gpp :D kan org indonesia *apeuuu deh ini

      Delete
    3. Ahahaha, yoi orang Indonesia tosss!

      Delete
  2. Hehe.. aku juga termasuk yang ga begitu suka bawa oleh2 Na... bukan pelit, cuma mikirin ribetnya itu, bikin kita ga bisa melenggang. Haha....

    Beda banget dengan ayah, ibu dan adik-adikku, mereka tuh kalo bepergian pasti bawa oleh2 seabrek-abrek, Kok iya ga nular ke aku yaaa? hihi. Apa aku bukan orang INdonesia asli ya?
    #Maksud Loe??? hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu riweuh bawanya, beli di sini aja dah kalo oleh-oleh wkwk!
      Ah itu sih karena mbak al males bawa barang banyak ajah :p

      Delete
  3. berasa ada yg kurang deh na kalo ga bawa oleh2
    #aseli endonesa

    ReplyDelete
  4. yen mlaku2 mane, aku di oleh2 i ora mbak, xixixixix :p

    eeh leg aku mlaku2 jarang oleh2 mbak riweh ribet dewe gitu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku arep mlaku mlaku nang Tunjungan, mau dioleh-olehi apa mbak? :P

      Delete
  5. aku juga termasuk yang suka males beli oleh-oleh kalo lagi traveling Un... hahahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena apa mas? Ribet apa pelit? Wkwkwk...

      Delete
  6. Bener banget sih.. Aku nih orang paling ribet nyari oleh2 kali lagi jalan2.. Tetanggalah, adik lah, bapak ibu.. akhire tekor..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha kalo udah inget satu orang yang mau dibeliin, keingetan banyak orang lainnya T.T

      Delete
  7. oleh2 gue banget.. dulu pas di saudi, banyakan jalan2 sm belanjanya drpd ibadahnya..,hahaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahahaha ada gak yang dibeli tapi Made in Saudi? :P

      Delete
  8. aku klo pergi males dititipin oleh2, tapi klo nitip oleh oleh sering... hahaha.... medit nya toooppp

    ReplyDelete
  9. Sm...sll ingt saudara dm tmn2 kl pergi jauh...tp oleh2 bt aku dr sidney mannnnaaaaa naaa???:(

    ReplyDelete
  10. duluu aku pernah pas mau pergi ke jogja temen kosan nitip beliin sesuatu. kalo cuma minta oleh2 sih ga masalah lah yaa.. bsa dibeliin apapunm yg penting murce :p
    nah ini titipannya rada susah. jadi aja kan malah repot nyari pesenan dia. stelah itu, klo mau pergi kmn2 n dititipin sesuatu ga mau.. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha.
      Asal temennya bilang kalo gak ketemu gak papa sih, gak masalah :D

      Delete
  11. YUP beneeerrr
    ornag indonesia tuh terkenal konsumtif deh
    apalagi kalo di mekkah madinah
    semuaaa pedagang arab bisa berhitung pake bahasa indonesia, karena orang indonesia yang paling sering borong dagangan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkenal excess baggage juga yak orang Indo? :D :D

      Delete
  12. Sama Un, aq juga gak suka bw oleh2, berat bawanya
    jadi seringnya bawa oleh2 gantungan kunci wkwkwk

    Kalau pergi2 yg penting orang rumah dapat satu2
    tapi sekarang sih adik2 udah nyebar jadi kewajiban itu gugur deh *Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gampang bawanya ya...
      Huuuuu, seneng adeknya nyebar :p

      Delete
  13. iya banget.. liat aja kolom komen di post yg bertema keluar kota/negeri, dominan dengan: "Jangan lupa oleh2nya ya mbaak" hihihi..

    saya pribadi, kalo pergi biasanya tergantung budget. Kalo ada rejeki lebih, beli oleh2 untuk keluarga/teman2 deket. Gempor juga kantong kalo semua teman minta oleh2 dijabanin kan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehe dah jadi kebiasaan yak oleh-oleh tuh :D
      Ihihihi lebih ke ribet bawanya sih ya kalo oleh oleh banyak :D

      Delete
  14. Hihihi jadi inget waktu kemarin keluargaku kesini, mungkin 1 koper penuh sama oleh2 doang.. Ampe stress aku liatnya... >___< tapi kayaknya emang usah jadi keharusan ya oleh2 tuh di Indo.. Kenapa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kenapa Mbak Bebe yang stres? Wkwkwk...

      Delete
  15. soalnya orang indo itu banyakan 'gak enakan' nya. makanya jadi terbebani harus ngasih oleh2 sekampung kalo lagi jalan2. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang faktor gak enak...
      Tapi emang seneng sih bisa ngasih oleh-oleh :D

      Delete
  16. Udah pasti aku orang Indonesia asli nih, tiap mudik pasti mikir, enaknya bawa oleh-oleh apaan yak?
    *berhubung sekarang nambah temen lagi, jadi agak banyak lagi bawanya. ahahaha.. Tapi seneng liat mereka pada berebutan.

    ReplyDelete
  17. Kalau pergi2, aku jrg bawa oleh2...
    Belum tentu ke tpt belanja soalnya.. :)

    ReplyDelete
  18. tapi dari dulu gue minta oleh-oleh dari Una gak pernah inget! huhuhu..

    ReplyDelete
  19. orang yang suka mikirin oleh-oleh kalau lagi jalan jalan itu orang baik menurut aku... keren banget loh. karena aku paling puyeng kalau sudah ngomongin oleh oleh itu..

    ReplyDelete
  20. aku kadang beli kadang ga, tergantung duite juga :)) kalo adekku biasanya beli oleh-oleh abis itu pas udah nyampe rumah minta diganti duite sama ibuku. wkwk. ada-ada aja xD

    ReplyDelete
  21. Bener un.. kalau aku beli tapi dikit. ibu aku suka protes. masak tantemu gak diinget dek. hok! >_<

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!