Telaga Warna, Kawah Putihnya Dieng

Salah satu yang menarik dari Dataran Tinggi Dieng ialah Telaga Warnanya. Objek wisata ini bernama lengkap Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Telaga yang kedua merupakan telaga yang tak jauh dari Telaga Warna, bedanya ia tak memiliki warna seindah Telaga Warna. Terletak di Kecamatan Kejajar Wonosobo, taman wisata ini memiliki luas 39,6 hektar dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah dari Kementerian Kehutanan.

Tiketnya seharga 6000 rupiah per kepala untuk sepuasnya keliling taman wisata luas sekali itu sampai pegaaaalll! Nggak cuma Telaga Warna dan Pengilon saja, namun ada beberapa gua yang biasa digunakan untuk semedi, seperti Gua Semar dan Gua Jaran. Katanya sih banyak pejabat cari wangsit di sana. Katanya pula ada tempat yang dipercaya dulunya pernah Gajah Mada napak tilas di sana, sampai-sampai ada patung Patih Gajah Mada berwarna emas.

Tiketnya.
Telaga Warna.
Kering.
Telaga Warna memiliki warna yang cantik. Itu disebabkan karena kandungan sulfur di dalamnya sehingga bisa menghasilkan rona yang elok. Waktu aku ke sana warnanya putih kebiru-birumudaan, hijau turqoise, dan makin ke tengah warnanya makin hijau, hijau toska. Sayang waktu itu, telaga sedang surut sehingga area yang biasanya ada airnya pun kering karena meskipun sudah masuk musim penghujan, kala itu hujannya belum hujan-hujan amat. *maksude piye iki*

Satu yang teringat dari melihat Telaga Warna ialah Kawah Putih. Kawah Putih yang terletak di selatan Bandung merupakan telaga yang terbentuk dari ledakan Gunung Patuha. Tingkat belerang yang tinggi menyebabkannya berwarna putih. Mirip dengan Telaga Warna. Bedanya sih Kawah Putih lebih bau belerang, itu karena kandungan sulfurnya lebih banyak kah? Aku nggak ngerti.

Mirip kan...?
November lalu, aku pergi ke Dieng bersama tiga tante-tante teman bloggerku: Jeng Alaika, Jeng Ririe, dan Jeng Idah Ceris. Seusai berfoto-foto ria berlatar Telaga Warna, kami pun berjalan menyusuri tepi Telaga Warna. Ada penjual kue pancong di sana, dua ribu dapat banyak sekali. Makan kue pancong/gandos/gandosrangin/rangin/you name it lah yang masih hangat dikombinasi dengan panas panas sejuknya Telaga Warna, weh kok jadi enak banget yak... Padahal di Jakarta aku nggak pati doyan rek.

Mbok aku ae jeng sing difoto...
Jalan kaki lagi, kami pun bertemu dengan Gua Semar, arca Gajah Mada, dan Telaga Pengilon. Nggak tahu ya, tapi aku merasanya di daerah sana tuh horor-horor piye. Andaikan aku nggak bareng sama teman-temanku ini, aku ogah deh sampai bagian yang dekat dengan Telaga Pengilon. Sayangnya kami udah pada capai dan jalan nggak begitu jauh. Foto-foto di area itu pun ternyata aku nggak punya banyak. Udah capai jadi males moto kali ye.

Fotogenik sekali...
Nah, tahun 2013 besok itu tahunnya VJT. Apa tuh? VJT atau Visit Jawa Tengah 2013 menawarkan empat destinasi unggulan. Nah Dieng termasuk dalam program kawasan Borobudur-Dieng-Jogjakarta.  Lainnya ialah, Semarang-Karimunjawa, Solo-Sangiran, dan Cilacap-Pangandaran serta kawasan sekitar lainnya. Semua basis wisata ditawarkan, dari wisata sejarah, budaya, bahari, alam, semua ada.

Kapal parkir. @Tanjung Gelam, Karimun Jawa
Para pekerja membatik. @Museum Batik Danar Hadi, Solo
Sam Po Kong, Semarang


Logonya yang cantik dipadu dengan program-program unggulannya serta 150 event yang akan dihadirkan tahun depan membuat aku berharap semoga program Visit Jawa Tengah 2013, sukses!

❤❤❤

*Postingan ini diikutkan dalam Liga Blogger Indonesia oleh dotsemarang.

165 comments:

  1. Indaaah Na potonyah. Dan baru ngeh kalo dirimu ganti tampilan ya. Sketsanya cantiiik.
    Pengen ke Jawa Tengaaahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehehe, makasih... Aslinya lebih cantik loh :P

      Delete
  2. wHAHAHAhahaha gagal pertamax hiehiehiee. Tidak apa Keduax juga tidak apa. Hiheiheiee mantap nih mba Una, makin kinclong aja blogna mba Una. Saya cuma kaget dikit di gambar headernya, yang saya kira tadi RIRI REZA, eh setelah mata saya mendelik eh gambar mba Una higigeiieieiiheihee

    Dieng? Wah belum pernah sekali sama, eh sama sekali. Kalaw Sam po Kong di Semarang saya pernah satu kali. Semarang mah asyik, dan nama nama jalannya mudah sekali ditelusuri, saya aja yang baru ke semarang satu kali udah bisa ngiter ngiter semarang sendirian pake motor pinjaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu Rachel Maryam tauk :p
      Ke Dieng dong Kang... *sok promosi*
      Wahihihi iya Semarang gampang, cuma panassshhH!

      Delete
  3. aaaaaaaaa, fotonya cantik2 :D aku masih pengen ke dieng lagi, padahal dulu udah pernah, hehe :D keren lah tempatnya, cuma emang pas aku ke sana pas musim ujan, jadi kabutnya tebel, na. btw, header baru ganti ya? cieee ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga cantik loh... Wahihihi iya kemarin juga berkabut. Lucu deh liat kabut di tengah jalan wkwkwk... Iya dong ganti :P

      Delete
  4. foto tanjugn gelam nya bagus na...

    ini buat kompetisi ya na? moga2 sukses yaaa...

    ReplyDelete
  5. borobudur,prambanan,kalasan,mendut,sindoro,dieng semua pernah ku kunjungi.tp memang paling berkesan saat diborobudur yg merupakan candi terbesar didunia.tapi kusarankan bawa payung kalo siang hari panasnya bikin gosong.hahaha

    ReplyDelete
  6. kok nggak bilang ada lomba ini Un?

    hmmmmm

    miss gosip juga ikut yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku taunya pas hari terakhir pendaftaran, tanggal 22. Pas kamu gak ol...
      Mbuh dia ikut kaga... Cie cie...

      Delete
    2. iya deh, aq ngalah ke selangor aja.

      Delete
    3. jiah, seharuse aq yang bilang gitu :p

      Delete
  7. banyak nih tempat menarik Jawa Tengah yang belum didatangi ... kuil Sam Po Kong itu salah satunya ,
    cici Untje cantik pakai baju merah langsung menjelma jadi permaisuri kaisar Ming

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku Putri Ong Tien istri Fatahillah Bu Mon... *waton ae wkwk*

      Delete
    2. Yuk, kak Mon kita jelajah Jawa Tengah sekalian denger Una nyanyi Solo Balapan secara live show

      Delete
    3. Wahahaha, sip sip~ Purwosari, Solo Jebres juga boleh~

      Delete
  8. Kok jadi pengen kue pancong jg ya hahahahaha.. Tempatnya bagus, jd pengen kesana jg deh liat aslinya hehe...

    ReplyDelete
  9. Eh iya, telaga warnanya 11/12 gitu ya bentuknya sama kawah putih.
    Kalo di jawa tenegah aku masih penasaran mau ke karimun jawa. Dirimu pernah kesana ga Na?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah dong, itu aku masukin foto di Ujung Gelam, Karimun Jawa. :D

      Delete
  10. hahaha dari bandung langsung by pass ke dieng hahaha, eh tiketnya 6000 beneran ta? ditawar 5000 gak boleh un haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kutawar gak boleee...
      Mungkin kalo Mas Munir yang nawar baru bisa :P

      Delete
    2. cie cie cie klasmen divisi utama yg nomer 1 cie

      Delete
    3. cie yang nomer satu cie cie kuadrat

      Delete
  11. Una lebih Semarang ketimbang saya, padahal secara 'kheokhrafis', saya lebih dekat dengan Semarang...
    Di Indonesia, nggak cuman telaganya saja yang berwarna.
    Sungainya juga penuh warna. Ono abange, ono ijone, ono birune lan ono coklate...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi ini sesuai jadwal saya akan ngantar Bu Mars ke Pasar Klewer & Museumnya Danarhadi.
      Kalau jalan lancar langsung geser ke Jogja.

      Delete
    2. Waduh, mangnya muka aye kayak lumpia Pak... @.@
      Hahaha pastinya, akeh sampahe :P
      Wiii ni Senin buka po Pak Museum... @.@

      Delete
  12. lama sekali saya nggak kesana. jadi pengin lagi. indonesia memang indah ya.. sip banget pemandangannya. tapi dieng ini kalo udah siang panasnya minta ampun. coba banyak pohon buat mendhing-mendhing.

    ReplyDelete
  13. wah header blog nya kerennn na....bagus juga yah kawah Dieng, ijo2 turquise gimanaa gitu, sayang aku gak mampir kemaren itu lewatin lohhh...hahaha, kue pancong udah lama gak makan, jadi kepengen deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak...
      Ahahaha lho kok gak mampir :P

      Delete
  14. Katanya kalau mau dapet warna 3 yg berbeda ada tempat fotonya emang na. si titi kemaren pas dateng kesini dapet dia.

    Ah.. mudah2an tahun depan bisa ke jawa tengah deh. pengen banget me dieng dan karimun jawa xoxoxoxo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak fotonya agak naik gitu,
      tapi emang lagi surut fufufu~
      Wahihihi amiiinnn~

      Delete
  15. salam kenal...
    dari kecil sering dengar dan baca cerita ttg Dieng tp samoai sekarang blm pernah kesana :(

    wah kl lihat log visit jateng 2013 jd inget logonya di salah satu produk makanan hehehe **baru beli kmrn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...
      Ke sana dong... wah produk apa tuh? *penasaran*

      Delete
  16. baru tahu di sana ada kue pancong juga.... hmmm....

    ReplyDelete
  17. wah keren na.. Bisa jd tmpt sweet escape.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Irwaaaaaannnn hahaha, ini Mas Irwan yang sama kayak tiga tahun yang lalu kan ya :P
      Hooh sweet escape seru tuh, tapi kok gak ada yang mau bawa kabur aku yak :P

      Delete
    2. haha.. Iya na, setelah mp digusur, rencananya sy mau buka lapak disini.. :D

      Delete
  18. Ini nih salah satu daerah yang belum saya kunjungi dan kayaknya perlu. :)

    ReplyDelete
  19. telaga nya kecil yaaa
    ga kaya di sini luas banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gede mbak tapi gak tau deh kalo dibandingin di situ :P

      Delete
  20. Una..jalan2 terus yooooo...
    rangin murah emang enak lho Na..apalgi anget maemnya di daerah duingin, beda ama yg di Jakarta..

    Potomu apik2 opo neh iku sik acung tangan victory...hihihhi

    Semoga menang dan jalan2 lagi Na..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama kok mbak jalannya...
      Iya kalo di Jakarta kok dadi gak enak yak :P
      Hahaha, itu fotoku masih muda. :D

      Delete
  21. wah asiik ya, liburan jalan-jalan terus....nambah pengalaman tersendiri

    ReplyDelete
  22. tak tambahin nama kuenya .. broncong kalo kata orang makassar *bukan aku* hehe
    btw, kereeeennnn un liputannya. semoga berjaya ya tulisanmu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho mbak orang mana emangnya. :P
      Makasiiih :D

      Delete
  23. Cia mba una layoutnya ganti.. baru sempet mampir jadinya baru sadar :D

    Kok telaga warnanya kering gitu mba? padahal waktu aku kesana telaganya bagus.. apa itu lagi kekeringan y. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wehehe...
      Iya katanya sih karena kemarau.
      Ada yang bilang juga pendangkalan, gak paham eike :P

      Delete
  24. Unaaa, need your help!
    Boleh nggak aku minta endorsment buat buku penulis tamuku? :) mau ya, awas kalau nggak mau hihihi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa, gimana tuh mbak endorsmennya? Bebas?
      Maluuuu ah :P

      Delete
  25. 6000 per kepala??? mahal amit mbak.
    Baru kepala aja tuh....badannya piye..

    ReplyDelete
  26. Hwaaaaaa aku kepengen travelling juga >_< kapan inih kesampean yak
    Una semoga sukses kompetisinya :)

    ReplyDelete
  27. ngga bisa ikut ngeliat indahnya telaga warna di blognya mbak Una, aa.. monitor kompu ter di wrnetnya warnanya biru semua.. \:huhu

    sukses ya mbak. met tahun baru 2013.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah gaol ama monitornya...
      Met taun baru jugak~

      Delete
  28. Semua pd terpesona dengan header blog je, lha aku sampe skrg belum bs lht full performance wajah baru blogmu Na.

    Wee....LBInya udah dimulai, alamat deh kalah start dan bakal ketinggalan darimu...hiks:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah padahal cakep loh header ku :P
      Hihihihi sabar ya jeng :P

      Delete
    2. Sama sama Mba Una yang baik.

      Rumah mba Una kebanjiran kah? Saya pantau berita di mana mana termasuk MetroTv banyak liputan banjir di Jakarta

      Delete
  29. jiaahh kirain opoan kok ada kawah putihnya, ternyata ikutan kontes toh, mugo2 menang mbak :*

    sing gawe abang seru kayak bukan dirimu mbak un :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi yohai kontes...
      Trus kayak siapa?
      Dian Sastro?

      Delete
  30. Fotoku mejeng di blog gaul. . .:P
    Aku koq gak dibisik2 ada kontes kek gini,jeng. :D

    Semoga menang ya?
    Biar bisa visit Banjarnegara. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar sini...
      Aku juga baru tau pas udah dl je jeng...

      Oceee...
      Makasih Jeng~

      Delete
  31. Wow .. foto fotonya keren Una

    semoga menang ya

    ReplyDelete
  32. ciwidey.. pengen aku juga bisa jalan-jalan

    refreshing biar ga di jakarta melulu

    ReplyDelete
  33. eh saya pernah liat kawah putih lo, di ftv tapi hihihihi
    ternyata blogmu berubah, cantik.
    kau tau langit yang kamu foto itu bagus banget un

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha sering di FTV yak...
      Makasih, yang cantik aku kan mbak??
      He em langitnya cantik secantik aku <3

      Delete
  34. tiketnya murah bgt cuma 6000, bisa dapet pemandangan yang waahh
    telaga warnanya kering, jadi kurang bagus.

    oh ya tempatnya itu deket Geodipa Geothermal Energy-kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em, lagi kering...
      Iya deket, tapi kayaknya itu lebih deket ke Sembungan deh :D

      Delete
  35. pertama2, mau komen templatenya dulu.. wiiih.. apik apik.. jempoool.

    kedua, waaaah tiketnya 6ribu rupiah saja, muuuraaah. dengan pemandangan secantik itu. Maasya Allah..

    bakalan menang nih, seperti biasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wong templatenya aja gak ganti kok mbak :P
      Iya murah hihihI~
      Amiiin~

      Delete
  36. Lama ndak kemari, ternyata rumahnya Una makin keren :)

    Ihh aku suka tulisan ini, apalagi foto terakhir, original tapi unik. Semoga menang ya :)

    ReplyDelete
  37. Una semoga menang ya.. semoga makin sering jalan2 di 2013 biar saya semakin menikmati catatatn perjalanannya.. foto2nya juga keren2 banget.. :)

    ReplyDelete
  38. weeee ada yang baru euy, kalo dulu setias sama anak kecil kribo berdiri sambilk ngemut permen sekarang gani bermotif papan catur.
    keren juga mbak Un hahahaha

    Oy, lu urutan pertama ya mbak un di liga blogger?
    asemmm keren juga lu mbak, lu sama bang Munir ikutan, lah saya mau ikutan kagak bisa, udah ditutup pendaftarannya :(

    musim depan kasih tahu saya mbak Un, OK
    kalo gak mau, rambut lu bakal tak lurusin :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang dah rebonding Ric...
      Yoi, aku emang keren, kakakak...
      Wadowww, aku juga daftar pas hari H ditutup.
      Sip~!

      Delete
  39. PEngen juga deh jalan2 ke Dieng dan merasakan hawanya :)
    Wah, kue pancong itu kesukaanku dan rekan kerja loh kalo pas lagi jaga. Biasanya kami beli kalo pas ada pasar malam di dekat puskesmas. Ini adalah salah satu penyebab mengapa bodiku tambah lebar saja... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha... jangan pake gula dong mbak :p

      Delete
  40. tuingggggggg>>>>>>>
    sampai dehhh kita ke semarang,,,,hihi foto2 nya kerennn,,,fokusnya mantappp

    ReplyDelete
  41. semoga tahun ini kita bisa ngetrip bareng yah Na.. 8resolusi blogger*

    ReplyDelete
  42. Karimun tuh, aku pengen bangeeeeeeeetttt.. >O<
    Moga menang ya, Un. Keren ;)

    ReplyDelete
  43. pantai bandengan jepara kak sama benteng portugis di jepara. Nggak kalah seru deh pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah aku ke sana... cuma pernah ke Pelabuhan Kartini aja hehehe~

      Delete
  44. Sukses Na kontesnya... suka bgt ada yg bikin kontes utk Visit Jateng 2013... :)

    ReplyDelete
  45. Hello Una..wahhh, setahun gak ngeblog, pas datang kesini tiba2 semuanya berubah mulai dari desain blog, headernya yang cool banget dan potongan rambut yang baru. Happy New year 2013 buat Una and fam.
    Daerahnya asyik juga ya Na. telaga warna memang masih asing saya dengar, tetapi lewat posting ini udah cukup buat bisa ikut merasakan suasana liburannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahihihi itu justru potongan rambut lama aslinya :p
      Kalo asing makanya ke sini bung :p

      Delete
  46. buset dah..

    mabk una hobinya jalan2 jadi wajar ikutan lomba2 yang sangat nge-traveling macam gini... ! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak yee gak hobi jalan2 kok, cuma suka dolan ajah...

      Delete
  47. Assalamualaikum kak Una..
    Waah.. lucu deh header blognya.. ^_^
    Telaganya indah ya, Masya Allah..

    Aisyah A.

    ReplyDelete
  48. sayang banget telaga warnanya kurang okeh, mendingan kawah putih, etapi tetep oke deh, moga sukses VJT nya termasuk sukses GA nya ya unceee :)

    ReplyDelete
  49. ya ampu aku kaget, kirain foto tangan ternyata sarung tangan :)

    ReplyDelete
  50. Uuuuun, diet yo? kok keliatan agak langsing. *salah fokus
    oiya, selamat tahun baru ya, Una. ^^

    ReplyDelete
  51. Saya belum pernah ke Dieng. Semoga menang ! Selamat Tahun Baru.

    ReplyDelete
  52. heu dieng,.....

    smoga menang yaa mbok

    ReplyDelete
  53. Photonya disimpannya lama banget Na ? Nunggu event ya baru dikeluarkan he....x9 Sukses deh kontesnya. Semoga menang ya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete
  54. Aku belum pernah ke Dieng sampai sekarang loh. Jadi pengen kesana. Sepertinya telaga warna dan kawah putih Dieng menarik deh.

    ReplyDelete
  55. Sebagai orang yang berada di lingkaran jawa tengah dan sekitarnya *ngarep*. Ya, sedikit di selatannyalah. Saya ingin mengucapkan semoga sukses Visit Jawa Tengah 2013 -nya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sekitar Jateng loh,
      Baratnya Semarang, Barat Barat lagi~ :p

      Delete
  56. wuiih.. gambar sketsa pensilnya keren say.. Tampilane makin dewasa. Jd pengen ganti baju jg nih.

    pengen ke Dieng! pokoke hrs thn ini! *ngomong dewe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang nggambar yang keren :D
      Hahahaha, ke Dieng mbak~

      Delete
  57. Unaaa...keren banget itu telaga warnanya...dan itu juga pantai karimunnya, bagusss bangeet..
    beniiinng ya air lautnyaaa..;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em, bening abiiisss, dah kupipisin loh mbak~

      Delete
  58. hmmm ... gak banyak komen ah ...

    semoga menang yach ...

    ReplyDelete
  59. Poto Karimun jawane uwaaaapiiiiiiik :)

    ReplyDelete
  60. Mugo2 menang lombane un. Wah, header'e apik tenan un. Pangling aku :D

    ReplyDelete
  61. serasa membaca artikel karya tulis jurnalis kawakan yang membahas tentang wisata....semoga sukses ya dalam kontesnya :-)

    ReplyDelete
  62. semoga menang dalam lombanya dan mendapatkan hadiahnya..hee

    ReplyDelete
  63. wah Keren!
    Met tahun baru, moga menang banyak sayembara tahun ini :D

    ReplyDelete
  64. sukses buat kontesnya
    jempoldeh buat cerita pariwisatanya :D

    ReplyDelete
  65. waah beruntung sekali indonesia punya banyak tempat2 menarik,,
    menarik..
    salam blogwalking

    ReplyDelete
  66. Awesome post kak!
    Fotonya bagus-bagus banget. Itu kak una yg jepret sendiri?
    wuihh :o

    Jadi pengen ke sana deh..
    hehe

    Good luck ya kak!
    Semoga menang! ^^

    ReplyDelete
  67. Keren mbak temapatnya, kapan ya bisa kesitu ?
    Jauuuuuuuh :/

    semoga menang ya mbak :)

    ReplyDelete
  68. Ahaaa...., Telaga Warna di Dieng memang top markotop untuk dikunjungi. Ohya, semoga berjaya....

    Ohya, saya lagi mengadakan GA karena dapat hadiah blog dari Pakde. Ikut yaaa...

    ReplyDelete
  69. unaa misss u blogggg missss uuu toooo wah dah beberapa bulan ga sempet liat blog karna super sibukkk engg ing enggg tampilannya makin keren aja eyyy....


    wah ajak ajak dung un kalo jalan2 pastinya seru bangettt bisa kopdar bareng kalian...

    ReplyDelete
  70. huwaaa....selalu kangen ke Dieng lg kalo baca postingan tentang Dieng. Mudah2an akhir bulan jadi ke Karimun Jawa, biar bisa kek Una motret kapal parkir hohoho

    Gudlak ngontesnya ya neng ;)

    ReplyDelete
  71. mbak tampilan blog nya keren abisss..
    :-)
    kayaknya telaga itu lebih kecil dri kawah putih ya mbak...

    ReplyDelete
  72. Sketsa di header mu bagus sekali, Una! :D

    Ah, baca ini jadi pengen liburan lagi :D

    ReplyDelete
  73. udah lama gak mampir kesini..tampilannya udah baru.. :)
    dieng sekarang udah rame ato masih sepi Na? :D
    waktu itu pernah makan sate jamur di salah satu hotel disana (lupa namanya) enak banget.. *kok jadi laper ya..

    ReplyDelete
  74. Asyiknya jalan2 terus :D
    Eh, dah potong rambut ya?

    ReplyDelete
  75. Keren Una tuk promo VJT 2013nya, trim ya warga ibukota yang menyemarakkan sayembara Semarangan. Keren2 ya kluster destinasi wisatanya dan Una sudah menjajal semuanya. Ayo Una wisata ke kota kecil kami ...

    ReplyDelete
  76. keren-keren banget fotonya,, jadi tertarik pengen ke sana

    ReplyDelete
  77. wow, berasa aku ikutan kesitu deh.. fotomu itu loh kereeeen..
    udh lama aku gak mkn kue pancong nih.. bagi atu donk
    :D

    ReplyDelete
  78. Eh, iya ya, memang mirip Kawah Putih gitu, hahaha

    ReplyDelete
  79. Kereeeeeeen..... Kapan-kapan ajak saya dong kalo jalan-jalan ke tempat keren di Pulau Jawa, Una! Pengen banget deh menjelajah Indonesia hingga pelosok.

    ReplyDelete
  80. Lama gak kemari, ternyata ganti cat to rumahnya?
    Keren Un...

    Postingannya juga keren. Moga sukses yaa...

    ReplyDelete
  81. aku pengen dong di gambar seperti yang di atas itu te

    ReplyDelete
  82. hai, mbak,salam kenal ya, kunjungan pertama

    ReplyDelete
  83. HUalah, aku ngiri nih una!
    hehehe :) klop amat ma mbak rie n mbak al
    btw, unaaaaa, endorsment-nya mana??

    ReplyDelete
  84. AKu pengen bgt ke Dien mba...
    pengeeen bgt.

    ReplyDelete
  85. wah....kawahnya terlihat bagus sekali nih.
    ga nyangka ternyata di jawa tengah ada wisata kayak gini.
    harus kesana nih mumpung lg disemarang.hehe

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!