Kuno ialah Kininya Kini

Kemarin saat ujian Ekonometrika, aku duduk di persis belakangnya teman baikku. Entah kenapa bukannya mikir mau nulis jawaban apa, eh quote quote oke yang kerap diucapkan temanku mencair di otakku. Temanku ini ceritanya orang yang bijak. Dia suka hapal kalimat dari Mahatma Gandhi hingga Konfusius.

Satu kutipan yang aku inget banget adalah old is the new new. Aku nggak tahu siapa yang bicara kalimat itu pertama kali.

Pagi ini aku dicekokin temanku, Mas A'i lagunya Ritta Rubby Hartland berjudul Kepada Alam dan Pencintanya. Bagi dia sih enak banget. Bagi aku? PIHHH~ jadul banget, hihi! Singkat cerita, aku jadi penasaran sama lagu jadul.

Ya dari dulu juga suka sih, tapi baru kali ini aku tau nama macam Euis Darliah, Biru Langit, Ritta Rubby Hartland, Ajie Bandy, dan sebagainya. Dan lagu mereka oke oke cuyyy T.T Lagu yang paling menarik hatiku judulnya Damai tapi Gersang, lagunya Ajie Bandy, dinyanyikan pula oleh Hetty Koes Endang.


Eh rupanya lagunya dinyanyikan ulang sama D'Cinnamons. Lagu kuno dinyanyikan lagi oleh grup kini.

Banyak lagu jadul yang diremake oleh penyanyi jaman sekarang. Tersebutlah beberapa judul kayak Galih dan Ratna, Yang Penting Hepi, Kupu-Kupu Malam, dan so on dan so on.

Itu baru musik. Belum bidang lain seperti fashion. Beberapa waktu sebelumnya kita melihat mode jaman dulu tuh kuno abis, eh sekarang malah ngetren vintage vintage ngono.
Atau dalam teknologi. Ketika produksi film instan banyak diskontinu, eh ngetren lagi instant camera dan malah jadi pasar yang baru dalam dunia fotografi.

Ada contoh bidang yang lainnya nggak?

Nah… yang kuno-kuno aja kini nggak kuno lagi. Malah yang barusan ngetren pun malah bisa lebih kuno dari yang kuno beneran. Misalnya saja sekarang yang paling terkini itu iPhone 4S, tapi kamu masih pakai iPhone 2. Padahal mah jarak rilis iPhone 4S sama iPhone 2 cuma empat tahun. Tapi rasanya iPhone 2 tuh udah kuno banget sih!

Aku malah wondering kalau… henpon Nokia 3310 yang dulu ngetren dan sudah ditinggalkan, eh dua puluh tahun lagi jadi ngetren lagi. Bisa nggak ya? Siapa tahu?
Hihi, bagikan ide dan pikiranmu mengenai kuno yang kini di kolom komentar di bawah ya. ^^

♥♥♥

95 comments:

  1. Asik asik akhirnya mendadak jadul juga.

    Selamat datang di lingkaran kami.
    lingkaran para orang orang penggemar jadul.
    bukan orang jadul lho ya.
    inget point itu.

    Damai tapi gersang bagusan yang dinyanyiin D'Cinnamons lah.
    huh.

    Tau nggak mbak?
    aq di kek i HP ne Nokia kui yo gelem, keren tuh.
    Pa lagi yang ada antenanya ntu.
    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alah ra percoyo.
      Nak kowe kuwi orang jadul.
      Keliatan jelassss kaliii point itu... hihihi.

      Gak ah, yang di D'Cinnamons intronya gak seasik yang judul.
      Ada part yang setengah ketuk asik banget!

      Aku ra duwe Nokia sing kuwi.
      iPhone ono malah mas... ning pojokan...
      Pojokan apple store :p

      Delete
    2. Tuing tuing tuing..
      Nananananana..

      Turu turu

      Delete
    3. Iki si Ripa'ngi koq ngundange "Mbak"?

      Delete
  2. kuno itu bukane jaman aku durung ono..?

    ReplyDelete
  3. dulu sempet kuno, tapi ngetren lagi? apa ya
    #mikir betulan nih saya.

    1. model kacamata. Dulu sepertinya yg gedhe2, framenya utuh, dianggap kuno. Sekarang jd tren.
    2.boyband, dulu pernah dianggap kuno. Sekarang ngetren lagi.
    3.Gaya rambut cowok yg kayak mangkok terbalik. Dulu pernah dianggap kuno. Sekarang [mungkin] dianggap ngetren lagi.
    4. apa ya? hassh mbuhlah, wkkwkkwkk :P

    #celuk2 ben Una tangi. Woi, bangun wooii...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangkok terbalik kayak apa sih, wkwk.
      Mbak tau gaaa, ada boyband dangdut pertama di Indonesia namanya G4UL, wkwkwk~ boyduttss

      Delete
    2. mangkok dikurepne...
      =))

      eh, ada tho yg kayak gitu.
      sebutannya boyduts? wkkwkkwkk... Girlduts ada juga gak tuh?

      maklum, bukan orang G4UL nih.
      #tiba2 merasa tua banget.
      :(

      Delete
    3. Kayak rambut salah satu anggota smash itu ya...
      Itu boyband dangdutnya dah suwi tapi aku baru tau baru baru ini.
      Ada saipul jamillll...

      Delete
  4. kuno itu identik dengan antik
    dan antik itu biasanya berharga tinggi....

    tapi kalau hp kenapa kebalikannya ya...?
    semakin kuno malah semakin jatuh harganya...
    hehehe....
    *sambil banting2 hp kuno gw*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibanting2 Mama Rafiiii hihihi...
      30 taun lagi tuh hape baru bisa jadi barang antik yang mahal kali wkwkwk

      Delete
  5. Wajahku kuno... tapi saiki lagi ngetrend :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau... aku kurang apdet nih~

      Delete
    2. Ngono yoww...
      Mulane akyu gak kamyu masukin di "daftar blog pria tampan" Hoaaaaaaaa, Buk'eeeee >O<

      Na, iklanmu udah tak klik berkali2. Dapet ve berapa dari Om GA?
      Kabarnya The Bob gimana?

      Delete
  6. Kalau fashion juga dah cukup sering recycle model baju kan? Betewe, nokia 3310 itu HP pertamaku lho? Sekarang masih ada dan masih oke lho kondisinya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi investasi barang antik tuh mbak. Opo dimuseumke...

      Delete
  7. hpku jaman dulu tuh Una. Unaaaa kangen nih maaf baru bisa BW lagi, setor muka dulu ya baa postingan yg lain menyusul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Santai aja mbak lidya hihi, kangen juga mbakkk

      Delete
  8. wkwkakakaa.. gue justru sampe sekarang pake nokia 3310. buat gue hp itu yang penting pulsanya ada. Kuno ato gak buat gue no problem... yang penting jgn No Signal hehehee!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh serIusan?
      Aku kira dah gak ada yang make :p
      Yoaaa, yang penting bisa buat nelpon yak

      Delete
  9. Nek tak rasak2ke, tiap ujian kayaknya kowe akeh ngelamune ketimbang nggarap soale Na...
    Ngaku ra ngaku kudu ngaku...
    Tapi kok nek yudisium bijine apik2... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, ketauaaan. Hobi jeeee ngelamun ki :P
      Yudisium apa pak, ra dhong aku wkwkwk

      Delete
  10. Aku seneng lagunya kelompok Biru Langit, tapi lali judule

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka yang Luka, lainnya yo keren keren (diithik ithik keri). Wkwkwk

      Delete
  11. Unaaa..itu hapekuh waktu pertama kerjaa..

    Aku suka suasana jadul loh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, masih ada nggak hapenya Mbak Nchie? :p

      Delete
  12. semoga saja celana cukbrai yang ngetrend di tahun 80an tidak mengudara lagi...huhu
    en masalah handphone 3310 itu, saya yakin tidak bakalan ngetrend 20 taun ke depan. tapi dijadikan barang langka. kaya vespa itu, orang kalo mo beli, harganya pasti nego. gak pake harga pasaran. huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kenapa Zul? Suka pakai cutbray kah?
      Oh iya itu maksudku hihi, jadi ada sebagian orang yang suka lagi dan jadi pasar yang baru dan harganya juga oke :p

      Delete
  13. Jika merasa bosan dengan sesuatu yang disajikan masa kini, orang cenderung mencari sesuatu di masa lalu. Biar terlihat unik dan beda. Dan akhirnya ngetrend kembali di masa sekarang. Hape jadul juga banyak yang nyari. Terutama yang ada antenanya.

    Kalau sepeda motor, banyak yang nyari model tahun 70-an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah yang ada antenanya? @.@
      Punya juga mas?

      Delete
  14. sekarang kreasi-kreasi handmade vintage makin banyak un...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... iya mbak. Mentang2 suka handicraft :p

      Delete
  15. Kuno yang kini?
    masih banyak..
    pespa
    jeans butut
    hp sirip hiu
    barang2 vintage
    motor cebe

    Pada dasarnya mode itu selalu berputar
    tanpa ujung dan saling berkaitan satu sama lain
    tapi kalau model2 vintage itu rasanya lebih keren
    liat aja tuh NAIF, keren kan
    heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa tuh HP sirip hiu, wkwkw beda zaman ya kita mbak :P
      Iya hihihi tapi kerenan Mbak Prit ah dibanding NAIF. #guomballl

      Delete
  16. Kalau dipikir pikir iya juga sih
    Kaya mobil klasik, harganya kian melangit

    Jadi, kalau punya yg jadul jadul jangan dibuang yah xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kalau gak dibuang menuh2in rumah tapi wkwk, dilemaaa

      Delete
  17. nah kayaknya mbak una bikin gebrakan deh di sekitaran kampus atau sekolah, una kan gak pakai jilbab, nah gimana kalo di setiap aktivitas keseharianya rambut mbak una di kepang dua, jadi kayak jaman desi ratnasari masih muda. Hehe.. Pasti bakal ngetrend lagi tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pengen sih kayak gitu, tapi aku maluuuu!!!!

      Delete
  18. nokia 3310...itu mah jaman aku masih kuliah lagi nge trend banget un, pokoknya waktu itu kalo ada yang pake hp itu udah di bilang pualing top deh....dulu aja aku sampe ngiler....hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman Mami kuliah udah berapa tahun lalu tuh, hihi...

      Delete
  19. klo masalah lagu jadul di rumah bapak ku masih suka pasang musik2/lagu2 jadul. sampe aku hafal lagu2 itu cuma klo artisnya ga hafal :D
    dan baru aja kemaren ngomong sama temen "aku pikir orang2 yg suka banget vintage itu kayak terkurung di masa lalu" kata ku, dan temen ku langsung bilang "itu tuh seni tau" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha yoyoi, itu tuh seni tauk :p
      Hihi kalau hafal coba sini nyanyiin mbak :p

      Delete
  20. Benar mbak Una, apa yang kini ngetren menjadi kuno nanti dan apa yang dianggap kuno bisa jadi trend lagi, mungkin selain manusia selalu berinovasi juga karena satu saat mentok di titik jenuh,jadi berulang dari awal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya juga ya... ada titik balik gitu :D

      Delete
  21. Iya ya, yang dulu malah jd ngetren lg. Entah krn khbsan ide atau emg ud jenuh. Tpi kalo soal lgu jadul, terus terang emg mantepan lg jadul, lbh ngena dan asik aj. Tpi kalo urusan teknologi, apalgi Hp yg d atas sana, mending buat gantungan kunci aja dah.. Hehe. Tpi kuat loh, buat ngelepar anjing aj bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lebih ngena :9
      Hihi buat nglempar ke kamu juga bisa mas... :D

      Delete
    2. ngelempar aku mah pake gitu ga bisa, harusnya pake yang lebih bagusan lagi :D

      Delete
  22. kalo lagu, fashion ya bisa emang... karena kayak cycle aja...
    tapi kalo teknologi rasnaya sih gak mungkin ya... hahaha

    ReplyDelete
  23. fashion udah disebutin, kacamata juga udah ...

    Oiyaaa,, tabrak-tubruk motif n warna pakaiaaan jugaaa... :D

    kirim2 suratt, maybe jugaa nanti jd ngetreeendd :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tabrak2 warna, LoL.
      Sekarang juga ada yang masih suka kirim2 surat ya :D

      Delete
  24. model rambut juga suka balik ke yg jadul lho. hehhee

    ReplyDelete
  25. Muka kuno mungkin juga bakalan ngetren lagi.....

    ReplyDelete
  26. hp jadul jadil trend lagi ?? hmmm mungkin ga yah, maybe yes maybe no :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bukan ngetren mungkin, tapi ada niche market sendiri :p

      Delete
  27. Artikel yang sangat baguss, berbobot dan signifikan nih,,, salam kenal aja, semoga artikelnya bermanfaat,,,aminnn,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau aja kamu aku selulitan di paha @.@

      Delete
  28. jika suatu karya diciptakan dengan penuh penjiwaan dan keseriusan pasti tidak akan lengkang oleh waktu. Akan tetap up to deate . Generasi yang akan datang akan belajar dari generasi sebelumnya.

    ReplyDelete
  29. Apa yaaaa kuno yg kini *mikirkeras*

    Duhduh. Blank ah. Xixixi. Btw ituuuu nokianya bikin kangen masa2 smp jaman hp masih jarang yg pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi jamanku SMP dah gak ngetren dong itu. *bedajaman

      Delete
  30. hm ... apa yah
    barang ku kuno semua kug :D

    ReplyDelete
  31. HP tahan banting tuh !!! xxiiixi :P

    ReplyDelete
  32. iya bener loh, sekarang tu sedang asik-asiknya back to jadul. apalagi di saat itu negeri ini lebih nyaman daripada sekarang bukan? pas isunya.

    ReplyDelete
  33. Un!!! minggu lalu temenku baru banget bahas hape nokia 3310 nya yg masih sehat walafiat, dan mendadak jadi riuh obrolannya karena banyak yg pengen punya nokianya, jadilah sampai sekarang temen2ku lg pada nego biar nokia jadul itu dilego aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ahahaha kok bisa nyambung ya temanya @.@
      Dijual 20 juta aja mbak wkwk~

      Delete
  34. Aku sering merhatikan trend jilbab Na, dulu keren kok aekarang jadi kuno :-)
    Juga sebaliknya :-)

    ReplyDelete
  35. itu hengpongnya hp pertama sayah :D nokia 3310 hihihi
    ummm emg yg kuno2 itu kn jadi klasik bernilai tinggi di masa skrg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi hp pertamaku iPhone dong. *boongggbanget wkwk*

      Delete
  36. mungkin aja sih na, yang kuno bs beken lagi sekarang. contohnya motor vespa, skarang ada motor scoopy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa hihi xD
      Tapi kok okean vespa ya hihi :D

      Delete
  37. sunglasses
    tempo dulu khan skrg ngetrend lagi ya, yg besar besar itu lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa yang lensanya gede banget @.@
      Retro retro

      Delete
  38. Hahahahaaaa... Barang2 jadul. Saya pernah koleksia barang2 jadul. Mulai dari pakaian model dulu sampai tipe HP kayak yang di atas. Sekarang aja HP aku yang sudah aku lupa tipenya brapa masih aku pake. Heheheheeee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha masih dikoleksi gak?
      Jadiin museum aja :P

      Delete
  39. kadang-kadang jadi pengen ngintip ke masa lalu gitu naik mesin waktu hidup di jaman dulu kayak apa hahahaha.. kayaknya nyokap cerita seru bener, dia anak gahul tahun 80-an di jakarta selatan jadi nongkrongnya ke blok M gitu haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk,
      kalo kamu nongkrongnya di mana? :P

      Delete
  40. jadi, kalo punya apa2 yg udh 'kuno' ga usah dibuang? coz suatu saat pasti ngetren lg, kesimpulannya gitu ya Na? hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak juga, rumah penuhhh kalo semua disimpen wkwk~

      Delete
  41. jadi inget pas beli gaun kemaren ibuku langsung komentarin gini : lah itukan sama dengan model.baju ibu jaman gadis dulu.. aaahhh sekarang model baju balik lagi neh.. hahaha..

    terus model rumah jiga ya na.. kan selarang klo rumah mewah kebanyakan bergaya klasik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, mode pun balik lagi ya. :D
      Rumah kuno emang oke sih mbak :D

      Delete
  42. untuk fashion bisa berputar... tapi kalau handphone ya... mungkin bisa juga berputar ya.. karena handphone masih baru industrynya.

    harusnya kemungkinan itu selalu ada sih... karena ide itu selalu di tiru...

    ReplyDelete
  43. Yang menarik juga adalah yang sekarang berlabel "baru" itu kan lama-kelamaan bakal menjadi "jadul" juga kan ya. Nah, apakah di masa depan yang sekarang "baru" ini bisa ngetren lagi kah?? hehehe :D

    ReplyDelete
  44. mobil atau motor jadul. Klo mobil jadul bbrp ada yg hrganya mahal bgt jadinya. Uang jadul juga bs dikoleksi, lalu nilainya jd mahal (dijual lg ke yg mau nganten) atau perangko jadul.

    ReplyDelete
  45. HP kunoku akeh, Na. Ra tau tak dol nek ganti, soale nek di dol bikin sakit ati.
    Aku pernah punya nokia pisang, apiiik banget :D

    ReplyDelete
  46. kayanya klo hp nokia ga bakal booming lagi deh..
    kecuali seluruh internet didunia mati total, baru deh balik ke nokia hahaha

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!