Tren Belajar dan Begadang

Suatu hari, aku pulang bareng si Aji. Sambil berjalan di peron stasiun, ia bercerita. Ia membaca (atau melihat gituuu...) di internet mengenai siklus belajar mahasiswa. Di semester awal, mahasiswa akan bersikukuh untuk mendapatkan IP yang bagus. Pokoknya berjanji tidak akan mengulang keburukan semester lalu.

Pas di kelas, eh belajarnya ngantuk-ngantukan dan dalam hati berkata, "belajar di rumah saja deh ya." Pas sampai di rumah, "ahhh... ntar aja ini mah pas ujian..." Pas UTS, "duhhh nggak bisa. Ah santai aja lah, masih ada UAS ini." Pas UAS, "uhhh nggak bisa juga. Bagusin semester depan aja deh kalau begini." Dannn siklus itu berlanjut sampai semester-semester selanjutnya.

Kalau ditelisik sebenarnya nggak lucu, tapi aku dan Aji ketawa ngakak sampai nggak berhenti-berhenti. Di peron sampai masuk kereta pun. Ajaran Rasul untuk menahan ketawa pun nggak kita lakukan. Uhm. Sebenarnya nggak pernah dipraktikkan juga kecuali lagi di kelas.

Hm. Mungkin kita ketawa karena kesindir kali ya. Nyadar diri gitchuuu...

Aku cari di internet tapi nggak tahu keyword yang pas, eh malah nemu gambar ini.


Kok pas banget ya rasanya. Aku nggak minum bir sih, paling ngemil sebelum belajar-yang-akhirnya-malah-tidur itu.

Dan yang aku bingung, aku sebelum ujian selalu begadang tidur jam tiga pagi, bisa setelahnya mungkin tidurnya. Pas ujian donggg, jam sembilan malam sudah ngantuk. Paling banter dipaksain bangun sampai jam satu, trus ya tidur. Abis minggu ujian selesai... ya begadang lagi. Ckck...

Pas ujian, malah asik-asikan berselancar di dunia maya. Giliran buka textbook, nguap seketika. Baca textbook emang obat tidur paling mujarab di dunia. Si Lelap obat tidur pun kalah jauhhh...

Dalam psikologi, dikenal dengan istilah conditioning. Ini merupakan salah satu tipe belajar. Conditioning ada dua, yakni:
1. Operant conditioning, kita belajar karena mengharapkan imbalan.
2. Classical conditioning, kita belajar tanpa sadar. Misalnya, ia sudah berpikir bahwa kuliah itu cuma kewajiban tanpa perlu memiliki minat dan keinginan menguasai materi pada pelajaran (faktor kognitif yang purposive behavior).

Sebenarnya, belajar (di case mahasiswa) itu ada imbalannya. Dari nilai dan pengetahuan yang kita dapat, tentunya itu akan membuat transkrip nilai yang baik, dan diharapkan membuka masa depan yang lebih cerah. Tapi tentunya ada mahasiswa yang hilang mood-nya untuk belajar karena 'imbalan' tidak langsung diberi atau merasa 'imbalan'-nya tidak terlalu material. Mungkin si mahasiswa itu berpikir, andaikan ujian kayak kontes blog hadiahnya buku atau uang, lebih semangat kali. #mahasiswabancikontesblog #bukangue


Nah ini juga salah satu alasan yang bikin mahasiswa males-malesan dan mengulangi terus-terusan siklus semester dan belajar yang salah! Ada beberapa alasan mengapa siswa/mahasiswa cenderung malas-malasan dan sesuai kayak di gambar di atas - yang aku rangkum dari percakapan dengan temanku mahasiswa psikologi namanya rahasia deh (padahal sering muncul di blog, wkwk):

1. Extinction pada operant conditioning. Sudah dijelaskan sebelumnya, ini berkenaan dengan hilangnya nafsu untuk belajar karena 'imbalan'-nya nggak didapatkan langsung.

2. Manusia cenderung memilih keinginan yang immediate dan mengabaikan kebutuhan yang delay padahal lebih berharga imbalannya. Misalnya, lagi asik-asik belajar eh kepikiran mau nonton drama Korea, eh malah nonton dulu dan ninggalin baca bukunya.

3. Bentuk avoidance, nggak mau berjuang untuk mendapatkan sesuatu jadi mending menghindar. Atau misalnya, awalnya sudah belajar tapi nilainya jelek mulu, eh pasrah nggak belajar. Contoh avoidance learning, yaitu learned helplessness, benar-benar pasrah.

4. Punya fixed mindset. Berpikir kalau kemampuan segitu ya sudah, segitu aja. Kalau mampunya belajar segitu ya sudah. Milih nonton drama deh, wkwkwk...

Whoaaa, berasa lagi jawab soal ujian psikologi. Tapi jawabnya nyontek ke Bellita (lho tadi katanya rahasia namanya?).

Ujianku sudah berakhir, banyak penyesalan kenapa nggak belajar beneran yah pas kemarin-kemarin. Nggak tahu deh penyesalan ini bakal ada lagi pas UAS apa enggak. Au ah, yang nanti dipikir nanti. Semoga aku bisa menikmati belajar materi kuliah sebagaimana aku menikmati ngeblog di sini, wkwkwk. Amiin.

Apakah di antara teman-teman ada yang begitu? Yang suka begadang tapi pas ujian mendadak susah begadang? Atau suka males-malesan belajar buat ujian? Hayooo...


Sumber dan referensi:
www.memecenter.com/fun/26804/final-exam-study-cycle
Bellita, wkwk~

108 comments:

  1. ya ilah, ngaku aja deh Na', pasti kamu yang ada di pic itu kakn..hahahaha

    Oh iya, ketika baru pertama menginjakkan kaki dikampus dulu, banyak teman dari angkatan diatas saya yang berkata, ketika kamu sudah menjadi mahasiswa, maka bersiap-siaplah untuk tidak tidur. Nah saya kan bingung maksudnya apa neh, kok tidak tidur segala:)

    Beberapa waktu kemudian, saya menyadari apa maksud dari kalimat tadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, yaiyalah.
      Siapa lagi?
      Iyaaa benar tidak tidur :( Sebelll... :D
      Ujian bikin gak tidur :D

      Delete
  2. ternyata siklus mahasiswa dari jaman batu sampai sekarang masih sama toh, hmmm, bakal begini terus nih nergi ini kl begini jadinya, wew :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ghayhaaamuuuu!
      Kamu mahasiswa jaman kera ya ams...

      Delete
    2. walaupun jaman kera, tapi pernah jadi mahasiswa lho, huuuu :p

      Delete
    3. Xixixi... bedanya kalo jaman batu belajarnya pake api unggun sob wkwkwk...

      Delete
    4. Trus lulus gak mahasiswanya? *kabuurr*

      Ooo Mas Budi hidup dari jaman batu, kenal dong ya sama Flinstones...

      Delete
    5. Belajarnya ntar saja kalau ada quiz..kalau ada tugas dan kalau mau UAS...selebihnya ngapain enaknya ya...hehehhe

      Delete
    6. Hahaha, yoiii.
      Kadang kuis pun juga males mbak sinau wkwkk

      Delete
  3. hebat baca texbook hehehe. biasanya mahasiswa punya satu kekuatan yaitu the power of kepepet, setelah waktu (kelamaan gak lulus2) dan nilai (pas-pasan) ngebut dech,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hebat dong, baca textbook. Judulnya doang...

      Delete
  4. aamiin buat doanyaaa... :)

    begadang buat belajar? jaman msh aktif kuliah ga pernaah,, mending tidurr dahhh,,, hehehee

    tp, pas abis kenalan sm proposal dn skripsii,, beeuhhh ,,,
    :D hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...
      Begadang juga akhir-akhirnya :p

      Delete
  5. una kenapa fotomu harus disensor gitu mukanya? hihi '__'
    tanpa niat yang kuat, susah untuk berubah, apalagi dari comfort zone. wikikiki, kontes blog? aku banget #akucintagratisan #bancikuis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iseng aja...
      Cihuiii banci kontes nih yeee :D

      Delete
  6. aku pikir siklus macam itu udah ngga berlaku lagi di kalangan mahasiswa masa kini, ternyata.... masih sama aja (-___-")
    tapi kalau udh baca, pas di kelas langsung nempel apa yg disampein dosen, laporan ngerjain sendiri ngga copy paste, pas ujian meskipun ga belajar, masih tetep bisa ngerjain kok Na meskipun ngarangngarang tp karangannya indah *pengalaman* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, masih dong...
      Kalau baca emang nempel, meski cuma dikit, wkwk :D

      Delete
  7. merasa di untungkan jika punya kecerdasan di atas rata2, sekali baca dia langsung hafal jika sewaktu waktu pertanyaan itu muncul, beda sama yg belajar mendadak pas mau ada tes aja. Jadi semakin banyak materi yg ia tampung dari banyak membaca maka memori kita jg atau otak tdk akan berfungsi dgn baik. Kadang banyak dari mahasiswa belajarnya pas mau tes aja :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha tapi jangan ngeles juga karena gak cerdas2 amat, jadi males belajar :D

      Delete
  8. ini sebenarnya penyakit loh,
    intinya menanti motifasi. klo belom ada motifasi, ya ga belajar sampe akhirnya kepepet dan walau begadang, tetap saja tidak belajar. bukan begitu bisanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinyaaa, penyakit.
      Motivasi pake v. Itu sih intinya :D

      Delete
  9. baru ngeh sayaaa,,, td ngantuk sh :D

    iya nh una, kalo besoknya mo ujian, mlm nya suka cepat ngantukkk...
    jd mending tidur cpat, trus bangun cepat jg buat belajar ,,supaya freeshhh...hihihiii

    ReplyDelete
  10. Astaga fotonya sampe diblur gitu dan bukunya BUJUBUNGENG tebel amat. Serem bacanya xixixi

    ReplyDelete
  11. dulu waktu masih sekolah atau kuliah aku paling malas belajar jadi disesuaikan sama mood aja hehe dan banyak2 berdoa :P

    ReplyDelete
  12. SKS..*sistem kebut semalam ajib deh :D

    ReplyDelete
  13. yap saya ngaku saya juga gitu :D

    ReplyDelete
  14. Kalo aku mah belajar pas pengen. Mau ujian kek, kompre kek, kalo gak mood ya gak belajar.

    Dulu semangat pas semester 1. Pas tau IP nya pas2an, jadi males belajar. Ngapain juga rajin2 kalo ujung2nya IP cuman segitu? *pikiran bodoh*

    ReplyDelete
  15. keknya rata2 mahasiswa pada kayak gitu yah -___-
    tp kalo aku biasanya pasrah aja ga begadang, dan milih SKBM aja (sistem kebut beberapa menit haha =,=)

    ReplyDelete
  16. Btw, ngapain fotonya pake diburemin sih nah sudah ketahuan itu Una? :D

    Kita sama lho, jaman kuliah dulu saya juga begitu, syukur2 bisa lulus hehehe.

    Mau vote ke link mana ?
    Ini dalam rangka apa sih ... ada peluang emak2 ikutan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena udah ketahuan, diburemin juga gapapa dong.
      Klik bannernya mbak hehe, submissionnya dah tutup dari maret lalu :D

      Delete
  17. kok di sensor.....wajahnya te.. kenapa??

    ReplyDelete
  18. huahahahaha fotonya kayak pelaku kejahatan di bawah umur gtu mbak, pake di blur-in wkwkwkwk.

    aku belajarnya seminggu sebelum sih mbak, terus jg skrg kebanyakan ujiannya open book, jd cm butuh ngumpulin bahan, baca2 doang, ga usah ngehafalin gt hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu modelnya pemalu jadi kublurin...
      Asik bener ujian open book huuuu...

      Delete
  19. Kalo aku waktu kuliah emang suka begadang un, tapi pas ujian pasti sudah kusiapain senjata andalan .... (nyontek) wkwkwkkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh,ga bennar nih anak rantau,suka nyontek ...wakwkakk

      Delete
    2. Marahin aja tuh Budhy, Bu Guru...

      Delete
  20. kalo aku jaman kuliah nggak pernah begadang un, karena nggak bisa....hihi....jadi kalo mo ujian ya belajarnya siang sampe sore...jadi malemnya udah santai-santai....tinggal tidur....hehehe....

    tapi salut untuk orang-orang yang bisa begadang dan paginya nggak ngantuk, doping nya apa nih...kopi ya...?

    ReplyDelete
  21. dulu aku pas kuliah rajin banget pinter banget cantik banget populer banget wangi bangeeeet... *laginonton FTV*
    haha una, nikmati masalah kuliahmu nak nanti kau akan merindukan masa2 belajar itu

    ReplyDelete
  22. Hahaha.. Kalau ini nyindir saya banget :D

    ReplyDelete
  23. Sayang sekali aq ga pernah kuliah ehehehe,

    ReplyDelete
  24. salam blogger.

    ya ampun, kalo ulangan harian, UTS, dan UAS saya gitu juga. tapi nggak sampe bangun sepagi itu, jam 3 pagi. paling lama tidur jam setengah 11 doang. jadi siklus belajar seperti itu juga melekat pada siswa SMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi SMA pelajarannya masi gampaaang xD

      Delete
  25. kalo aku, belajarnya sambil nyatet Un, baca buku terus ditulis ulang dikertas lain, itu gampang banget masuk daripada cuma baca terus ngapalin, kertasnya sekalian dicadangin untuk contekan juga #eh ga deng boong :P

    ReplyDelete
  26. Heeee kalau saya kebiasaan belajar jam 2 subuh, pada waktu teman2 belajar aku malah ngajak mereka tidur,bilang gini "Ngapain belajar, tunggu nasib saja kawan, mending tidurrrr" ketika semua tidur, aku bangun subuh hahahaha...

    Tapi bener kok, uraian una di atas, pada dasarnya hampir semua mengalaminya yach..sekarang tinggal niat kitanya aja, mau ada perubahan atau tidak gitu una yach... ngarepin fotonya yang jelas malah di blurrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah rajinnya Bli Budi, wkwkwk.
      Intinya sih kitanya :D
      Kalo gak mau berubah ya nggak :d

      Delete
  27. Waduuhh.. sudah lama ga ujian, jadinya agak lupa dengan kebiasaan jaman dulu waktu masih sekolah hehe...

    ReplyDelete
  28. ngga hobi SKS ^^

    mending blajar dikit" lama" jd bukittt...

    ReplyDelete
  29. Gak enak hati baca postingan ini,
    makjleb banget kena hati o___O

    Wiii ... fotonya diburemin, kayak korban apa gitu ... :D

    ReplyDelete
  30. hagagagaga...aku banget itu... pas waktu ujian mualessssnya mau belajar... kayaknya ke 4 point itu masuk semua ya ke aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha, gak bermaksud menyinggung lho :D

      Delete
  31. yaelah pake acara disamarkan segala lagi mukanya.... jadi ingat acara di tv tentang investigasi gitu deh Na... haha....

    obat tidur paling mujarab itu ternyata adalah baca textbook ya Na.... untung aku udah kelar kuliah tahun 1995 yang lalu... jd goodbye deh textbook tebal dan bikin eneg itu... hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 95? Waaah sudah lama banget, hahaha!
      Itu disamarkan soalnya kriminal kasus menganiaya boneka mbak...

      Delete
  32. jadi inget jaman sekolah dulu,
    begitulah siklus yang terjadipada kebanyakan pelajar,,
    apakah una salah satunya ??

    :D

    ReplyDelete
  33. udah saya Vote.. udah sedekah seperti biasanya.. tapi kenapa wajahmu diarsir Un..

    semoga sukses Una di acara vote-votan itu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik makasiihh!
      Diarsir takut banyak yang naksir :D

      Delete
  34. Tumben postnya kayak orang pinter, Na? Bhahaha, inget kata bang haji! Begadang tu gak baek, krna sgala pnyakit bakal mudah dateng! Trmasuk penyakit kriting! Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho? Biasanya koyo wong bodo po? Wkwkwk...
      Keriting tuh oke lho b-)

      Delete
  35. Sudah aku vote, gudlak ya :-)

    Iya ya, begadang kita kebanyakan malah bukan untuk belajar, hehe...

    ReplyDelete
  36. begadang hampir setiap hari tapi bukan karena tugas kampus tapi Project kerjaan,hehehe
    tapi asyikin aja lah namanya juga hidup :)
    ngomong kamu ikut Bobs 2012 ya ? aku jg ikut,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk voteku masih kalah dari mas nih :p

      Delete
  37. satu : yang jelas buat gue, belajar saat ini bukan seperti zaman purbakala yg selalu ter-konteks pada sebuah referensi.

    Dua : belajar gak harus pas waktu mo ujian doank!

    ketiga : gue ngikut koment si Eksak, inget kata bang haji! Begadang tu gak baek, krna sgala pnyakit bakal mudah dateng! gkgkgkgkgkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya, belajar itu luasss...
      Cuma konteks ini belajar di sekolah...
      Wkwkwk, asik je begadang :D

      Delete
  38. wakakakk ..
    ngakak abess ..
    kehidupan gue noh kak ..
    sebelum semster akhir ..
    semester akhir ini baru menderita ..

    ReplyDelete
  39. duh iya bener banget deh mba. jadi kesindir nih aku --"
    tapi kalo aku sih sebisa mungkin belajar serius, gag bolos kuliah, dan jadi kutu buku. *gubraks

    ReplyDelete
  40. hahahahaha.. bahasan una kali ini berat euy.. udah bahas mahasiswa, bahas cara belajar, bawa-bawa psikolog pula.. dan itu, itu kenapa disensor mukanya?? takut ketahuan kalo sering minjam gk balik di perpus yaa?? *LOL!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hlo? Biasanya bahasanku juga berat tuh...
      Gak, itu modelnya pemalu soalnya...

      Delete
  41. Kalo saya sih gak pernah belajar, hihiih... :D
    Maksudnya gak pernah belajar rutin :D
    Paling belajarnya saat mau ujian doang, wkwkwkkw... :))
    Tapi syukur deh saya udah melewati masa2 itu :D

    ReplyDelete
  42. Waw! Kenapa artikel ini gak saya temukan jaman kuliah dulu yah? Tau gitu saya merubah pola belajar deh, gak perciss apa yg digambarkan dalam artikel ini. Hehehe...

    ReplyDelete
  43. Yang di foto itu mbak una kan? Hayo ngaku dehh. Mengingatkan kita-kita yang sering menunda dalam belajar. Giliran pas UAS, langsung sistem kebut semalam diterapkan.
    Di bangku stm mbak, bukan di bangku kuliah. Ane nggak kuliah mbak una :)

    ReplyDelete
  44. nah karena aku jurusan ilmu yg gak perlu menghapal cuma perlu praktek jadi gak terlalu perlu belajar pas ujian.. kalau ngerjain tugas sendiri pasti sukses deh ujiannya..

    permasalahan jurusan praktikum gini.. setahun aja ninggalin kuliah dan gak ngelakuin yg dipraktekin lagi.. udah buyar deh ilmunya.. hahahaha..

    tapi tetep kok.. enakan begadang buat ngeblog daripada ngerjain tugas :p

    ReplyDelete
  45. Ya balik lagi ke diri masing-masing yah mba, rasanya untuk merubah kebiasaan itu emang sulit..

    ReplyDelete
  46. mbak una bacaan nya tebel amat ya Seremmm banget ngeliatnya :'( untuk saya gak baca buku begituan

    :D

    ReplyDelete
  47. Tujune aku wis ra perlu sinau maneh

    ReplyDelete
  48. sumpaĦ ngena banget na!!!
    aku dari sebulan yg lalu udah niat belajar buat persiapan uts. tapi eeeehh malah sampe H-1 belum belajar sama sekali nihh.. hahaha
    niat sih gampang.. mulainya yg susah!! ©ќ©ќ©ќ ••• (˘_˘") ºº

    ReplyDelete
  49. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  50. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  51. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  52. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  53. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  54. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  55. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!