Rawon Setan yang Mengecewakan

Percaya bahwa pendapatku begitu?

Sudah berapa lama aku mendengar istilah 'rawon setan' dari mulut orang-orang. Dan sungguh aku tak pernah benar-benar merisetnya. Yang kupikirkan kalau aku mendengar rawon setan ialah makanan khas Surabaya yang aku rasa pedesnya puooolll. Sebelumnya aku berpikir begitu.

Di Jakarta pun berseliweran tempat makan dengan menggunakan nama 'rawon setan' dan sama sekali aku tak tertarik. Aku lebih tertarik dengan french fries-nya McDonald's. Nah, baru kemarin aku ke Surabaya, aku mampir ke tempat rawon setan. Hm. Makan juga lah ya! Masa' cuma mampir. Rawon setan? Koyok opo se iku?

Tampak depan Rawon Setan.
Aku pikir tempat makan rawon setan itu ada banyak. Eh ternyata, "Ya cuma ada di Embong Malang, Mbak. Depan Jewe Meriot." Oke oke. Aku jalanlah berdua dengan Mbak Lis dari Tunjungan Plaza ke tempat rawon setan. Tempatnya mudah sekali ditemukan. Berjejer mobil parkir di depannya. Rupanya rawon setan yang asli itu ya hanya satu di Embong Malang itu. Tidak buka cabang, tulisannya.

Jebul, namanya Rawon Setan itu dikarenakan dahulu bukanya setelah jam 22.00, malam banget gitu. Jadi namanya Rawon Setan. Padahal siang kayaknya setan juga ada tuh, hihihi...

Dalamnya Rawon Setan.
Tempatnya tidak begitu besar. Dan kamu bisa milih duduk di antara tiga section. Di luar dengan udara Surabaya yang panas. Di dalam dengan kipas angin dengan udara Surabaya yang panas. Dan di dalam bagian satu lagi yang air-conditioned dengan udara Surabaya yang panas juga. Tadinya aku pilih di tempat yang ada AC-nya, eh panas juga. Akhirnya pindah yang tanpa AC.

Mbak Lis makan banyak bener...
Setelah kami duduk, sekonyong-konyong, mas-mas pelayan datang menghampiri kami. Mbak Lis memesan dua rawon pisah, satu teh botol, dan teh manis panas. Liat aja itu di foto. Banyak banget gilak dia makannya! Aku? Oh, aku nggak makan. Diet.

Bohong.

Kalau yang belum tahu rawon, ini namanya rawon.
Ini namanya nasi dikasih bawang goreng.
Setelah menguping pembicaraan di kasir oleh si penjaga kasir dan pembeli dan harganya wawww, aku pun mulai makan. Rawon Setan ini sangat encer, berbeda dengan buatan Mbak Lis yang tidak terlalu encer. Di permukaan kuahnya terdapat bagian kuah yang bening dan kurasa itu terlalu tebal. Mungkin yang pintar masak tahu sebabnya.


Potongan dagingnya besar-besar. Dan yang kudapatkan dari mangkok rawonku, aku hanya menemukan tiga potong daging yang benar-benar daging. Lainnya bagian sapi yang aneh. Jeroan dan semacamnya. Aku gilo sama jeroan, jadi kusisihkan jeroannya.

Well yeah, aku tak berbohong dengan judul postinganku ini. Aku kecewa dengan rawon setan ini. Baunya sangat prengus dan mengingatkan dengan Shirley di rumah. Aku nggak tahu apa aku yang nggak punya lidah yang oke, apa aku normal. Rasane biasa wae ki. Anehnya Rawon Setan ini sebegitu populernya hingga ada jargon, "belum ke Surabaya namanya kalau belum coba rawon setan."

Ya akhirnya aku sudah pernah ke Surabaya. Baru sekali ini aku ke Surabaya.

Mendengar meja sana-meja sini rupanya bisa memesan rawon yang isi daging saja. Tapi sayangnya, masnya tidak menawariku rawon daging thok. Ya mana aku kepikiran kalau bakal ada jeroannya.

Banyak foto artis yang ditempel di dinding. Diam diam merayap.
Harganya sakjane yo normal sih. Satu mangkok rawon pisah dihargai 25.000 dan teh botol 4.000. Mendingan beli empal gentong dengan harga segitu yang jelas enaknya. T.T

Tapi ya... dunia ini hanya senda gurau. Biarkan kutertawa setelah mencoba rawon yang mengecewakan ini. Menyesal tak ada gunanya. Toh rasa penasaranku sudah hilang ini. Kalau belum kucoba, masih bercokol pasti di dalam hatiku.

Yaaaa tulisan ini tentu saja opini pribadiku. (Emang ada yang ngira ini opini Angelina Jolie? Atau Shirley?) Kalau mau coba ya silahkan, kalau tidak jadi tertarik lagi karena terpengaruh dengan tulisanku berarti tulisanku keren ya. Kalau tidak mau coba ya silahkan.


Vote lagi ya!
Dalam satu hari, satu akun bisa vote satu kali. Vote lagi dong. ;)


Click bannernya atau ke thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/

Login with your FB/Twitter/OpenID account.
Click vote now on my blog: Una Vida Escrita de la Una
Thank youuu!

148 comments:

  1. @.@ wah mengingatkanku pada makan-makan sama teman2 lab disitu. lumayan mbak dagingnya, meski porsiku gak habis =.=" karena serat yang tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee? Gak habis? Waw... @_@
      Mase mangannya dikit amat dong... karena menurutku itu dikit =))

      Delete
    2. >.< makanku porsi cewek mbak =.=",
      pasti jadi bahan bullier aku kalo acara makan-makan =.=", tegaaaa :p

      Delete
    3. Wahahaha :))
      Kalau gitu porsi makanku porsi apa ya T.T
      Porsi tukang batu? :((

      Delete
  2. prtnyaan qu cuma 1..:::
    "sbnerny rawon itu rasa ny gmna sih???
    penasaran tpi ngliat wrnany koq dekil amat gtu ya????
    hmmmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woalahhh belum pernah makan rawon tho?
      Hihihi emang warnanya gitu :P

      Delete
    2. kyk makan daging pake kuah soto tp rasanya lbh gurih

      Delete
  3. blm pernah nyoba sich mbk,sampai ke surabaya cuma dibandara ajah,he2he,,,penasaran dech mbk,klu q pulang pengen jg nih mampir ke sana,,,,klu rawon alfaindo hongkong ma warung indo di hongkong sich rasanya gak begitu khas,he2he,,,,masak sich asli rawon surabaya gak enak juga,gakgakgak,,,,,terus enaknya rawon didaerah mana nih mbk una?(bingung sambil garuk2 kepala)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tetep enakan makan rawon di Indo ya mbak :D
      Rawon setan yang gak gitu enak. Rawon lainnya sih banyak yang enak.
      Mbak, link blogmu apa? Kok ga ada ya?

      Delete
    2. he2he,blm buat mbk,,,,,,lagi males...klu ada mood lg mau buat,q pengen baca2 dulu he2he,,,klu udah banyak pengalaman baca blog temen2 lg q buat link,kwkwkwkkwkwk

      Delete
    3. Owalah hihihi,
      pantesan...
      Aku jadi kepengen ke HK deh mbak T.T
      Mau ke disnilennn lagiii!

      Delete
    4. q aja blm pernah ke sana mbk,,,,biasanya q mangkal di central pier, IFC MAll,STAR FERRY HARBOUR SHIM SHAM SHUI,victoria park,mongkok market,dll...klu ke disney jauh mbk,,,,cutinya sehari tok so susah plus mahal ongkosnya tu lho bikin kantong kering,he2he

      Delete
    5. IFC Mall di mana mbak?
      Aku kemarin naik feri dari Tsim Sha Tsui juga :D
      Victoria Park banyak orang Indonesia hihi.
      Mongkok gak sempeeeeet T.T
      Hihihi iya mahal sih, tapi kan sekali-sekali coba gapapa mbak :P

      Delete
    6. IFC Mall ada di central mbk turun aja diMTR exit A ,,,,disitu mall nya sip banget dech elit

      Delete
    7. Hihihi belum pernah ke sana...
      Mau ke HK lagi hihi~

      Delete
    8. kapan nih mbak?kutunggu dech kunjungannya,he2he,,,oh ya mbk una,gue dah buat link tuh,,,ada mood malam ni,,,hihihi,,,,siapa tau tertarik ,he2he,,,

      Delete
    9. Hihihi nanti kalau ada uang lagi.
      Ok ok, aku mampir ke link mbak...

      Delete
    10. gue tunggu kunjungan ke hongkongnya ya mbk,nice to see you

      Delete
    11. Insyallah bisa ke sana lagi hihi :D

      Delete
  4. rawon emng kadang diselipi jeroan setau aq....
    :P
    tp enak kok...

    ReplyDelete
  5. berarti tetep enak PINDANG tetel khas pekalongaann.,,,

    enaaaaaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panganan Pekalongan gak ono sing enak!

      Delete
    2. Lidah orang Pekalongan yang gak normal, hahaha!

      Delete
  6. sy blm pernah nyobain rawon setan.. tp kirain sy jg gt, di blg rawon setan krn pedesnya nampol ternyata krn bukanya malem ya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. membaca rawon setan, aku juga mikirnya pedasnya ga ketulungan ini Na.. eh karena bukanya malam banget ternyata! Kayaknya aku ga tertarik deh kalo bukanya jam segitu, masak makan berat diatas jam 10an malam, makan angin aja udah ga boleh jam segitu, hehe. apa hubungannya ya mkn rawon dan makan angin? hehe

      Delete
  7. kayanya enakan rawon bikinan emak atau mbak ku nih, sama2 orang jatim pasti lebih muantep deh :D.. aku juga blm pernah nyobain padahal sering lewat rawon setan.. sekali2 nyobain soto gebrak di jkt Un, pasti hasilnya.. mengecewakan jg :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi,
      aku pernah coba tapi lupa :D
      Ingetnya part gebrak botol doang :P

      Delete
  8. yo yg nmnya setan mah kaga ada pernah buat seneng manusia Una cayang heheheh

    sini sini maem tempoyak patin jambi ajah :D

    ReplyDelete
  9. 29 ribu plus minumannya??? ini setan miskin amat. harganya mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mahalll T.T
      Daging sekilo satu juta masss...

      Delete
  10. Aku belum pernah nyoba. pedes nggak na? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai sambel pedes.
      Kapan Asep siaran lagi? :D

      Delete
  11. nggak pernah ke surabaya, jadi wajar ya nggak pernah ngerasain rawon setan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya, wong yang ke Surabaya aja belum tentu nyobain hihi

      Delete
  12. Duh salah waktu nih berkunjung pas malem2 lagi laper ke blognya mbak una, bikin laper aja sih.. Saya pesen satu aja deh mbak una :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ya besok mampir lagi biar gak salah waktu :p

      Delete
  13. Duh salah waktu nih berkunjung pas malem2 lagi laper ke blognya mbak una, bikin laper aja sih.. Saya pesen satu aja deh mbak una :D

    ReplyDelete
  14. Duh salah waktu nih berkunjung pas malem2 lagi laper ke blognya mbak una, bikin laper aja sih.. Saya pesen satu aja deh mbak una :D

    ReplyDelete
  15. ternyata bukan karena pedes ya, tapi karena buka nya malem, tapi tetep aja, yg namanya rawon itu biasa aja di lidahku jeng, gak teega juga kl makan daging, hihihi, apalagi daging wedus ,,, kaniballll :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi kenapa kalau makan wedus jadi kanibal? Kamu berubah ujud jadi kambing? Hihihi...

      Delete
    2. maksudnya kamu yg kaniballl, weduss :P

      Delete
    3. Kirain hihi, coba mas makan rawon monyet...

      Delete
  16. kayaknya lebih enak rawon masakanku lo mb..
    hehehehe

    ReplyDelete
  17. Duh salah waktu nih berkunjung pas malem2 lagi laper ke blognya mbak una, bikin laper aja sih.. Saya pesen satu aja deh mbak una :D

    ReplyDelete
  18. Duh salah waktu nih berkunjung pas malem2 lagi laper ke blognya mbak una, bikin laper aja sih.. Saya pesen satu aja deh mbak una :D

    ReplyDelete
  19. Duh salah waktu nih berkunjung pas malem2 lagi laper ke blognya mbak una, bikin laper aja sih.. Saya pesen satu aja deh mbak una :D

    ReplyDelete
  20. hmmm...larang yo Un, porsine kuwi lho sitik :p

    ReplyDelete
  21. weks ada setan (Una) makan rawon hihihi
    EM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weks ada setan komen, huaaa kabuurrr...

      Delete
    2. Kalau coto Makassar pernah coba gak Una??
      Enak loh...... :)

      Delete
    3. Beluman hihi, padahal dekat rumah ada yang jual :D

      Delete
    4. Kapan- kapan di coba juga yah Una... :)

      Delete
  22. aww...aww...shirley meraung dlm mangkok :D

    ReplyDelete
  23. sini kirim ke aku na, biar aku cobain, enak ga si. bener ga si mengecewakan?

    ReplyDelete
  24. kalau aku suka rawon buatan emakku un.. hehe

    ReplyDelete
  25. walah, karena ngebayanginnya udah heboh, padahal rasanya gak seheboh ekspektasinya ya ..
    padahal kayaknya ennak tuh ..
    wuih jalan-jalan mulu ye.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Eh ternyata...
      Pas ada kondangan aja jadi ke Surabaya... :D

      Delete
  26. jdi lapar una pas liat gambarnya..

    ReplyDelete
  27. ya Na, anggap saja membeli PENGALAMAN, dan itu biasanya memang mahal toh :D
    kebetulan aku memang tidak suka rawon, jadi yaaa wlo ke Surabaya satu hari nanti, dijamin gak bakal mampir juga sih hehehe ..

    iyo yo, nek 25+4=29rb yo mending mesen paket ayam di Mcd dapat 2 ayam 1 nasi/kentang + minum ... iyo to ? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hihihi.
      Beli mcd jelas enak lagi, hahaha.
      Kalau beli menu mantap tambah tiga ribu dapet dua paket :))

      Delete
  28. aku belum pernah nyoba un, tapi kalo una bilang nggak enak, aku jadi males juga mau nyobain nya....mendingan beli yang pasti-pasti aja yo un...hihi...

    ReplyDelete
  29. yen aku memang ndak suka rawon un, ireng2 piye gitu ha..ha.. memang jauh lbh uenak empal gentong un :)

    ReplyDelete
  30. Wah, kalo aku belum ernah nyoba rawon sean, Mbak..
    Malah aku baru sekali nyobain rawon, pas itu takziah di rumah orang.. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi enak sih rawon meski begitu tampilannya :P

      Delete
  31. namanya rawon setan,.. karena harganya mahalnya kayak setan... hehehehe.. kayaknya nasi bawang gorengnya enak tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, harganya bikin kita kayak setan. *eh*

      Delete
  32. aku bukan orang jawa Na, pernah nyicip rawon (bukan setan) di deket kantorku, dan ga suka, rasanya terlalu asing di lidahku hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku baru paham loh. Ternyata kalo bukan orang Jawa ya gak familiar ya sama rawon.

      Delete
  33. aku ndak tau rawon, opo iki na??cuma pernah liat di tipi pas acara kuliner gitu, ntar kalau aku ke surabaya tak cobain juga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ndak ada deh un, atau aku yg ndak tau yooo..ntar aku nyari tau deh kali aja ada di aceh ckckkc

      Delete
  34. whaaat...?
    bukanya jam 10 malam...?
    ckckckck....itu adalah godaan terbesar untuk kami2 yg sedang melakukan diet

    tapi...aq blm pernah nyobain rawon sih....hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha yang diet gak boleh ke situ berarti...
      Lho hihihi aku kira rawon itu masakan umum lho :D

      Delete
  35. Wah telat meneh aku un hahaha..

    Surabaya sing enak rujak cingur unn. Dah coba belum??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah, gak suka. Besok aku mau bikin rujak cingur. Tapi nganggo cingurku.

      Delete
  36. Kayaknya enak mba Un, pas makan siang nih. namanya kok horor kali yah, apa harus bacain ayat kursi dulu sebelum dimakan LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aku gak kepikira buat baca itu sebelum makan :P

      Delete
  37. mereka makasih ma kamu lho, na...!!! 'coz dah di iklanin..walopun kamu bilang kecewa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi dong... harusnya fotoku dipajang juga di sana hihi :D

      Delete
  38. enak rawon nya mbak lis deh yaa mbak un :D

    ReplyDelete
  39. yo luwih penak rujak cingur leh..
    prengus'e puuooollll.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi aku radoyan rujak cingur je :D

      Delete
    2. padahal enak, ada bau2 gmn gitu!
      gudal campur liur, dll.. *makin absurd
      haha:D

      Delete
  40. Aku pernah makan rawon, tapi bukan rawon setan :D
    Ternyata yang bukan rawon setan pun nggak enak juga! Mungkin lidahku juga nggak normal :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi enak tauuu rawon, tergantung sing masak sih :D

      Delete
  41. Semoga menang dalam kontes kecewa ini...
    Selamat juga buat penyelenggaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rawon nggak cuma prengus tapi penguk...
      Kalo nggak salah karena salah satu bumbunya adalah kluwak, yg item2 itu.
      Nek ning Kudus jenenge Sego Pindang

      Delete
    2. Amin, semoga menang. *menang opo*
      Hm, tapi sih kluwak gak marakke prengus.
      Sego pindang ketoke gak pake kluwek ta ya @_@

      Delete
  42. kalau mahal rasa enak terbayar ya harganya :) makan rawon setan minumnya es pocong harusnya tuh Una

    ReplyDelete
  43. apaaaaaaaaa 25000 semankok #keringetdingin :( mahall ya

    HMMM KAPAN YA BISA KESURABAYA :D

    ReplyDelete
  44. wah, mba Una,
    kalau mba Unanya kecewa, rawonnya jadi galau tuh mba...
    wahahahahahahahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pasti si rawon bikin postingan tuh ;))

      Delete
  45. Liat dari bentuknya kok koyo brongkos ya, Un? Nggak pati seneng aku, lemak :P
    Tapi gimana rasanya kok nggak kamu sebutin, Un? Gurih, manis opo pedes, opo malah nggak ono rasane? Nek nggak ada rasane berarti emang lidahmu yang kurang oke :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh, gak tau mangan rawon po mbak?
      Emang warnanya sama kayak brongkos, nggilani, hahaha.
      Ya rasanya ya rasa rawon :P
      Cuma prengus :((

      Delete
  46. Wah... Jaman sekarang yang namanya "Jargon" bisa menipu. Kayak yang satu itu. Hehehehehe :P jadi, harus pinter - pinter aja buat milih, ya kan??

    ReplyDelete
  47. aku suka rawon ya karena rasanya yg aneh itu, pahit gimana gituuu
    tambah sambel sama perasan jeruk nipis makin mantap, he...he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama telur asin dan toge lebih enak lagi hihi :D

      Delete
  48. Ngiler euyy tapi aku udah makan deng :))

    ReplyDelete
  49. Menurutku sih itu masalah selera aja Una, kalau bukan orang Surabaya seperti jarang yang suka, selain warnanya yang item kayak air got..rasanya juga agak beda karena ada Kluwek nya..

    Jadi kalau kamu nanya Rawon itu enak ndak?
    saya jawab enak banget..karena emang saya orang asli Surabaya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi... aku bukan orang Surabaya suka kok.
      Cuma rawon setan aku gak gitu suka.
      Gak seenak apa yang digembor-gemborkan hehe :D

      Delete
  50. Mending ke Malang mbak...tak anter ke rawooonnn enakkkk! rasax 1/2x harga itu lebihhh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiahhhhhhh..........! kan 1 jam itu dari Surabaya....juga 1 jam dari Jakarta..hahahahah!

      Delete
  51. hmmmm... penasaran... tapi kayaknya enaknya TOUTO deehhh...hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha :D yang ga biasa makan mesti bilang gt. Atau mungkin pas salah tempat makan,...hehehe :p

      Delete
  52. waaahhh dulu minat banget coba rawon setan, sekarang udah ga heboh ya (kalo di tempat gue hehe)

    ReplyDelete
  53. dimata saya rawon makanan dgn penampilan aneh karena itamnya...

    ReplyDelete
  54. Tiga Teratas Kontes Thebobs kuwi nek diteliti tenan, sing foto2ne original blog iki dowang...
    Dua teratas kebak foto tapi kayaknya copy paste

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi yang satunya juga pakai foto sendiri kok. Dan kalaupun ada foto dari sumber lain pasti nyebutin sumber. Kalau yang satunya banyak copas dan gak pasang sumber, dan kayaknya bakal menang dia hihi :D

      Delete
  55. mau dong coba, hehe..
    kirim ke tempatku yaa ;p

    ReplyDelete
  56. haiyah... potongan dagingnya hanya 3? keberatan nama tuh kalau begitu...

    ReplyDelete
  57. mungkin makan nya bakalan enak kalo langsung sama setan nya. jadi lebih memaknai. heheh

    ReplyDelete
  58. Waduh. Tapi aku ndelok'i gambar iki jadi ngiler. :D

    ReplyDelete
  59. Saya malah belum pernah makan di warung setan itu nduk.
    Entar nyoba juga untuk bahan pembanding postinganmu ini.

    Soal rasa itu juga pernah saya alami.
    beberapa teman dari sono (tempat saya sekolah) mengundangku dinner di rumahnya. Masakannya katanya oke banget, tapi begitu menydhot baunya..wow.....gak tahan...dan ketika makan...wow...bumbunya juga menyengat. Tapi kata mereka "makanan mereka" enak banget, tapi bagi saya ya baunya ya rasanya gak oke.
    Di negara mana hayoooooo????
    salam sayang selalu

    ReplyDelete
  60. Aku belom pernah makan rawon, Una, soalnya gak suka sama warnanya :D

    ReplyDelete
  61. Masih enakan Coto Makassar + Sarabba :)

    Dijamin, jangan ngaku pernah ke Makassar klo belum nyobain yang namanya Coto + Sarabba

    #Only in Makassar..hehehe..kayak iklan saja neh..

    ReplyDelete
  62. gak suka rawon aku.. dan pnh k surabaya tp gak pernah dengar tawon setan hihihi

    ReplyDelete
  63. nasinya keliatan cuma dikit apa efek piringnya yang besar ya?? *biasa makan banyak =D

    walo org jawa timur, aku blm pernah makan rawon setan kayaknya lebih enak rawon langgananku hehehe..

    salam kenal ya.. =D

    ReplyDelete
  64. dolo pas di surabaia prnah nyoba 1x ..ora enak jare ku ,kasinen (asin) ,kurang nendang ngunu loh rasane , tp nendang bner pas bayar ,,ahahah .maklum aku ki arek kost2an

    ReplyDelete
  65. Mengusik hati , pengen komen: Masih jauh lebih enak rawon2 warungan di Surabaya laahh.. Kaloo bikin jargon mbok ya yang jujur.. jgn cm semacam strategi promosi kesannya waktu pendatang membuktikan malah mengecewakan, malu2in kan jadinya kl terbukti mengecewakan.. Wong saya orang Surabaya aja bilang enakan rawon buatan nenek ku koq.. Maaf ini hanya pendapat dan selera sih :)

    ReplyDelete
  66. Rencana nya besok klo ke surabaya mau mampir rawon setan, tapiiiii stelah baca postingan ini, kaya nya ngga jadi deh :D
    slain buka nya ternyata malem, harganya yg ga worth kayanya ga ada yg special juga -.-

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!