Balon Tiup Nostalgik

Hari ini aku lihat-lihat bazaar dekat rumah. Sejatinya, aku tuh orangnya nggak pengenan. #boongding. Tapi kok lihat kardus balon tiup jaman dulu kok kepengen. Karena nggak bawa uang, colek-colek lah perut mbakku, dibayarin deh.

Ada yang ingat ini?


Atau dulu, you waktu kecil belum jaman ini, atau jaman kecilmu nggak dibolehin mainan balon tiup ini?

Sudah beberapa kali aku melihat yang jualan ini, tapi seringnya dibandrol lebih dari 25000 untuk sekardus balon tiup berisi 32 tube. Karena aku bukan anak nongkrong sekolah dasar, aku ga tau apakah balon ini masih dijual apa tidak. Kalau balon ini masih beken di kalangan anak TK-SD, mosok ada yang ngejual mahal banget.

Baiknya tadi aku nemuin sedus isi 32 itu harganya 10.000. Kalau dibagi 32, berarti sebiji Rp 312,5. Dulu, sekitar 10 tahun lalu, aku masih suka mainan balon ini, dan satunya dijual 100 perak. Ini berarti dalam range 10 tahun terjadi peningkatan sebesar 212,5%. Padahal inflasi nggak segitunya.


Inget banget dulu jaman SD, kalau lagi di rumah nenek di Kotagede, suka beli balon tiup di warung mbah-mbah di belokan sebelum rumah simbahku. Aku lupa nama mbahnya. Au deh sekarang masih hidup apa nggak. Dulu suka mikir, kalau dulu balon dijual 100 perak, dia untungnya berapa coba. Trus perbulan penghasilannya berapa, huhuhu. T.T


Naaah, itu isinya kalau yang nggak tahu. Sedotan kecil untuk meniup dan dikaretin serta tube-tube balon itu. Aku nggak tahu dan nggak nemu di google bahan apa yang digunakan untuk balon tiup itu, tapi yang jelas menyengat. Kimia banget. Tapi sekali-sekali nggak apa-apa lah ya...

Warna gel (aku nggak tahu mau nyebutnya apa!) yang nantinya ditiup jadi balon ini bermacam-macam warna. Hijau, bening, merah. Tapi sih, sesudah ditiup jadinya bening-bening juga. Aku nggak ngerti apa ini perasaanku aja, atau gimana. Perasaan balon tiup jaman dulu lebih oke-an, dibanding yang jaman sekarang deh. Mbuh ya.



Balonnya ditaruh di sedotan untuk niupnya dan siap untuk ditiup! Tapi aku nggak niup sih, karena yang niup adalah...


Aku megangin peniupnya karena Shirley susah untuk berdiri dengan tiga kaki.


Udah yang kerja keras niup si Shirley eh si George ngerebut, buat dribble katanya.


Sekonyong-konyong si George menaruk balon di depan muka Shirley... dan...


Teplok! Balon pun pecah dan mengkeret di muka Shirley. Kasian dia... Saking bloonnya mau ditipu sama si George. Tuh monyet emang kurang ajar dan jahat sama Shirley. >,<

Sebenarnya sih yang George lakuin, aku lakuin sebelumnya. Ke ibuku. Aku niup balon pas balonnya udah jadi kutempelin ke separuh muka ibuku. Trus diteplokin deh. Plok! Ibuku sih nggak marah, cuma bilang, "awas nyampe adiknya ikut-ikutan." Perasaan pas ibuku bilang gitu pas nggak ada adikku.

Eh beberapa saat kemudian, Aziz mencoba menaruh balon ke pipi ibuku. @_@
Teplok!
Kata ibuku cuma, "kakak yang tidak memberi contoh yang baik pada adiknya!!!"
Anak kecil itu ya, niru kelakuan orang yang lebih tua cepat sekali. Sepertinya aku harus berubah sikap menjadi lebih baik. Amiin...

Mainan balon tiup ini jadi mengingat jaman SD dan bikin ngerasa 10 tahun lebih muda. Pas nenekku liat aku beli balon tiup ini aku dikatain 'cah cilik.' Tak jawab aja, "bennn!"

Aaaaah, nostalgia uuu uuu... teman ada yang main balon ini juga? :)


Vote aku ya!
Dalam sehari bisa kasih satu suara, hihi, vote lagi donggg :)


Click bannernya atau ke thebobs.com/english/category/2012/best-blog-indonesian-2012/
Login with your FB/Twitter/OpenID account.
Click vote now on my blog: Una Vida Escrita de la Una
Thank youuu!

94 comments:

  1. Mantap uey, jam segini mbak una aktif terus ya.
    Saya dukung deh the bobsnya, lewat twitter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru bangun kok mas...
      Asik makasih ya ^^

      Delete
    2. kakak Una..main balon tiup lagi yukk :D

      Delete
  2. aku dulu juga maen begituan . . . tapi yang agak kecil . . .

    asik ya, nyolek perut langsung daet tuh balon.
    ali dulu nyebutnya bukan balon, tapi plembungan . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iyaaa hahaha,
      aku dulu nyebutnya juga plembungan. Baru inget istilahe :D

      Delete
  3. Aku ingat tu dulu mamaku sering banget beliin balon yg begituan..heheheee

    ReplyDelete
  4. halo, saya juga dulu penggemar balon tiup. Kayaknya untuk anak SD sekitar 90-an akhir memang ngetren. Setelah itu tren berubah, ya. kalau tidak salah sempat ngetren 'gambar tempel'-sebutan ngaco- sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ngetren banget ya.
      Eh btw aku gak SD akhir 90-an lho ya :p
      Gambar tempel yang mana tuh, hihi :D

      Delete
  5. saya!! masi ada tube2nya tergantung di dinding rumah. jadi hiasan hahaha. goerge=representasi una :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. He? Jadi hiasan? @_@
      Ahahaha gak laaa aku kan gak mirip monyet...

      Delete
    2. Ga ah, masa sejenis sama kamu mas...

      Delete
  6. Wow, miss i'm childhood nih. Kalo balon yang ini ga apa2 deh. Kalo meledak ga sampe jumping2 atau lari ke kamar mandi :p. Bagi! Banyak juga kamu punya. Hayohayooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miss my dong... Huuuu.
      Udah abis punyaku!

      Delete
    2. ada apa dengan gogokmu? kamu emang punya gogok?
      ahh... kamu mah na, ga nyisain buat aku... huh :p

      Delete
  7. nyimak aja sob.. ditunggu kunjungan baliknya.. :-)

    ReplyDelete
  8. sampai sekarang aku masih sukaaa.....heheeee

    ReplyDelete
  9. Icha juga sering kok...
    Bahkan sampai sekarang juga..

    ReplyDelete
  10. Jadi inget zaman SD dulu, hehehe :) Tapi kalau nggak salah inget sih orangtuaku melarang aku buat beli balon tiup ini deh. Kayaknya karena memang berbahaya gitu ya, karena kalau nggak salah memang dari baunya aja agak gimanaa gitu. Tapi mau gimana lagi kan, temen-temen di kelas pada beli semua, jadi kadang aku juga beli deh (tapi nggak sering), huahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi emang baunya nyengat banget.
      Wah ortumu protektif banget, wkwkwk :D

      Delete
  11. wah kirain apaan, ini mah aku seneng banget nie... seru, kadang gede gedean tapi cepet pecah juga. seru lah pokonya.

    ReplyDelete
  12. aku dulu juga maenan balon tiup itu Na!! dulu malah jamanku masih dpt 25 perak cuma sebentar sih terusnya bertahan di angka 50 perak
    tapi nek ketauan Mamaku diomelin, soale katanya pake lem aibon juga ya bikinnya itu? baubaunya sih kayak lem aibon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha 25 perak, ketauan lebih tua :p
      Emang iya mbak? Gatau sih, baunya mirip. Tapi lebih nyengat aika aibon...

      Delete
  13. huahaha iya inget!!!
    pas kecil suka beli tuh..
    ternyata masih ada aja ya sampe sekarnag... :D

    ReplyDelete
  14. wahh.. itu mainan kesukaanku.
    sampe sekarang kalo adekku beli aku ambil andil untuk niupin dengan iming iming baka jadi segede dia. haha
    seru habisnya! mana balonnya bisa disusun2 lagi! eh ditempel2 deh! hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,
      iya lucu kalo bisa ditempet-tempelin lagi hihi :D

      Delete
  15. waaaa....kok mainan kita sama ya? kirain mainan una sudah beda, naik balon ke udara tuh...hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jamanmu regane 1 rupiah yo mbak :p

      Delete
    2. jamanku juga udah ada mainan balon tiup ini lho, dan aku suka banget maininnya, terus selalu kutempel ke muka temanku... hehe.

      Kalo ke ibuku atau ayah sih, aku ga berani Na.... haha. Rie... Una jauh lebih berani yaaa? hihi

      Delete
    3. Kirain ini mainan jaman 90an lho, hihihi.
      Pastinyaaaa berani dong, beda jaman kita mbak wkwkwk

      Delete
  16. dulu main balon ini
    sekarang main balon yang lain xixixi

    ReplyDelete
  17. wah kakanya ngajarin ga bener ya, heheh. harus lebih baik ya ka...

    ReplyDelete
  18. aku ingat kok pernah main ini..tapi belinya satuan bukan satu kardus :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaaa, dulu aku juga beli satuan :D

      Delete
  19. gue dulu jualan balon kayak gini loh?*nepok dada,haha

    ReplyDelete
  20. masih ada yang jual Una, dan di abang2 depan sekolah juga banyak
    ke Asemka aja,kalau mau grosiran...mana tau Una mau bisnis plembungan

    aku udah vote kemarin ya, hari ini juga mau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... tak jual 30ribu kali ya.
      Asiikkk makasih mbak!

      Delete
  21. Oalah, kirain balon apaan..
    klo itu sih namanya sebulan, biasanya di balik kertas labelnya ada hadiah.. hadiahnya yang paling besar tembak plastik sama bongkar pasang, trus bintang-bintangan, gambar, sama sabak plastik..
    mainan begini bagusnya habis di tiup trus diisi air, jadi bisa mentul-mentul begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo itu bahasa jawanya ahahaha, disebul sebul :D
      Mosok mbak dikasih air mentul-mentul coba ahhh...

      Delete
  22. aku sukaaaaaaaaaaaaa balon kayak gini. hehehehee
    menyenangkan sekali ya mainnya...

    ReplyDelete
  23. Lagi ngerti nek balon itu masih diproduksi.
    Lengket mirip lem Castol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku wis nge'vote' tapi kok ra nambah yo
      Tetep 14% wae

      Delete
    2. Cieee pasang foto, ahahaha.
      Padahal vote-e Pak Mars ki ekuivalen dengan 100 vote yo pak, wkwkwk. :D

      Delete
  24. hahhaaa....
    baca postingan ini dan liat balon tiupnya....
    jd inget baunya mirip banget dengan asinan belimbing bu haji...
    :P

    ReplyDelete
  25. kasian shirley niup balon ampe mata jereng2 gitu, 1 mata ke atas 1 nya ke bawah :P

    ReplyDelete
  26. Wah, aku gak inget un, soalnya tahu udah SMA hahahah....

    ReplyDelete
  27. iya te, aku inget dulu waktu kecil, kalo ke pasar pasti beli itu, ehh ternyata sekarang masih ada juga yaa... dulu pasti balonnya di tiup dan kalo udah gede di tempel2lin jadi satu gitu ... hehe masa lalu yang indah

    ReplyDelete
  28. wew, kalo tau harganya segitu, besok aku mau jualan di SD seharga 50 rebu sebiji, wah prospek cerah nih, hihihiy :p

    ReplyDelete
  29. wakakakkakkkk .. pake lo hitung inflasinya segala kak un .. ngakak ..
    maenan kayak gitu maenan adek gue pas kecil .. gue mah dulu ogah beli gituan .. kalo ada duit maunya beli jajanan yang bisa dimakan .. *rakus
    hehe
    udah vote noh..
    good luck ye kak Una
    Cumungud*muntah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue tau Es... lo dah eneg sama kata inflasi yak di kampus...
      Padahal itu balonnya juga bisa dimakan loh.
      Asik, makasih banyak yaaa, besok vote lagi ya hihi..l

      Delete
  30. wahahaha udah lama banget itu mainan.
    dulu pernah niupin #eh ketauan..

    Unyu banget niup balonya haha

    ReplyDelete
  31. wih mba una maenannya gue banget deh :D
    aku juga kalo nemu balon itu pasti beli kok mba. malah balon punya adekku aja abis sama aku. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih, una itu balon kesukaanku, hihihi... aku masih suka dibeliin, lho, terutama kalau lg ngumpul sama sepupu2 yg kecil, hihihi.... emang ya baunya kimia banget, tapi dulu pas kecil cuek2aja aku kulum di mulut terus aku letusin, hahaha... untunglah gak keracunan :p

      Delete
    2. @ Syifa: Wahahaha, kasian amat yak adekmu...

      @ Mbak Indi: Part letusin di mulu emang paling asyik!

      Delete
  32. aku juga suka beli balon tiup ini una, ada juga yang dijual dengan hadiah2 loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang masih beli mbak? Hehehe...

      Delete
  33. Ini permainan yang sangat klassik... (maksudnya permainan kuno saya dulu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ghayhamu Zart, kayak kamu setua apa aja :p

      Delete
  34. Ya, aku dulu seneng main balon ini. Tapi baunya itu lho, menusuk hidung.

    Eh, Na. Kamu masuk di The Bobs ya. Aku dukung kamu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha masuk spam lagi lho ini mas :P
      Asiiik makasih yaaa~

      Delete
  35. Una, kita seumuran ya, mainan waktu kecil kita kok sama..

    *plak* langsung dilempar cpu sama si una.

    hihihihi

    jadi kakak harus ngajarin yang bagus ya ama adiknya, nti senjata makan tuan loohh

    ReplyDelete
  36. ueyyy.... dapet juga loe inspirasi baru ya!
    padahal di kampung gue sekarang anak2 lagi musimnya beli balon tiup gituan!...

    ReplyDelete
  37. wah plembungan cethet. aku dulu waktu kecil juga suka beli...

    ReplyDelete
  38. koe ngerti gak Na.,..
    yen aku mbiyeenn,, senenge nek wes gede njur tak teplokke mukaku, tapi tak dadeknuw topeng2an.. mripate, irunge, mulute pun dibolongi.. sampe saiki iseh coo'kan ngunu og, soale adikku eseh TK, siji 100 perak, nek jamanku cilik regone jeh 25 perak, Na..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, edan...
      Ketauan generasi atas, harganya masi segitu :p

      Delete
  39. wah mainan jama saya SD ini,, wkwkwk

    ReplyDelete
  40. sampe sekarang aku juga mainan plembungan un.. di rumah masih ada tuh setengah kotak.. hehehe..
    emang paling seru sih kalau pas diteplokin ke muka orang. hahaha

    ReplyDelete
  41. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    keberuntungan selalu menghampri kita
    hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
  42. hahaha...balon tiup itu...jadi ingat jaman sd

    ReplyDelete
  43. suka niup balón ini waktu kecil.. sebelum ditiup dimasukan ke mulut dulu di kasih ludah gitu... ga tahu supaya apa :)

    ReplyDelete
  44. Dulu aku waktu masih kecil beli balon tiup gitu, uang seratus dapat 3 lho Una :D

    ReplyDelete
  45. Wah...ini sih waktu jadul sering niupin ini balon Aa di kampung di sebut-Nya demikian...mantap brayy!!!

    ReplyDelete

Feel free to comment, criticize, and give suggestion ya!